Analisis Kalimat Efektif pada Teks Esai dengan Tema Komunikasi serta Ekspresi pada Website “Kompasiana” Edisi Februari 2025 sebagai Bacaan Edukasi dalam Kehidupan Sosial
DOI:
https://doi.org/10.56910/pustaka.v5i4.3266Keywords:
Effective Sentence, Ineffective Sentence, Methodological Approach, Syntax, Theoretical ApproachAbstract
Language reflects the identity of a tribe or region through its speech patterns and structure. With its uniqueness and richness, language conveys messages and hopes. When used in accordance with the speaker's intent, its fulfills its communicative function. A well-constructed sentence not only adheres to grammatical rules but also conveys a clear message and strengthens the argument. This study aims to analyze the use of effective sentences in essay texts and identify the factors that influence their effectiveness, so that readers can clearly understand what the writer has written. This research employs a descriptive qualitative approach and syntactic analysis to examine the use of effective sentences in essay texts on the "Kompasiana" website, February 2025 edition. Data were collected through identification, classification based on the characteristics of effective sentences, and analysis in line with the research objectives. The analysis process includes data selection, identification, and conclusion with the help of data cards. The results of the study show the presence of several ineffective sentences in the essay texts, such as ambiguous phrasing, redundancy, and writing that does not comply with the EYD (Improved Spelling System – Ejaan Yang Disempurnakan) and KBBI (Indonesian Dictionary – Kamus Besar Bahasa Indonesia) rules. This research serves as a medium to convey the researcher's ideas and is also expected to be beneficial as a source of learning and information for readers, helping them write texts that comply with linguistic rules, thus producing high-quality and effective content.
References
Af’idatussofa, H., Setyaningsih, R. D., Aufa, A. N., Amelia, H., Hanun, Y. P. N., Utomo, A. P. Y., & Simorangkir, S. B. T. (2024). Analisis Kesalahan Berbahasa Teks Editorial pada Modul Ajar Bahasa Indonesia karya Foy Ario, M.Pd. sebagai Kelayakan Bahan Ajar Membaca Kritis Siswa Kelas XII. Perspektif : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Bahasa, 2(4), 59–81. https://doi.org/10.59059/perspektif.v2i4.1660
Anjora, A. K., Suranto, D. A., Anggraeni, E., Kurnianingtyas, H., Salsabella, N. D., Utomo, A. P. Y., & Kesuma, R. G. (2024). Analisis Kesalahan Berbahasa Teks Berita dalam Website “Detiknews” Edisi Februari 2024 sebagai Kalayakan Bahan Ajar Membaca Kritis Siswa Kelas X SMA terhadap Perilaku Sosial Remaja. Bhinneka: Jurnal Bintang Pendidikan Dan Bahasa, 2(4), 179–201. https://doi.org/10.59024/bhinneka.v2i4.1022
Arianti, R., & Putri, D. (2022). Ambiguitas dalam Kumpulan Artikel tentang Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Rokan Hulu pada Media Online Jamal Wahab 1 STKIP Rokania.
Ashari, J. M., Zahroh, M., Amiarti, E., Utomo, A. P. Y., Kesuma, R. G., & Haryanto, M. (2023). Analisis Jenis Kalimat Berdasarkan Tujuan pada Teks Drama Buku Bahasa dan Bersastra Indonesia Kelas XI Kurikulum Merdeka. Student Research Journal, 1(2), 324–341. https://doi.org/10.55606/srjyappi.v1i2.357
Ayuningdyas, A., Pujiatmoko, L., Ningrum, M. W., Saputra, M. F. R. Z., Widiyanto, T., Utomo, A. P. Y., & Lestari, A. Y. (2024). Analisis Pola Fungsi Kalimat dan Kesalahan Berbahasa pada Teks Berita dalam Website “CNN Indonesia” Edisi Januari 2024 sebagai Sumber Bacaan dan Bahan Ajar Siswa Kelas XII. BLAZE : Jurnal Bahasa Dan Sastra Dalam Pendidikan Linguistik Dan Pengembangan, 2(4), 88–111. https://doi.org/10.59841/blaze.v2i4.1870
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. (2016). Ejaan Bahasa Indonesia (Edisi Kelima). Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. (2018). Kamus Besar Bahasa Indonesia (Edisi V). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. https://kbbi.kemdikbud.go.id
Baharuddin, N. (2018). Konstruksi Sintaksis pada Novel Sang Pemimpi Karya Andrea Hirata (Skripsi).
