Analisis Kesalahan Berbahasa pada Teks Opini dalam Laman web "Kumparan" Edisi Februari 2025 sebagai Sumber Edukasi dan Informasi

Authors

  • Annura Sastri Aurasyifa Universitas Negeri Semarang
  • Arrahma Qonita Al Arifin Universitas Negeri Semarang
  • Alya Nur Lailia Rahmah Universitas Negeri Semarang
  • Sabrina Yasmin Paramita Universitas Negeri Semarang
  • Agna Septia Ramadhani Universitas Negeri Semarang
  • Farrah Suryaningtyas Universitas Negeri Semarang
  • Asep Purwo Yudi Utomo Universitas Negeri Semarang
  • Septina Sulistyaningrum Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.56910/pustaka.v5i4.3257

Keywords:

Kumparan Format, Language Errors, Opinion Text, Spelling, Syntax

Abstract

Language is one of the communication tools used by every individual or group that is very effective and becomes the main tool to strengthen social, cultural, and economic relationships within society. Language errors are a common phenomenon that occur in our lives, both in speech and writing. The purpose of this research is to analyze language errors based on Syntax, including spelling and effective sentences. This data was obtained from opinion pieces found on the Kumparan laman web, February 2025 edition. This opinion text was analyzed using the listen and note technique. After being examined, it was found that there are 14 spelling and punctuation errors, including: a) 4 errors in the use of foreign languages; b) 4 punctuation errors; c) 2 errors in number writing; d) 1 error in capital letter usage; e) 2 errors in pronoun usage. There are also 21 ineffective sentences, including: a) 15 diction selection errors b) 3 instances of insufficient conjunctions and diction; and c) 3 excessive sentences. This result is expected to provide knowledge about syntax, including spelling, word choice, and other types of usage, which can make opinion texts on the kumparan laman web more accurate in their language use, making them easier for the public to understand.

References

Af, H., Setyaningsih, R. D., Aufa, A. N., Amelia, H., Prety, Y., Hanun, N., Purwo, A., Utomo, Y., Simorangkir, S. B. T., & Semarang, U. N. (2024). Analisis kesalahan berbahasa teks editorial pada modul ajar Bahasa Indonesia karya Foy Ario, M. Pd. sebagai kelayakan bahan ajar membaca kritis siswa kelas XII. Proses ini melibatkan suatu proses seperti mengumpulkan cont, 2(4), 59–81. https://doi.org/10.59059/perspektif.v2i4.1660

Agustina, A., Mutia, A., Khusna, F., Ikrimah, N., & Utomo, A. P. Y. (2021). Analisis pola kalimat pada rubrik olahraga Kompas.com bulan Maret 2021. Widya Accarya, 12(2), 140–161. https://doi.org/10.46650/wa.12.2.1089.140-161

Alexander, A., & Firza, M. H. H. (2023). Analisis kesalahan ejaan dan tanda baca pada salah satu surat kabar. Jurnal Ilmiah dan Karya Mahasiswa, 1(1), 24–28. https://doi.org/10.54066/jikma-itb.v1i1.38

Alyafatin, R., Pasah, I. A., Mila, N., Setiani, D., Melani, H. J., Ramadania, A. R., Purwo, A., Utomo, Y., Fahruddin, A., Hatmanto, D., & Aji, S. P. (2024). Analisis kesalahan berbahasa dalam teks nonfiksi pada buku pelajaran Bahasa Indonesia kelas VIII terbitan Pusat Kurikulum dan Perbukuan Balitbang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai upaya meningkatkan kualitas pembelajaran membaca. Pendidikan Bah, 4.

Anjora, A. K., Suranto, D. A., Anggraeni, E., Salsabella, N. D., Purwo, A., Utomo, Y., & Galih, R. (2024). Analisis kesalahan berbahasa teks berita dalam laman web Detiknews edisi Februari 2024 sebagai kelayakan bahan ajar membaca kritis siswa kelas X SMA terhadap perilaku sosial remaja. Pustaka, 4. https://doi.org/10.56910/pustaka.v4i4.1727

Auliyani, F., Kustina, R., Bina, U., Getsempena, B., & Eda, P. F. W. (2022). Analisis gaya bahasa pada puisi Rencong karya Fikar W. Edan dan relevansinya terhadap pembelajaran sastra. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 3(1), 2807–8624.

