Analisis Kesalahan Berbahasa pada Berita Seputar Sekolah dalam Majalah OBAH SMAN 1 Balapulang sebagai Sumber Bacaan Siswa

Authors

  • Allyssa Ramadhani Universitas Negeri Semarang
  • Na’ila Sarwahita Universitas Negeri Semarang
  • Refa Amelia Putri Universitas Negeri Semarang
  • Aufannida Rahmalika Salsa Billa Azizia Universitas Negeri Semarang
  • Rina Mayaningsih Universitas Negeri Semarang
  • Agustin Kusumawardani Universitas Negeri Semarang
  • Asep Purwo Yudi Utomo Universitas Negeri Semarang
  • Riskiana Widi Astuti Universitas Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.56910/pustaka.v5i4.3259

Keywords:

Analysis, Errors, Language, Magazines, News

Abstract

Language, as defined by Kridalaksana and Depdikbud, is a system of arbitrary sound symbols used by members of a society to cooperate and interact. The main aspects of language include human nature, learnability, systematic structure, arbitrariness, and symbolic function. Language distinguishes humans from other creatures, facilitating the communication of thoughts and feelings. Language learning is a gradual process influenced by the environment, such as school, home, and the circle of friends. The language system consists of grammatical rules that ensure structured communication. Errors in language arise from systematic difficulties with grammar. This study analyzes language errors found in news articles in OBAH Magazine, focusing on spelling errors, including capitalization, italics, prepositions, use of affixes, word division, writing of loan words, and punctuation. Clear and accurate language is essential in the media, especially school magazines such as OBAH. Identifying these problems can improve students' understanding of the information conveyed. This study addresses the research gap regarding language errors in a particular school magazine, which contributes to improving the quality of language in educational contexts. The qualitative method emphasizes understanding social phenomena, utilizing observation, interviews, and documentation for data collection. The analysis involves categorizing and reconstructing data to offer recommendations for improving students' critical reading and literacy skills, which ultimately helps their social communication skills.

References

Af’idatussofa, H., Setyaningsih, R. D., Aufa, A. N., Amelia, H., Hanun, Y. P. N., Utomo, A. P. Y., & Simorangkir, S. B. T. (2024). Analisis Kesalahan Berbahasa Teks Editorial pada Modul Ajar Bahasa Indonesia Karya Foy Ario, M.Pd. sebagai Kelayakan Bahan Ajar Membaca Kritis Siswa Kelas XII. Perspektif : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Bahasa, 2(4), 59–81. https://doi.org/10.59059/perspektif.v2i4.1660

Anugari, I. M., Putriyani, A., Azizah, W., Sriyandoyo, T. E., Rusdi, M. R., Utomo, A. P. Y., & Naryatmojo, D. L. (2024). Kualitas Isi dan Kalimat Efektif pada Teks Pidato Mendikbudristek di Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2023 dan 2024 sebagai Bahan Ajar Membaca Siswa SMA kelas 10. Jurnal Pendidikan Dan Bahasa, 4, 106–128. https://doi.org/10.62383/dilan.v1i4.824

Aribuma, A., Amalina, A. I., Listiani, E., Maulana, S., Utomo, A. P. Y., Kesuma, R. G., & Astuti, T. (2024). Analisis Kesalahan Berbahasa Teks Berita pada Artikel Kompas Edisi Februari 2024 sebagai Kelayakan Bahan Ajar Membaca Kritis. PUSTAKA: Jurnal Bahasa Dan Pendidikan, 4(4), 113–133. https://doi.org/10.56910/pustaka.v4i4.1727

Ariyadi, A. D., & Utomo, A. P. Y. (2020). Analisis Kesalahan Sintaksis pada Teks Berita Daring berjudul Mencari Etika Elite Politik di saat Covid-19. Jurnal Bahasa Dan Sastra, 8(3), 2020. https://doi.org/10.24036//jbs.v8i3.110903

