Analisis Jenis Kalimat Langsung pada Teks Opini Bertema Pendidikan bagi Perempuan di Website ‘IDN Times’ Edisi April 2024 sebagai Sumber Edukasi

Authors

  • Helga Tsania Rahma Putri Universitas Negeri Semarang
  • Meca Chelsillia Ayunindar Putri Universitas Negeri Semarang
  • Herlina Novita Sari Universitas Negeri Semarang
  • Siti Anisa Priyanti Universitas Negeri Semarang
  • Syafina Izzatun Yazidahayu Universitas Negeri Semarang
  • Asep Purwo Yudi Utomo Universitas Negeri Semarang
  • Rossi Galih Kesuma Universitas Negeri Semarang
  • Amilia Buana Dewi Islamy SD Gaussian Kamil

DOI:

https://doi.org/10.56910/pustaka.v5i4.3264

Keywords:

Argumentation, Direct Sentences, Opinion Text, Quantitative Analysis, Women's Education

Abstract

Study aims to identify and analyze the types of direct sentences in opinion texts on women's education published on the IDN Times website in the April 2024 edition. This research uses a descriptive qualitative approach with a literature study method, which is also supported by simple quantitative data analysis to determine the proportion of each type of direct sentence. The analysis results show that of the eleven direct sentences found, the majority are statements of fact, followed by statements of opinion and invitations or appeals. This finding indicates that opinion-text writers prioritize concrete data and facts to strengthen their arguments. However, opinion and invitation elements are still present as rhetorical elements that enrich the narrative and enhance persuasion efforts toward readers. Therefore, using direct sentences in opinion texts proves effective in conveying social issues and building public understanding, especially regarding the importance of education for women.

References

Abdussamad, H. Z., & Sik, M. S. (2021). Metode penelitian kualitatif. CV. Syakir Media Press.

Abidin, Z. (2015). Kesetaraan gender dan emansipasi perempuan dalam pendidikan Islam. Tarbawiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 12(01),1-17.

Achmad, S. (2019). Membangun pendidikan berwawasan gender. Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender Dan Anak, 14(1), 70-91. https://doi.org/10.24090/yinyang.v14i1.2843

Af’idatussofa, H., Setyaningsih, R. D., Aufa, A. N., Amelia, H., Hanun, Y. P. N., Utomo, A. P. Y., & Simorangkir, S. B. (2024). Analisis Kesalahan Berbahasa Teks Editorial pada Modul Ajar Bahasa Indonesia Karya Foy Ario, M. Pd. sebagai Kelayakan Bahan Ajar Membaca Kritis Siswa Kelas XII. Perspektif: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Bahasa, 2(4), 59-81. https://doi.org/10.59059/perspektif.v2i4.1660

Afif, M. (2019). Peran Perempuan Dalam Pendidikan Perspektif M. Quraish Shihab. Tadris: Jurnal Penelitian dan Pemikiran Pendidikan Islam,13(2),1-10. https://doi.org/https://doi.org/10.51675/jt.v13i2.60

Almutamah, S. (2021). Peran Perempuan Dalam Pendidikan Islam. PEDIAMU: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 1(1), 51-64. https://doi.org/https://doi.org/10.54443/pediamu.v1i1.5

Annisa, N., Bariah, O., & Sitika, A. J. (2022). Persepsi Masyarakat terhadap Pentingnya Pendidikan Tinggi Untuk Kaum Perempuan. ISLAMIKA, 4(4), 871-882. https://doi.org/10.36088/islamika.v4i4.2183

Arddiarini, I. N., & Wahyudi, A. B. (2020). Kalimat Langsung Dan Tidak Langsung Pada Wacana Surat Kabar Nasional Dan Relevansinya Sebagai Bahan Ajar Fakta Serta Opini Kelas XII SMA (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Ariyadi, A. D., & Utomo, A. P. Y. (2020). Analisis Kesalahan Sintaksis pada Teks Berita Daring berjudul Mencari Etika Elite Politik di saat Covid-19. Jurnal Bahasa Dan Sastra, 8(3), 138. https://doi.org/10.24036/jbs.v8i3.110903

