PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA (Sebuah Studi Kasus pada Siswa di MTs Al-Bukhori Brebes)
DOI:
https://doi.org/10.56910/pustaka.v3i1.312Keywords:
Prokrastinasi, studi kasus, akademik.Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan gambaran umum perilaku prokrastinasi akademik yang dilakukan oleh siswa di MTs Al-Bukhori Brebes. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek dalam penelitian ini merupakan siswa kelas VIII yang berjumlah 30 siswa. Penelitian ini dilakukan di MTs Al-Bukhori Brebes pada tanggal 12 Juli 2022. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan mereduksi data. Hasil penelitian menunjukkan masih adanya siswa yang terindikasi mengalami perilaku prokrastinasi akademik seperti menunda-nunda pekerjaan rumah, kurang respon terhadap tugas-tugas, malas dalam belajar, kurang motivasi dalam diri individu siswa. Hal-hal yang menyebabkan demikian diantaranya, adanya rasa irrational believe, menggantungkan tugas pada teman, tidak suka dengan guru dan mata pelajaran tertentu serta pemberian tugas yang tidak menarik.
References
Chalimi, M. K. (2017). Implementasi Teknik Behavior Contract Untuk Memotivasi Siswa Dalam Penyelesaian Pekerjaan Rumah (PR) di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTSN) Pilangkenceng Madiun. Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 7, No. 1, 82-89.
Herdiani, R. T. (2022). Fenomena Adiksi Internet Terhadap Perilaku Prokrastinasi Akademik di Era Pandemi Covid 19 (Studi Kasus Pada Siswa SD). Jurnal Pendidikan dan Konseling, Vol. 4, No. 5, 4982-4988.
Hidayati, N., & Aulia, L. A.-A. (2019). Flow Akademik dan Prokrastinasi Akademik. Jurnal Psikologi, Vol. 6, No. 2, 128-144.
Ilyas, M., & Suryadi. (2017). Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa di SMA Islam Terpadu (IT) Boarding School Abu Bakar di Yogyakarta. Jurnal Pemikiran Islam, Vol. 41, No. 1, 71-82.
Khotimah, R. H., Radjah, C. L., & Handarini, D. M. (2016). Hubungan Antara Konsep Diri Akademik, Efikasi Diri Akademik, Harga Diri dan Prokrastinasi Akademik Pada Siswa SMP Negeri di Kota Malang. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 60-67.
Kusumawide, K. T., Saputra, W. N., Alhadi, S., & Prasetiawan, H. (2019). Keefektifan Solution Focused Brief Counseling (SFBC) Untuk Menurunkan Perilaku Prokrastinasi Akademik Sisw. Jurnal Bimbingan dan Konseling, Vol. 9, No. 2, 89-102.
Laia, B., Zagoto, S. F., Fau, Y. T., Duha, A., Telaumbanua, K., Sari, I. P., . . . Hulu, F. (2022). Prokrastinasi Akademik Siswa SMA Negeri di Kabupaten Nias Selatan. Jurnal Ilmiah Aquinas, Vol. 5, No. 1, 162-168.
Munawaroh, M. L., Alhadi, S., & Saputra, W. N. (2017). Tingkat Prokrastinasi Akademik Siswa Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 9 Yogyakarta. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 26-31.
Nafeesa. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prokrastinasi Akademik Siswa yang Menjadi Anggota Organisasi Siswa Intra Sekolah. Jurnal Antropologi Sosial dan Budaya, Vol. 4, No. 1, 53-67.
Nopita, Mayasari, D., & Suwanto, I. (2021). Analisis Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa SMPS Abdi Agape Singkawang. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia, Vol. 6, No. 1, 13-19.
Ramadhan, R. P., & Winata, H. (2016). Prokrastinasi Akademik Menurunkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, Vol. 1, No. 1, 154-159.
Ramadhani, E., Sadiyah, H., Putri, R. D., & Pohan, R. A. (2020). Analisis Prokrastinasi Akademik Siswa di Sekolah. Jurnal Kajian Konseling Dan Ilmu Keagamaan, Vol. 7, No. 1, 45-51.
Saputra, R., Purwanto, E., & Awalya. (2017). Konseling Kelompok Teknik Self Instruction dan Cognitive Restructuring untuk Mengurangi Prokrastinasi Akademik. Jurnal Bimbingan Konseling, Vol. 6, No. 1, 84-89.
Sasmita, P. E. (2015). “Irrational Believe” Dalam Konteks Kehidupan Seminari. Jurnal Teologi, Vol. 4, No. 1, 25-40.
Ulum, M. I. (2016). Strategi Self-Regulated Learning untuk Menurunkan Tingkat Prokrastinasi Akademik Siswa. Jurnal Ilmiah Psikologi, 153-170.