Ariyadi, A. D., & Utomo, A. P. Y. (2020). Analisis Kesalahan Sintaksis pada Teks Berita Daring berjudul Mencari Etika Elite Politik di saat Covid-19. Jurnal Bahasa Dan Sastra, 8(3), 2020. https://doi.org/10.24036//jbs.v8i3.110903

Arsi, A., & Herianto, H. (2021). Langkah-Langkah Uji Validitas dan Realibilitas Instrumen dengan Menggunakan SPSS. https://doi.org/10.31219/osf.io/m3qxs

Aulia, S. R., Aini, A. N., Imama, M. Z., Amalia, A. M., Purwaningsih, W., & Sulistyawati, P. (2023). Kesalahan Berbahasa pada Buletin Cendekia Edisi 1 Tahun 2023. 7(2).

Ayuningdyas, A., Pujiatmoko, L., Ningrum, M. W., Saputra, M. F. R. Z., Widiyanto, T., Utomo, A. P. Y., & Lestari, A. Y. (2024). Analisis Pola Fungsi Kalimat dan Kesalahan Berbahasa pada Teks Berita dalam Website “CNN Indonesia” Edisi Januari 2024 sebagai Sumber Bacaan dan Bahan Ajar Siswa Kelas XII. Jurnal Bahasa dan Sastra dalam Pendidikan Linguistik dan Pengetahuan, .2(4). https://doi.org/10.59841/blaze.v2j4.1870

Buono, S. A., Utami, N. F. T., Sabrina, N. I., & Utomo, A. (2022). Analisis Kesalahan Sintaksis pada Cerpen Berjudul “Warisan untuk Doni” Karya Putu Ayub. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Bahasa, 1 (1), 88-101.

Cahya, F. P., Rahman, A. S., Tanisha, E., Mafaza, M. B., & Khaifa, N. A. (2025). Analisis Kesalahan Penggunaan Huruf Kapital pada Tiga Surat dari Pemenang Lomba Menulis Surat untuk Mendikbud. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan Dan Bahasa, 4(1), 01–12. https://doi.org/10.58192/insdun.v4i1.2790

Chairani, I., Husnul, S., & Yuhdi, A. (2022) Analaisis Kesalahan Penggunaan Bahasa EJaan pada Pamflet di Lingkungan Sekolah SMKN 1 Lubuk Pakam. Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 6(2), 125. https://doi.org/10.30743/bahastra.v7i2

Desti, Y. A., & Sugono, D. (2020). Kesalahan Penggunaan Tanda Baca dan Kosakata dalam Penulisan Karangan Deskripsi. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 3(2), 121-129.

Eko, K., Setiawan, P., & Zyuliantina, W. (2020). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia pada Status dan Komentar di Facebook. Tabasa: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 1(1). https://ejournal.iainsurakarta.ac.id/index.php/tabasa

Febrianti, Y., Cristiana Victoria, D., & Priyanto, J. (2019). Analisis Kesalahan Berbahasa pada Bidang Ejaan dan Sintaksis dalam Karangan Berbahasa Indonesia. In Primaria Educationem Journal, Vol. 2, Issue. http://journal.unla.ac.id/index.php/pej/index

Fitriana, M. M., Fatmasari, D., Munadziroh, A. H., Trias, E. S. S. A., Utomo, A. P. Y., & Fathurohman, I. (2023). Analisis Kalimat Efektif dalam Teks Pidato pada Buku Bahasa Indonesia Kelas VIII Kurikulum Merdeka. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1(3), 97–110. https://doi.org/10.59031/jkppk.v1i3.149

Gabriella, F., Asyiffa, A., & Sitorus, F. K. (2023). Analisis Pandangan Aristoteles tentang Lima Fungsi Bahasa dalam Komunikasi. JKOMDIS : Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial, 3(3), 725–729. https://doi.org/10.47233/jkomdis.v3i3.1247