Ashari, J. M., Zahroh, M., Amiarti, E., Utomo, A. P. Y., Kesuma, R. G., & Haryanto, M. (2023). Analisis Jenis Kalimat Berdasarkan Tujuan pada Teks Drama Buku Bahasa dan Bersastra Indonesia Kelas XI Kurikulum Merdeka. Student Research Journal, 1(2), 324-341. https://doi.org/10.55606/srjyappi.v1i2.357

Barlanti, K. N. Q., Primasari, F. A., Murdiani, L., Sari, F. R. D., Azizah, C. I., Utomo, A. P. Y., & Kesuma, R. G. (2024). Analisis Tindak Tutur Ilokusi pada Daftar Putar Maudy Ayunda’s Booklist dalam Kanal Youtube Maudy Ayunda. Sintaksis: Publikasi Para ahli Bahasa dan Sastra Inggris, 2(1), 01-23.

Chotim, E. E. (2020). Kesetaraan Gender Dan Pemberdayaan Perempuan Di Indonesia: Keinginan Dan Keniscayaan Pendekatan Pragmatis (Studi Terhadap Ukm Cirebon Home Made). AKSELERASI: Jurnal Ilmiah Nasional, 2(1), 70-82. https://doi.org/https://doi.org/10.54783/jin.v2i1.357

Elvariany, W., & Irawan, D. (2023). Pentingnya Pendidikan Tinggi Bagi Perempuan Dalam Islam. Social, Educational, Learning and Language (SELL), 1(1), 67-80. https://doi.org/https://doi.org/10.61930/sell.v1i1.8

Fahmy, Z., Utomo, A. P. Y., Nugroho, Y. E., Maharani, A. T., Liana, N. I., Alfatimi, N. A., ... & Kesuma, R. G. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Sastra Indonesia, 10(2), 121-126. https://doi.org/10.15294/jsi.v10i2.48469

Fitonis, T. V., Mulyaningsih, U., Linawati, A., & Utomo, A. P. Y. (2022). Analisis Kalimat Berdasarkan Tata Bahasa Struktural dalam Cerita Pendek Berjudul Robohnya Surau Kamu Karya A.A. Navis. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Bahasa, 1(1), 138–152. https://doi.org/10.55606/jurribah.v1i1.119

Fitriani, N., Rosidin, O., & Devi, A. A. K. (2023). Struktur Kalimat Bahasa Indonesia dan Bahasa Arab dalam Karya Habiburrahman El Shirazy (Studi Analisis Kontrastif). Al-Ittijah: Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Bahasa Arab, 15(2), 171-189. https://doi.org/https://doi.org/10.32678/alittijah.v15i2.9307

Gultom, M. (2021). Indikator kesetaraan gender dan isu-isu gender di bidang pendidikan. Fiat Iustitia: Jurnal Hukum, 2(1), 1-8. https://doi.org/10.54367/fiat.v1i2.1149

Hasanudin, C. (2018). Kajian sintaksis pada novel sang pencuri warna karya yersita. Jurnal Pendidikan Edutama, 5(2), 19-30. https://doi.org/10.30734/jpe.v5i2.191

Isodarus, P. B. (2021). Kalimat langsung dan kalimat tidak langsung dalam wacana berita tertulis berbahasa indonesia. Widyaparwa, 49(2), 173-183. https://doi.org/10.26499/wdprw.v49i2.839

Judiasih, S. D. (2022). Implementasi kesetaraan gender dalam beberapa aspek kehidupan bermasyarakat di Indonesia. ACTA DIURNAL Jurnal Ilmu Hukum Kenotariatan, 5(2), 284-302. https://doi.org/10.23920/acta.v5i2.904

Khaidir, E. (2010). Pendidikan Islam dan peningkatan sumber daya perempuan. Marwah: Jurnal Perempuan, Agama Dan Jender, 9(1), 76-92. https://doi.org/10.24014/marwah.v9i1.473