Bahiyah, E. K., Riska, E. A., Febianto, R., Nur, F., Zahra, H. A., Purwo, A., Utomo, Y., Buana, A., & Islamy, D. (2024). Analisis kualitas bahasa pada teks berita di laman web Koran Tempo edisi Februari 2024 sebagai kelayakan bahan ajar membaca kritis bagi mahasiswa pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Negeri Semarang. Pragmatik, 4, 240–264. https://doi.org/10.61132/pragmatik.v2i4.1075

Budiman, B., Tanjung, A. A., Simamora, A., Anriani, M., NST, N. N., Zahara, R., & Andani, S. (2023). Analisis kalimat tidak efektif pada artikel berita. Education Journal: Journal Educational Research and Development, 7(2), 182–190. https://doi.org/10.31537/ej.v7i2.1231

Com, K. (2024). Analisis wacana tekstual gramatikal pada artikel opini. Metamorfosa, 12(2), 75–88. https://doi.org/10.46244/metamorfosa.v12i2.2751

Damayanti, V. A., Permatasari, I. O., Zelig, K. B. Y., Pramana, H. R., & Utomo, A. P. Y. (2022). Analisis tindak tutur lokusi pada video pembelajaran di daftar putar “Bahasa” dari channel Pahamify. Jurnal Sinestesia, 12(2). https://sinestesia.pustaka.my.id/journal/article/view/241

Didah Nurhamidah. (2018). Analisis kesalahan ejaan pada karangan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Pena Literasi, 1(2), 92. https://doi.org/10.24853/pl.1.2.92-107

Enggarwati, A., & Utomo, A. P. Y. (2021). Fungsi, peran, dan kategori sintaksis Bahasa Indonesia dalam kalimat berita dan kalimat seruan pada naskah pidato Bung Karno 17 Agustus 1945. Estetik: Jurnal Bahasa Indonesia, 4(1), 37. https://doi.org/10.29240/estetik.v4i1.2209

Eti Ramaniyar. (2017). Analisis kesalahan berbahasa Indonesia pada penelitian mini mahasiswa. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 15(1), 70–80.

Fitri, I. R., & Wahyuni, R. K. (2018). Analisis penggunaan tanda baca pada teks narasi siswa kelas VII SMPN 2 Kapur IX. Deiksis, 10(03), 274. https://doi.org/10.30998/deiksis.v10i03.2500

Gautama, W. A. (2017). Bab III metode dan teknik penelitian. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 2, 46–54.

Gusmayanti, G. (2023). Upaya peningkatan hasil belajar kemampuan menulis teks pada pelajaran Bahasa Indonesia materi kearifan lokal untuk siswa SMKN 1 Tebo. Paedagogy: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Psikologi, 3(1), 37–42. https://doi.org/10.51878/paedagogy.v3i1.2095

Handayani, P. (2020). Penerapan teknik L-Bato untuk meningkatkan keterampilan menulis teks opini pada siswa kelas XII SMA. Jurnal Guru Dikmen dan Diksus, 2(1), 66–77. https://doi.org/10.47239/jgdd.v2i1.45

Hasnah Setiani, & Utomo, A. P. Y. (2021). Analisis kata tugas pada artikel opini “Melestarikan budaya, memandirikan warga” oleh Musonif Fadli dalam surat kabar Jawa Pos. Bahtera Indonesia: Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(2), 103–119. https://doi.org/10.31943/bi.v6i2.104

Hasrianti, A. (2021). Analisis kesalahan penggunaan tanda baca dalam karangan peserta didik. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 7(1), 213–222. https://doi.org/10.30605/onoma.v7i1.618

Hastuti, T. M., Ningrum, A. A., Viani, T. R., Chairunnisa, S. Y., Asyam, M. S., Purwo, A., & Utomo, Y. (2024). Analisis kesalahan berbahasa pada cerpen yang berjudul Badai yang Reda dan Hutan Merah karya Fauzia sebagai kelayakan bahan ajar membaca intensif mahasiswa pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Semarang. Protasis, 3(2). https://doi.org/10.55606/protasis.v3i2.161

Hidayat, P., Sudiana, I. N., & Tantri, A. A. S. (2021). Analisis kesalahan berbahasa pada penulisan berita Detik Finance dan Detik News. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 11(3), 318–326. https://doi.org/10.23887/jjpbs.v11i3.36926

Hidayat, T. (2012). Model pembelajaran penemuan. Jurnal Literasi, 1(1), 1–17.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). (2024). Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kemdikbud. https://kbbi.kemdikbud.go.id

Mahyuni, I. (2020). Analisis kesalahan penggunaan ejaan dalam penulisan karya ilmiah mahasiswa. Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 2(1), 45–56. https://doi.org/10.26499/jpbsp.v2i1.105