Gowasa, N. (2024). Analisis Kesalahan Penggunaan Tanda Baca dalam Skripsi Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan U{niversitas Nias Raya Oktober 2022). KOHESI: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/Pendidikan

Hanim, A. F., Salama, F., Andika, L. D., Rohmah, U. F., Utomo, A. P. Y., Kesuma, R. G., & Wahyuni, N. I. (2024). Analisis Kesalahan dan Tanda Baca Teks Berita pada Surat Kabar Kompas Edisi Januari 2024 sebagai Kalayakan Bahan Bacaan dan Sumber Informasi. PUSTAKA: Jurnal Bahasa Dan Pendidikan, 4(4), 90–112. https://doi.org/10.56910/pustaka.v4i4.1726

Hasrianti, A., & Alauddin, U. (2021). Analisis Kesalahan Penggunaan Tanda Baca dalam Karangan Peserta Didik. Jurnal Onoma: Pendidikan Bahasa dan Sastra PBSI FKIP Universitas Cokroaminoto Palopo, 7(1).

Hastuti, T. M., Ningrum, A. A., Viani, T. R., Chairunnisa, S. Y., Asyam, M. S., Utomo, A. P. Y., & Rujiani. (2024). Analisis Kesalahan Berbahasa pada Cerpen yang Berjudul Badai yang Reda dan Hutan Merah Karya Fauzia sebagai Kelayakan Bahan Ajar Membaca Intensif Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Semarang. Protasis: Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya, Dan Pengajarannya, 3(2), 09–33. https://doi.org/10.55606/protasis.v3i2.161

Herniti, E. (2021). Bahasa dan Kelahiranya. Adabiyyāt, Vol. 9, No. 1.

Hidayat, R., & Putri, N. Q. H. (2022). Analisis Kalimat Efektif pada Kalimat Kritik Mahasiswa Program Studi Arsitektur. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol. 11, Issue 3. http://jurnal.umt.ac.id/index.php/lgrm

Khusnul, W. U., Hotimah, & Noviyanti, S. (2025). Asal Usul Bahasa. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 8(1), 1532-1540. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp

Kusumaningrum, N. L., Hidayah, E., Sari, V. W., Rhamadhan, S. D., Utomo, A. P. Y., & Kesuma, R. G. (2023). Fungsi, Kategori, dan Peran Sintaksis Bahasa Indonesia dalam Kalimat Efektif Teks Cerita Anak yang Berjudul “Berbeda Itu Tak Apa” pada Buku Ajar Bahasa Indonesia Kelas Satu Sekolah Dasar Kurikulum Merdeka. Student Research Journal, 1(2), 372–383. https://doi.org/10.55606/sjryappi.v1i2.360

Safitri, L., Widyadhana, W., Salsadila, A., Ismiyanti, M., Utomo, A. P. Y., & Yuda, R. K. (2023). Analisis Kalimat Teks Anekdot pada Buku Bahasa Indonesia Kelas X Kurikulum Merdeka. Journal of Creative Student Research, 1(2), 396–414. https://doi.org/10.55606/jcsrpolitama.v1i2.1876

Maurilla, E., Zidan, F. A., Asticka, R., Hana, S. N., Pramesti, S. O., Utomo, A. P. Y., & Widhiyanto, R. (2024). Analisis Kualitas Isi dalam Teks Berita detiknews.com Edisi Januari 2024 sebagai Referensi Bahan Ajar Kelas XI SMA. Semantik : Jurnal Riset Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 2(4), 120–140. https://doi.org/10.61132/semantik.v2i4.1079

Melvarina, F. R. (2022). Kesalahan Penggunaan Huruf Kapital, Kalimat Efektif, dan EJaan dalam Teks Narasi Sejarah Asal-Usul Kota Jember pada Siswa Kelas VA SDN Gebang 3 Jember. Digital Repository Universitas Jember.

