Penerapan Pendekatan Matematika Realistik Indonesia dengan Model Kooperatif Tipe STAD Pada Materi SPLDV
DOI:
https://doi.org/10.56910/pustaka.v3i1.293Keywords:
Pendekatan Matematika Realistik, Hasil belajar, SPLDV.Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengkaji dampak penerapan strategi matematika realistik berbasis STAD terhadap hasil belajar siswa pada materi SPLDV. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuasi eksperimen yang terdiri dari desain kelompok kontrol yang tidak seimbang. Subyek penelitian ini adalah kelas VIIIA yang dipilih secara acak, kelas eksperimen sebanyak 26 siswa, dan VIIIB, kelas kontrol sebanyak 26 siswa, keduanya dari SMP Negeri 1 Tenga tahun pelajaran 2022/23. Data yang terkumpul terdiri dari hasil posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol, dengan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen ????̅E = 80.77 dan rata-rata hasil belajar kelas kontrol ????̅K = 72.96. Pengujian data dengan taraf nyata = 0,05 menghasilkan = 2,625 = 2,009, maka tolak Ho. Penelitian ini menyimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model penerapan pendekatan matematika realistik sesuai STAD lebih besar dibandingkan dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung.
References
Agustini, D., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kesulitan Siswa Berdasarkan Kemampuan Pemahaman Matematis dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi SPLDV. Media Pendidikan Matematika, 8(1), 18-27.
Amir. (2013). Perspektif gender dalam pembelajaran matematika. Marwah: Jurnal Perempuan, Agama Dan Jender, 12(1), 15-31.
Darma, I. K., Karma, I. G. M., & Santiana, I. M. A. (2020, February). Blended Learning, Inovasi Strategi Pembelajaran Matematika di Era Revolusi Industri 4.0 Bagi Pendidikan Tinggi. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 3, pp. 527-539).
Domu, I., & Mangelep, N. O. (2020, November). The Development of Students’ Learning Material on Arithmatic Sequence Using PMRI Approach. In International Joint Conference on Science and Engineering (IJCSE 2020) (pp. 426-432). Atlantis Press.
Inah, E. N. (2015). Peran komunikasi dalam interaksi guru dan siswa. Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 8(2), 150-167.
Indrawaningsih, P. (2019). PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TENTANG PERPINDAHAN PANAS DENGAN CARA RADIASI. MEDIA DIDAKTIKA, 5(1), 69-76.
Laa, N., Winata, H., & Meilani, R. I. (2017). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division terhadap minat belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 2(2), 251-260.
Lolombulan, J. H. (2017). Statiska: Bagi Peneliti Pendidikan. Penerbit Andi.
Manambing, R., Domu, I., & Mangelep, N. O. (2018). Penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Bentuk Aljabar (Penelitian di Kelas VIII D SMP N 1 Tondano). JSME (Jurnal Sains, Matematika & Edukasi), 5(2), 163-166.
Mbagho, H. M., & Tupen, S. N. (2021). Pembelajaran matematika realistik dalam meningkatkan hasil belajar matematika materi operasi bilangan pecahan. Jurnal Basicedu, 5(1), 121-132.
Mangelep, N. (2013). Pengembangan Soal Matematika Pada Kompetensi Proses Koneksi dan Refleksi PISA. Jurnal Edukasi Matematika, 4.
Mangelep, N. O. (2017). Pengembangan Website Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 431-440.
Mangelep, N., Sulistyaningsih, M., & Sambuaga, T. (2020). PERANCANGAN PEMBELAJARAN TRIGONOMETRI MENGGUNAKAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA. JSME (Jurnal Sains, Matematika & Edukasi), 8(2), 127-132.
Meylinda, D., & Surya, E. (2017). Kemampuan koneksi dalam pembelajaran matematika di sekolah. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 1-12.
Oktaviandry, N. (2012). Pengetahuan Ilmiah, Penelitian Ilmiah, dan Jenis Pengetahuan. Tersedia di: http://navelmangelep. wordpress. com/2012/02/21/pengetahuan-pengetahuan-ilmiahpenelitian-ilmiah–dan-jenis-penelitian/[diakses pada 1 April 2017].
Rahmawati, F. (2013). Pengaruh pendekatan pendidikan realistik matematika dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa sekolah dasar. Prosiding Semirata 2013, 1(1).
Srirahmawati, I. (2021). Peran Guru Sebagai Fasilitator dalam Mengasah Penalaran Matematika Siswa SDN 29 Dompu Tahun Pembelajaran 2020/2021. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 2(2), 114-123.
Suardi, M. (2018). Belajar & pembelajaran. Deepublish.