Chaer, A. (2009). Sintaksis Bahasa Indonesia (Pendekatan Proses). PT Rineka Cipta.
Clark, M. (2021). Strategi Penulisan Kalimat Efektif dalam Laporan Penelitian. Jurnal Pendidikan Bahasa, 29(1), 45–58.
Danial, A. (2017). Fungsi Internal dan Kategori Frase Nomina dalam Journal of the Poetic and Linguistic Association Vol. 11 (Analisis Sintaksis). https://media.neliti.com/media/publications/79815-ID-none.pdf?utm
Devianty, R. (2021). Penggunaan Kata Baku dan Tidak Baku dalam Bahasa Indonesia. EUNOIA (Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia), 1(2), 121–132. https://doi.org/10.30821/eunoia.v1i2.1136
Duwi, Y., Astuti, C. W., & Munifah, S. (2022). Kalimat Efektif pada Kolom Berita Koran Seputar Ponorogo Bulan Februari-Mei 2021. LEKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(1).
Enggarwati, A., & Utomo, A. P. Y. (2021). Fungsi, Peran, dan Kategori Sintaksis Bahasa Indonesia dalam Kalimat Berita dan Kalimat Seruan pada Naskah Pidato Bung Karno 17 Agustus 1945. ESTETIK : Jurnal Bahasa Indonesia, 4(1), 37. https://doi.org/10.29240/estetik.v4i1.2209
Fatmasari, D., Fitriana, M. M., Munadziroh, A. H., Trias, E. S. S. A., Utomo, A. P. Y., & Fathurohman, I. (2023). Analisis Kalimat Efektif dalam Teks Pidato pada Buku Bahasa Indonesia Kelas VIII Kurikulum Merdeka. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1(3), 97–110. https://doi.org/10.59031/jkppk.v1i3.149
Fatmawati, W. O., Agustina, S., & Aderlaepe, A. (2024). Analisis Ambiguitas Makna dalam Bahasa Muna: Tantangan dan Pendekatan dalam Penelitian Semantik. Prosiding Seminar Nasional Linguistik Dan Sastra (SEMANTIKS), 569–579.
Firmansyah, A. C. (2019). Ambiguitas pada Judul Artikel Surat Kabar Tempo. Universitas Jember.
Fitriana, S., Oktaviani, N. A., Setiawati, A., Safitri, D. L., Utomo, A. P. Y., & Kesuma, R. G. (2023). Analisis Kalimat Tidak Efektif pada Buku Panduan Capaian Pembelajaran Elemen Jati Diri untuk Pengajar PAUD. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial (JUPENDIS), 1(2), 173–189. https://doi.org/10.54066/jupendis-itb.v1i2.295
Hanim, A. F., Salama, F., Andika, L. D., Rohmah, U. F., Utomo, A. P. Y., Kesuma, R. G., & Wahyuni, N. I. (2024). Analisis Kesalahan dan Tanda Baca Teks Berita pada Surat Kabar Kompas Edisi Januari 2024 sebagai Kalayakan Bahan Bacaan dan Sumber Informasi. PUSTAKA: Jurnal Bahasa Dan Pendidikan, 4(4), 90–112. https://doi.org/10.56910/pustaka.v4i4.1726
Hasrianti, A. (2021). Analisis Kesalahan Penggunaan Tanda Baca dalam Karangan Peserta Didik. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(1), 213–222. https://doi.org/10.30605/onoma.v7i1.618
Hastuti, T. M., Ningrum, A. A., Viani, T. R., Chairunnisa, S. Y., Asyam, M. S., Utomo, A. P. Y., & Utomo, R. (2024). Analisis Kesalahan Berbahasa pada Cerpen yang Berjudul Badai yang Reda dan Hutan Merah Karya Fauzia sebagai Kelayakan Bahan Ajar Membaca Intensif Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Semarang. Protasis: Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya, Dan Pengajarannya, 3(2), 09–33. https://doi.org/10.55606/protasis.v3i2.161
Jupriono, D. (2022). Pemborosan Kata Ragam Berita Menurut Kajian Bahasa. TANDA: Jurnal Kajian Budaya, Bahasa Dan Sastra (e-ISSN: 2797-0477), 2(02), 27–38. https://doi.org/10.69957/tanda.v2i02.445
Keraf, & Gorys. (2009). Diksi dan Gaya Bahasa. PT Gramedia Pustaka Utama.