Khairunnisak, D., Lutfi, B. B., & Putra, D. P. D. (2023). Kompleksitas Kesetaraan Gender di Indonesia Menuju Era Society 5.0. SOSMANIORA: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 2(4), 480-486. https://doi.org/10.55123/sosmaniora.v2i4.2704

Kusmiyati, E., & Lestari, S. N. (2023). Mengupas Makna Kesetaraan Gender Dalam Perspektif RA Kartini Dan Pengaruhnya Bagi Pendidikan Perempuan Di Jawa Tahun 1891-1904. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 9(1), 54-63. https://doi.org/https://doi.org/10.29407/pn.v9i1.21373

Maharani, I. S., Nugraha, A., & Pratama, R. K. (2024). Optimalisasi Peran Kepemimpinan Perempuan Dalam Membangun Kesetaraan Gender. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara, 5(3), 3042-3048.

Marlina, E., Roza, E., & Dewi, E. (2024). Pendidikan Perempuan Dalam Perspektif Rahma El-Yunusiyah. Jurnal Inovasi Pendidikan, 6(1).

Maulid, P. (2022). Analisis feminisme liberal terhadap konsep pendidikan perempuan (studi komparatif antara pemikiran Dewi Sartika dan Rahmah El-Yunusiyyah). Jurnal Riset Agama, 2(2), 602-631. https://doi.org/10.15575/jra.v2i2.17534

Nugraheni, D., Akhyatussyifa, U., Putri, V. N. V., Khotimah, P. D., Rufaida, N., Utomo, A. P. Y., & Fahmy, Z. (2024). Analisis Tindak Tutur Ilokusi pada Teks Drama dalam Buku Bahasa Indonesia Kelas VIII Kurikulum 2013. Morfologi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra Dan Budaya, 2(1), 155-171. https://doi.org/10.61132/morfologi.v2i1.299

Nuril Qolbi Barlanti, K., Amanda Primasari, F., Murdiani, L., Rubiyanti Desvika Sari, F., Ismi Azizah, C., Purwo Yudi Utomo, A., & Galih Kesuma, R. (2024). Analisis Tindak Tutur Ilokusi pada Daftar Putar Maudy Ayunda’s Booklist dalam Kanal Youtube Maudy Ayunda. 2(1). https://doi.org/10.61132/sintaksisv2ì1.245

Oktapiantama, H., & Utomo, A. P. Y. (2021). Analisis tindak tutur direktif pada film Keluarga Cemara karya Yandy Laurens. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(2), 76-87. https://doi.org/10.19105/ghancaran.v2i2.3271

Pawitasari, E. (2015). Pendidikan khusus perempuan: Antara kesetaraan gender dan Islam. TSAQAFAH, 11(2), 249-272. https://doi.org/10.21111/tsaqafah.v11i2.268

Pertiwi, A. B., Idmania, D., Pradana, O. S., Gustami, R. C. M., Syafa, S. Z., Utomo, A. P. Y., & Ripai, A. (2024). Analisis kesalahan berbahasa pada teks berita dalam platform digital Kompas edisi Desember 2023 sebagai alternatif membaca kritis siswa kelas IX SMP. Dinamika Pembelajaran: Jurnal Pendidikan dan bahasa, 1(4), 84-105.

Prami, A. A. I. N. D., & Widiastuti, N. P. (2023). Peran Perempuan dan Kesetaraan Gender pada Sektor Ekonomi Kreatif di Desa Paksebali. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 12(1), 140-148. https://doi.org/10.23887/jish.v12i1.54857

Prantiasih, A. (2014). Reposisi peran dan fungsi perempuan. Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 27(1).