Mulyana, A., & et al. (2024). Metode Penelitian Kualitatif. Penerbit Widina Media Utama.

Mustofa. (2019). Kesalahan Penggunaan Tanda Baca dalam Makalah Mahasiswa Matakuliah Bahasa Indonesia. Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Ibnu Rusyd, Tanah Grogot.

Nathania, N., Utami, H. T. P. I., Ruwita, A. R. N., Hafidh, F. N., Utomo, A. P. Y., & Hardiyanto, F. E. (2023). Analisis Kesalahan Sintaksis pada Teks Makalah dalam Modul Ajar Kelas 10 Kurikulum Merdeka. Student Scientific Creativity Journal, 1(5), 1–17. https://doi.org/10.55606/sscj-amik.v1i5.1798

Nisa, K. (2018). Analisis Kesalahan Berbahasa pada Berita dalam Media Surat Kabar Sinar Indonesia Baru. Jurnal Bindo Sastra 2 (2) (2018): 218–224. https://doi.org/http://jurnal.um-palembang.ac.id/index.php/bisastra/index

Novrilla, Z., & Ermawati, S. (2022). Analisis Kesalahan Penggunaan Tanda Baca pada Proposal Penelitian Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Riau (Vol. 1). Jurnal Sastra, Bahasa, dan Pembelajaran Bahasa dan Sastra.

Perangin-angin, E., Angelia, M., Prima Indonesia Sri Dinanta Beru Ginting, U., & Negeri Lhokseumawe, P. (2021). Analisis Kalimat Efektif pada Teks Berita Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Medan. Jurnal Tarbiyah 4(1), 31–42. http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/eunoia/

Pertiwi, A. B., Idmania, D., Pradana, O. S., Gustami, R. C. M., Syafa, S. Z., Utomo, A. P. Y., & Ripai, A. (2024). Analisis Kesalahan Berbahasa pada Teks Berita dalam Platform Digital Kompas Edisi Desember 2023 sebagai Alternatif Membaca Kritis Siswa Kelas IX SMP. Jurnal Pendidikan Dan Bahasa, 4, 84–105. https://doi.org/10.62383/dilan.v1i4.823

Prakoso, W. B., Novelianto, Y. E., Rohmah, J., Sania, A. R. A., Azzahra, W. S., Utomo, A. P. Y., & Wulan, A. N. (2024). Analisis Kualitas Isi dan Kalimat Efektif pada Teks Opini Dalam Website ”Taulebih” Edisi Desember 2023 Sebagai Literasi Edukasi Pendidikan Seksualitas dan Kesehatan Reproduksi Berdasarkan Nilai Agama. BLAZE : Jurnal Bahasa Dan Sastra Dalam Pendidikan Linguistik Dan Pengembangan, 2(4), 112–133. https://doi.org/10.59841/blaze.v2i4.1871

Prayoga, Y., & Masitoh. (2024). Analisis Redundasi pada Surat Kabar Online inewslampung sebagai Alternatif bahan Ajar di Sekolah Menengan Atas. Jurnal Griya Cendikia, 9.

Purba, Y. M. T. B., Rahmandhani, Y. I., Julianti, N. F., Khaerussani, A. F., Utomo, A. P. Y., Kesuma, R. G., & Pramono, D. (2024). Analisis Kesalahan Berbahasa dan Tanda Baca Teks Berita pada Artikel Detik.com Edisi Februari 2024 sebagai Kelayakan Bahan Bacaan dan Sumber Informasi. Jurnal Nakula : Pusat Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Ilmu Sosial, 2(6), 64–85. https://doi.org/10.61132/nakula.v2i6.1265

Purnamasari, I., Winarni, R., Indrastoeti Siti Poerwanti,. (2023). Analisis Kesalahan Penggunaan Huruf Kapital dan Tanda Baca dalam Menulis Karangan Sederhana Peserta Didik Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Didaktika Dwija Indria, volume 12, nomor 2.