Kridalaksana. (1982). Kamus Linguistik. PT Gramedia.
Kusumaningtyas, N., Januarista, S. C., Ferdiansyah, N. A., & Utomo, A. P. Y. (2022). Analisis Klausa pada Cerita Pendek “Mata Yang Enak Dipandang” Karya Ahmad Tohari. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Bahasa, 1(1), 119–137. https://doi.org/10.55606/jurribah.v1i1.122
Listika, M., Susetyo, S., & Yanti, N. (2019). Penggunaan Kalimat Efektif pada Artikelopen Journal System (OJS) Korpus. Jurnal Ilmiah Korpus, 3(2), 183–190.
Maghfiroh, N. (2022). Bahasa Indonesia sebagai Alat Komunikasi Masyarakat dalam Kehidupan Sehari-Hari. Komunikologi: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 19(02). https://komunikologi.esaunggul.ac.id/index.php/KM/article/view/516/255
Mailani, O., Nuraeni, I., Syakila, S. A., & Lazuardi, J. (2022). Bahasa sebagai Alat Komunikasi dalam Kehidupan Manusia. Kampret Journal, 1(2), 1–10. https://doi.org/10.35335/kampret.v1i1.8
Miller, J. (2002). An Introduction to English Syntax. Edinburgh University Press Ltd.
Ningrum, V. (2019). Penggunaan Kata Baku dan Tidak Baku di Kalangan Mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional “VETERAN” Yogyakarta. Jurnal Skripta, 5(2).
Nisa, F. K., Widjajanti, A., & Yolanda, Y. (2025). Makna Ambiguitas Bahasa Indonesia dalam Postingan Akun Instagram @Tahilalats. Mengembangkan Bahasa, Sastra, Budaya, Dan Pembelajarannya Dalam Merdeka Belajar, 39.
Noermanzah. (2019). Bahasa sebagai Alat Komunikasi, Citra Pikiran, dan Kepribadian. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 306–319. https://doi.org/10.31219/osf.io/ez6dk
Pertiwi, A. B., Idmania, D., Pradana, O. S., Gustami, R. C. M., Syafa, S. Z., Utomo, A. P. Y., & Ripai, A. (2024). Analisis Kesalahan Berbahasa pada Teks Berita dalam Platform Digital Kompas Edisi Desember 2023 sebagai Alternatif Membaca Kritis Siswa Kelas IX SMP. Dinamika Pembelajaran: Jurnal Pendidikan Dan Bahasa, 1(4), 84–105.
Prakoso, W. B., Novelianto, Y. E., Rohmah, J., Sania, A. R. A., Azzahra, W. S., Utomo, A. P. Y., & Wulan, A. N. (2024). Analisis Kualitas Isi dan Kalimat Efektif pada Teks Opini dalam Website “Taulebih” Edisi Desember 2023 sebagai Literasi Edukasi Pendidikan Seksualitas dan Kesehatan Reproduksi Berdasarkan Nilai Agama. BLAZE: Jurnal Bahasa Dan Sastra Dalam Pendidikan Linguistik Dan Pengembangan, 2(4), 112–133. https://doi.org/10.59841/blaze.v2i4.1871
Purba, Y. M. T. B., Rahmandhani, Y. I., Julianti, N. F., Khaerussani, A. F., Utomo, A. P. Y., Kesuma, R. G., & Pramono, D. (2024). Analisis Kesalahan Berbahasa dan Tanda Baca Teks Berita pada Artikel Detik.com Edisi Februari 2024 sebagai Kelayakan Bahan Bacaan dan Sumber Informasi. Jurnal Nakula : Pusat Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Ilmu Sosial, 2(6), 64–85. https://doi.org/10.61132/nakula.v2i6.1265
Qutratu’ain, M. Z., Dariyah, F. S., Pramana, H. R., & Utomo, A. P. Y. (2022). Analisis Kecenderungan Penggunaan Kalimat Tidak Efektif pada Takarir Unggahan Beberapa Akun Instagram: Analysis of the Use of Ineffective Sentences on the Uploaded Captions of Several Instagram Accounts. Jurnal Pendidikan Dan Sastra Inggris, 2(1), 48–60. https://doi.org/10.55606/jupensi.v2i1.188
Rahardi, K. (2009). Penyuntingan Bahasa Indonesia untuk Karang-Mengarang. Penerbit Erlangga.