Mulyati, S. (2019). Kesalahan penggunaan ejaan pada teks berita daring. Bahtera: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 18(2), 123–135. https://doi.org/10.21009/bahtera.v18i2.876

Ningrum, A. W., & Prasetyo, D. (2021). Analisis kalimat efektif dalam artikel opini. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 10(1), 77–85. https://doi.org/10.32528/jpbi.v10i1.732

Nuraini, D. (2018). Analisis kesalahan ejaan dan tanda baca dalam karya tulis mahasiswa. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(2), 55–64. https://doi.org/10.24114/jpbsi.v7i2.9823

Pertiwi, A. D., & Lestari, H. (2020). Analisis kesalahan berbahasa pada teks siswa SMA. Jurnal Kata: Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 8(1), 33–42. https://doi.org/10.22202/jk.2020.v8i1.3872

Pradana, R., & Saputro, D. A. (2019). Analisis sintaksis dalam teks berita. Jurnal Ilmiah Edukasi Bahasa dan Sastra, 5(2), 145–156. https://doi.org/10.32585/jiebs.v5i2.614

Putri, D. P., & Wibowo, H. (2022). Analisis kesalahan kalimat pada artikel ilmiah. Jurnal Pendidikan dan Kajian Bahasa, 14(2), 89–100. https://doi.org/10.21831/jpkb.v14i2.7389

Rahayu, S., & Andini, P. (2017). Analisis penggunaan tanda baca dalam teks narasi siswa SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 2(3), 201–210. https://doi.org/10.23917/jppi.v2i3.3342

Rahman, A., & Yusuf, M. (2016). Analisis kesalahan sintaksis pada teks siswa SMA. Jurnal Bahasa dan Sastra, 4(1), 25–37. https://doi.org/10.17509/jbs.v4i1.4521

Ramadhani, F., & Santoso, B. (2020). Analisis kesalahan berbahasa pada surat kabar daring. Jurnal Kajian Bahasa dan Budaya, 4(2), 145–156. https://doi.org/10.31002/jkbb.v4i2.2815

Saputra, R. (2018). Analisis kesalahan morfologi dalam karangan mahasiswa. Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(1), 42–51. https://doi.org/10.15294/jbsi.v6i1.2578

Sari, M., & Kurniawan, D. (2019). Analisis kesalahan penggunaan ejaan dan tanda baca. Lingua: Jurnal Pendidikan Bahasa, 15(2), 77–89. https://doi.org/10.21009/lingua.v15i2.356

Siregar, A. R. (2020). Analisis kesalahan berbahasa pada teks siswa SMK. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 20(1), 55–63. https://doi.org/10.21009/jpbs.v20i1.934

Suryani, T., & Prasetya, R. (2021). Analisis sintaksis kalimat majemuk dalam teks berita online. Jurnal Sastra dan Bahasa, 9(1), 12–25. https://doi.org/10.22202/jsb.2021.v9i1.1782

Utami, N., & Rukmini, S. (2018). Kesalahan penggunaan ejaan dalam penulisan skripsi mahasiswa. Jurnal Penelitian Bahasa dan Pendidikan, 5(2), 101–110. https://doi.org/10.32528/jpbp.v5i2.286

Wahyuni, I., & Rahmawati, E. (2019). Analisis kesalahan bahasa dalam artikel ilmiah mahasiswa. Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 11(1), 45–56. https://doi.org/10.23917/jbsp.v11i1.4329

Wulandari, R., & Hasanah, S. (2020). Analisis kesalahan kalimat efektif pada teks berita daring. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 8(2), 77–85. https://doi.org/10.23887/jpbi.v8i2.36472

Yunianti, R., Putra, R., & Salsabila, D. (2024). Analisis kesalahan berbahasa pada teks opini. Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Indonesia, 12(1), 22–35. https://doi.org/10.32528/jipbi.v12i1.947

Downloads

Published

2025-10-01

How to Cite

Annura Sastri Aurasyifa, Arrahma Qonita Al Arifin, Alya Nur Lailia Rahmah, Sabrina Yasmin Paramita, Agna Septia Ramadhani, Farrah Suryaningtyas, … Septina Sulistyaningrum. (2025). Analisis Kesalahan Berbahasa pada Teks Opini dalam Laman web "Kumparan" Edisi Februari 2025 sebagai Sumber Edukasi dan Informasi. PUSTAKA: Jurnal Bahasa Dan Pendidikan, 5(4), 01–19. https://doi.org/10.56910/pustaka.v5i4.3257