Ramadhani, A., Sustiani, D., Hardiansah, I. P., Maharani, K. F., Farradina, N. D., Utomo, A. P. Y., & Madyaningtyas, R. S. (2024). Analisis Keefektifan Kalimat pada Teks Laporan Hasil Observasi di Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Tingkat SMA Kelas X yang Disusun oleh Indri Anatya Permatasari, M.Pd. sebagai Kelayakan Bahan Ajar Membaca Pemahaman. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(6). https://doi.org/10.61132/morfologi.v2i6.107

Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif. Jurnal Alhadharah (Vol. 17, Issue 33).

Rusanti, R., Fatuhurohman, I., & Pratiwi, I. A. (2022). Analisis Kesalahan Penggunaan Huruf Kapital dan Tanda Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan (JISIP), 6. https://doi.org/10.36312/jisip.v6i1.3055/http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JISIP/index

Setiyani, A. F., Putra, A. I. P., Aprilia, C., Lestari, N. P. D., Ningrum, S. C., Utomo, A. P. Y., & Darmawan, R. I. (2024). Analisis Keefektifan Kalimat pada Teks Berita Artikel CNN Indonesia Mengenai Pemilu Edisi Februari 2024 sebagai Kelayakan Bahan Ajar Membaca Kritis Siswa Kelas IX SMP. Pragmatik : Jurnal Rumpun Ilmu Bahasa dan Pendidikan , 2(4), 265–287. https://doi.org/10.61132/pragmatik.v2i4.1077

Utami, N. S., & Nugroho, A. S. (2023). Analisis Kesalahan Penggunaan Huruf Kapital pada Paragraf Deskriptif Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Inspirasi Dunia, 2(1), 2963-5004.

Sugiarto, Fitriani, Y., & Utami, P. I. (2024). Analisis Kesalahan Penggunaan Frasa dan Kata Baku pada Papan Nama. Jurnal Pembahsi: Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, 14(1). https://doi.org/10.31851/pembahsi.v14i1.13639

Sundari, W. I. (2024). Analisis Kesalahan Berbahasa dalam Berita Daring Kumparan dan Implementasinya sebagai Bahan Ajar Menulis di SMP. https://repositori.untidar.ac.id/index.php?p=fstream-pdf&fid=41311&bid=16361

Suwarno, M., Anggita, F. D., & Taradiva, N. (2020). Analisis Kesalahan Berbahasa pada Tugas Teks Eksposisi dan Teks Iklan, Slogan, Poster Peserta Didik Kelas VIII SMP Muhammadiyah Bantul. Jurnal Komposisi, 5(2), 2541-2868.

Utomo, A. P. Y., Haryadi, Fahmy, Z., & Indramayu, A. (2019). Kesalahan Bahasa pada Manuskrip Artikel Mahasiswa di Jurnal Sastra Indonesia. Jurnal Sastra Indonesia, 8(3), 2685-9599. https://journal.unnes.ac.id/sju/jsi/article/view/36028/14877

Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Scholar, 7(1), 2896–2910.

Yunita, D. A., Sugono, D., & Suendarti, M. (2020). Kesalahan Penggunaan Tanda Baca dan Kosakata dalam Penulisan Karangan Deskripsi. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 3(2), 121-129.

Downloads

Published

2025-10-01

How to Cite

Allyssa Ramadhani, Na’ila Sarwahita, Refa Amelia Putri, Aufannida Rahmalika Salsa Billa Azizia, Rina Mayaningsih, Agustin Kusumawardani, … Riskiana Widi Astuti. (2025). Analisis Kesalahan Berbahasa pada Berita Seputar Sekolah dalam Majalah OBAH SMAN 1 Balapulang sebagai Sumber Bacaan Siswa. PUSTAKA: Jurnal Bahasa Dan Pendidikan, 5(4), 48–81. https://doi.org/10.56910/pustaka.v5i4.3259