Rahayu, & Minto. (2009). Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi: Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian. PT Gramedia Widiasarna Indonesia.
Rahmawati, I. Z., Ramadhani, F. A., Mahasin, M. F., Ainurohmah, H., Rahayu, W., Utomo, A. P. Y., & Wafa, M. U. (2024). Kualitas Isi dan Kalimat Efektif pada Buku Antologi Cerpen Berjudul dibalik Jendela Kamar Ibnu Abbas Terbitan Jejak Publisher sebagai Sumber Bacaan Siswa Kelas 8 SMP. Protasis: Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya, Dan Pengajarannya, 3(2), 34–57. https://doi.org/10.55606/protasis.v3i2.162
Rini, D. P., Rahayu, P. A., Siwi, R. S., Fitriana, Z., Utomo, A. P. Y., & Wardani, O. P. (2023). Analisis Penggunaan Kalimat pada Teks Laporan Hasil Observasi dalam Buku Ajar Kelas X SMA Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial (JUPENDIS), 1(2), 140–156. https://doi.org/10.54066/jupendis-itb.v1i2.293
Safitri, L., Widyadhana, W., Salsadila, A., Ismiyanti, M., Utomo, A. P. Y., & Yuda, R. K. (2023). Analisis Kalimat Teks Anekdot pada Buku Bahasa Indonesia Kelas X Kurikulum Merdeka. Journal of Creative Student Research, 1(2), 396–414.
Setiyani, A. F., Putra, A. I. P., Aprilia, C., Lestari, N. P. D., Ningrum, S. C., Utomo, A. P. Y., & Darmawan, R. I. (2024). Analisis Keefektifan Kalimat pada Teks Berita Artikel CNN Indonesia Mengenai Pemilu Edisi Februari 2024 sebagai Kelayakan Bahan Ajar Membaca Kritis Siswa Kelas IX SMP. Pragmatik: Jurnal Rumpun Ilmu Bahasa Dan Pendidikan, 2(4), 265–287. https://doi.org/10.61132/pragmatik.v2i4.1077
Sugandi, R. M., & Sutrisna, D. (2021). Analisis Kalimat Efektif dalam Cerpen Menembus Waktu. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 3, 412–417. https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/631
Suparno, & Yunus, M. (2011). Keterampilan Dasar Menulis. Universitas Terbuka.
Tarmini, W., & Sulistyawati, R. (2019). Sintaksis Bahasa Indonesia. Jakarta: Uhamka.
Trismanto. (2018). Ambiguitas dalam Bahasa Indonesia. Bangun Rekaprima, 4(1), 42–48. https://doi.org/10.32497/bangunrekaprima.v4i1.1118
Utami, N. F. T., Utomo, A. P. Y., Buono, S. A., & Sabrina, N. I. (2022). Analisis Kesalahan Sintaksis pada Cerpen Berjudul “Warisan untuk Doni” Karya Putu Ayub. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Bahasa, 1(1), 88–101. https://doi.org/10.55606/jurribah.v1i1.120
Utomo, A. P. Y., Haryadi, H., Fahmy, Z., & Indramayu, A. (2019). Kesalahan Bahasa pada Manuskrip Artikel Mahasiswa di Jurnal Sastra Indonesia. Jurnal Sastra Indonesia, 8(3), 234–241.
Valatehan, L. (2017). Identifikasi Kalimat Pemborosan Menggunakan Rule Base Reasoning. Annual Research Seminar (ARS), 2(1), 205–208.
Widyawati, K., & Indihadi, D. (2020). Analisis Kesalahan Penulisan Huruf Kapital Siswa Kelas II. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 13–20. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v7i2.25731
Zainab, S. (2023). Analisis Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santri Usia Sekolah Dasar di Pesantren Darul Istiqamah Penanggosi Dusun Suka Maju Desa Iwoimea Jaya. https://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2364/
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 PUSTAKA: Jurnal Bahasa dan Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.





