Analisis Faktor Penghambat Keterampilan Berbicara Siswa Kelas XI Pondok Pesantren Ashabul Yamin

Authors

  • Bulan Sari Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Melyann Melani Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.56910/pustaka.v3i1.305

Keywords:

Analisa, Faktor yang menghambat, Siswa, Kemampuan berbicara.

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan karena beberapa masalah yang ditemukan dilapangan; permasalahan dalam kemampuan berbicara siswa pada bahasa inggris. Siswa seperti merasa takut dalam berbicara menggunakan bahasa inggris didepan kelas, siswa juga tidak bisa mengekspresikan ide mereka dalam bahasa inggris dan siswa juga tidak aktif ketika belajar speaking. Peneliti menggunakan metode kualitative sebagai metode penelitian. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan interview kepada siswa dan guru dan untuk menguatkan data peneliti melakukan observasi dilapangan. Subjek pada penelitian ini adalah seluruh siswa pada kelas XI di Pondok Pesantren Ashabul Yamin. Selanjutnya, dalam menganalisa data, peneliti menggunakan tiga metode yaitu : reduksi data, penyajian data, dan melakukan penarikan kesimpulan. Penemuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa factor yang menghambat kemampuan berbicara siswa adalah factor kognitif (konseptualisasi, formulasi, dan artikulasi), factor affektif (kurang percaya diri, merasa takut, dan kurang motivas) dan factor yang terakhir yaitu factor linguistic (kosa kata).

References

Ali, Derakhsan, et al. Developing EFL Learner’s speaking ability, accuracy and fluency. English Language and literature studies, Vol. 6, No. 2, 2016.

Arikunto, Suharsimi. Procedure Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : PT. Rineka Cipta. 1997.

Brown, H. D. Teaching by principle: An interactive approach to language pedagogy (2nd. Ed). White Plains, NY: Longman. 2001

Christine, C.M. Goh. Teaching speaking in the language classroom. series 15. SEAMEO Regional language centre, Singapore. 2007

Creswell, Jhon W. Educational Research: planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research -4th edition. University of Nebraska-Lincoln. 2012.

Cohen, Louis, et al. Research Methods in Education. Taylor and Francis library. New York. 2007.

Disa Afifa, et al. Analysis of students inhibition in speaking skill. Indonesian Journal of learning and instruction. Vol, 3. No, 2, October, 2020.

Douglas Brown, Teaching by Principles: An Interactive Approach to Language Pedagogy, (Longman: 2000).

Farah Sukmawati wahidah. Students speaking problem and factor causing it. Jurnal Logika. Vol, XVI. No, 1, 2016.

Gay, L. R. Educational Research : Competencies for Analysis and Application. Florida : Pearson. 2012.

Haidara, Y. (2016). Psychological factor affecting English speaking performance for the English learners in Indonesia. Research Gate. Universal Journal of Education Research.

Hanifa, R. Factors Generating Anxiety When Learning EFL Speaking Skill. Studies in English Language and Education, vol. 5, No. 2, 2018.

Ita Suryani, et al. Investigating the inhibiting factors in speaking English faced by senior high school students in Singaraja. Internation journal of language Education, Vol. 4, No. 1,2020.

Juhana. 2012. Psychological factors that hinder students from speaking in English Class (A case study in a Senior High School in South Tanggerang, Banten, Indonesia), Journal of Education and Practice, Vol 3, No 12, 2012.

Liu, Z. Reading behaviour in the digital environment: changes in Reading behaviour over the past 10 years. Journal of Documentation, Vol. 61, No.6. 2005.

Downloads

Published

2022-12-14

How to Cite

Bulan Sari, & Melyann Melani. (2022). Analisis Faktor Penghambat Keterampilan Berbicara Siswa Kelas XI Pondok Pesantren Ashabul Yamin. PUSTAKA: Jurnal Bahasa Dan Pendidikan, 3(1), 115–125. https://doi.org/10.56910/pustaka.v3i1.305