Pratiwi, C. L. I., & Utomo, A. P. Y. (2021). Deiksis dalam cerpen “senyum karyamin” karya ahmad tohari sebagai materi pembelajaran dalam bahasa indonesia. Lingua Susastra, 2(1), 24-33. https://doi.org/10.24036/ls.v2i1.22

Ramadhani, A., Sustiani, D., Hardiansah, I. P., Maharani, K. F., Farradina, N. D., Utomo, A. P. Y., & Madyaningtyas, R. S. (2024). Analisis Keefektifan Kalimat pada Teks Laporan Hasil Observasi di Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Tingkat SMA Kelas X yang Disusun oleh Indri Anatya Permatasari, M. Pd. sebagai Kelayakan Bahan Ajar Membaca Pemahaman. Morfologi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra dan Budaya, 2(6), 58-89. https://doi.org/10.61132/morfologi.v2i6.1076

Riyanto, C. S., Fadila, N. I., Avisya, I. M. C., Irianti, B. C., & Radianto, D. O. (2023). Kesetaraan Gender. Humantech: Jurnal Ilmiah Multi Disiplin Indonesia, 2(8), 1767-1773.

Rizal, M. S., Pradipta, F. A., & Utomo, A. P. Y. (2023). Analisis Tindak Tutur Ilokusi Asertif dalam Daftar Putar Video dari Channel Prodi Sejarah UNAIR yang Berjudul Materi Sejarah: Analysis of Assertive Illocutionary Acts in A Video Playlist From UNAIR History Study Program Channel Entitled Historical Material. Totobuang, 11(1). https://doi.org/10.26499/totobuang.v11i1.428

Safitri, L., Widyadhana, W., Salsadila, A., Ismiyanti, M., Utomo, A. P. Y., & Yuda, R. K. (2023). Analisis kalimat teks anekdot pada buku bahasa Indonesia kelas X Kurikulum Merdeka. Journal of Creative Student Research, 1(2), 396-414. https://doi.org/10.55606/jcsrpolitama.v1i2.1876

Sari, A. L., Irwandi, I., Rochmansjah, H. R., Nurdiansyah, I., & Aslam, D. F. (2021). UMKM, Kesetaraan Gender dan Pemberdayaan Perempuan di Indonesia. Jurnal Ekonomi Dan Statistik Indonesia, 1(1), 22-32. https://doi.org/10.11594/jesi.01.01.03

Setiani, H., & Utomo, A. P. Y. (2021). Analisis Kata Tugas Pada Artikel Opini “Melestarikan Budaya, Memandirikan Warga” Oleh Musonif Fadli Dalam Surat Kabar Jawapos: The Analysis of Function Words in The Opinion Article Entitled" Melestarikan Budaya, Memandirikan Warga" by Musonif Fadil in JawaPos Newspaper. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(2), 103-119.

Soleman, D. (2023). Pancasila, Kesetaraan Gender, dan Perempuan Indonesia. Pancasila: Jurnal Keindonesiaan, 3(2), 215-227.. https://doi.org/10.52738/pjk.v3i2.179

Suhada, D. N. (2021). Feminisme dalam dinamika perjuangan gender di Indonesia. Indonesian Journal of Sociology, Education, and Development, 3(1), 15-27. https://doi.org/https://doi.org/10.52483/ijsed.v3i1.42

Sulistyowati, Y. (2020). Kesetaraan gender dalam lingkup pendidikan dan tata sosial. Ijougs: Indonesian Journal of Gender Studies, 1(2), 1-14. https://doi.org/10.21154/ijougs.v1i2.2317

Tanashur, P., Andaru, B., Miswaty, T. C., Alawiyah, R., & Wardhana, H. (2023). Kesetaraan Gender Dalam Pendidikan: Peran Proyek Pengabdian Masyarakat Dalam Menciptakan Kesempatan Yang Adil. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat IPTEKS, 1(1), 25-32. https://doi.org/10.71094/jppmi.v1i1.28

Tasia, F. E., & Nurhasanah, E. N. O. K. (2019). Partisipasi perempuan dalam pendidikan tinggi dan pengaruh pendidikan tinggi pada perempuan: Sebuah studi literatur. Pekobis Jurnal Pendidikan, 4(1). https://doi.org/10.32493/pekobis.v4i1.p1-12.2764

Widyawati, T. K., Utomo, A. P. Y., Dewi, F. F., & Rohman, D. (2023). Pemanfaatan Google Form sebagai Media dalam Asesmen Formatif di Kelas XII IPS SMA Negeri 9 Semarang. JURNAL PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL, 1(1), 143-154. https://doi.org/10.54066/jupendis-itb.v1i1.114

Ulya, I. (2013). Pendidikan Berbasis Kesetaraan Gender. Wahana Akademika: Jurnal Studi Islam dan Sosial, 15(2), 147-170. https://doi.org/https://doi.org/10.31942/mgs.v4i1.946

Utami, N. F. T., Utomo, A. P. Y., Buono, S. A., & Sabrina, N. I. (2022). Analisis kesalahan sintaksis pada cerpen berjudul" Warisan untuk Doni" karya Putu Ayub. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Bahasa, 1(1), 88-101. https://doi.org/10.55606/jurribah.v1i1.120

Wagiran, W., Utomo, A. P. Y., & Cahyani, D. L. D. (2018). Identifikasi teks bergenre cerita bermuatan nilai konservasi. Lingua: Jurnal Bahasa dan Sastra, 14(2), 175-189.

Wibowo, G. A., Chairuddin, C., Rahman, A., & Riyadi, R. (2022). Kesetaraan Gender: Sebuah Tijauan Teori Feminisme. SEUNEUBOK LADA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sejarah, Sosial, Budaya Dan Kependidikan, 9(2), 121-127. https://doi.org/https://doi.org/10.33059/jsnbl.v10i2.6360

Yuniar, A., & Yuniasih, A. F. (2022). Pengaruh kesetaraan gender terhadap ketimpangan capaian pendidikan di Indonesia tahun 2015–2019. Jurnal Ekonomi dan Pembangunan Indonesia, 22(1), 7. https://doi.org/10.21002/jepi.2022.07

Yustiani, E., Alifa, N., Arti, W., Qolbi, F., Utomo, A. P. Y., Widhiyanto, R., & Abiprayu, K. B. (2024). Analisis Kesantunan Berbahasa Dalam Film Pendek Negosiasi Kelas X Pada Saluran Youtube Cinta Bahasa. Pragmatik: Jurnal Rumpun Ilmu Bahasa dan Pendidikan, 2(2), 33-57. https://doi.org/10.61132/pragmatik.v2i2.395

Zafirah, I., Azzahra, A. K., Sari, W. E., Yulistiani, R. A., Utomo, A. P. Y., & Wardani, O. P. (2024). Analisis Pola Fungsi Kalimat pada Teks Berita Daring CNN Nasional Edisi Januari 2024 sebagai Sumber Bacaan Siswa Kelas XI SMA. Perspektif: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Bahasa, 2(4), 38-58. https://doi.org/10.59059/perspektif.v2i4.1658

Zahrok, S., & Suarmini, N. W. (2018). Peran perempuan dalam keluarga. IPTEK Journal of Proceedings Series, (5), 61-65. https://doi.org/10.12962/j23546026.y2018i5.4422

Zuhriyah, L. (2018). Perempuan, Pendidikan dan Arsitek Peradaban Bangsa. Martabat, 2(2), 249-268. https://doi.org/10.21274/martabat.2018.2.2.249-268

Downloads

Published

2025-10-01

How to Cite

Helga Tsania Rahma Putri, Meca Chelsillia Ayunindar Putri, Herlina Novita Sari, Siti Anisa Priyanti, Syafina Izzatun Yazidahayu, Asep Purwo Yudi Utomo, … Amilia Buana Dewi Islamy. (2025). Analisis Jenis Kalimat Langsung pada Teks Opini Bertema Pendidikan bagi Perempuan di Website ‘IDN Times’ Edisi April 2024 sebagai Sumber Edukasi. PUSTAKA: Jurnal Bahasa Dan Pendidikan, 5(4), 126–143. https://doi.org/10.56910/pustaka.v5i4.3264