KEMAMPUAN MENULIS ARAB MELAYU SISWA KELAS VI SD NEGERI 001 BULUH CINA
DOI:
https://doi.org/10.56910/pustaka.v3i1.291Keywords:
Kemampuan, menulis, Melayu-Arab, sekolah dasar.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memperoleh data tentang kemampuan menulis bahasa Arab-Melayu siswa kelas VI SD Negeri 001 Buluh Cina. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri 001 Buluh Cina yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan tes dan angket yang langsung dilakukan dengan tatap muka langsung dengan siswa. Teknik analisis data yang dilakukan peneliti dalam penelitian ini adalah dengan mengumpulkan hasil tes dan angket, kemudian memberikan penilaian berupa skor, menentukan persentase hasil pencapaian kemampuan membaca, dan menghitung skor. Hasil penelitian ini adalah keterampilan menulis bahasa Arab-Melayu siswa kelas VI SD Negeri 001 Buluh Cina berada pada kategori tinggi dengan rata-rata 8,12.
References
Anonim. 2012. Bahasa Sebagai Alat Komunikasi. (online). http://deviden749.wordpress.com/2011/09/28/bahasa-sebagai-alat komunikasi/ (diakses tanggal 11 Desember 2022)
Roza, Ellya. 2017. Aksara Arab-Melayu di Nusantara dan Sumbangsihnya dalam Pengembangan Khazanah Intelektual. (online). https://www.researchgate.net/publication/318748312_Aksara_Arab-Melayu_di_Nusantara_dan_Sumbangsihnya_dalam_Pengembangan_Khazanah_Intelektual (diakses pada 5 Desember 2022)
Faizah, Hasnah. (2018). Menulis Arab Melayu. Pekanbaru: UR Press.
Daeng, N. W. (2011). Terampil Bahasa. Bandung: Alfabeta
Hermawan, Acep. 2013. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Remaja Rosdakarya
Hermawan, A. (2014). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Kusmaningsih, D., & dkk. (2013). Terampil Berbahasa. Yokyakarta: ANDI.
Nurgiyantoro,B.(2010).Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta:BPFE
Ulin N. 2012. Metodologi Efektif Pembelajaran Bahasa Arab
Wibawa, Rafi Andi.2018. “Pendidikan Baca Tulis Al-Quran (BTQ) Di SMK Muhammadiyah Jawa Timur (Studi Kasus Pembelajaran BTQ Di SMK Muhammadiyah 1 Taman Sidoarjo).” Halaqa: Islamic Education
Widia, H., Rijal, A., Yuwalitas, G., & Fahmi, R. (2017). Faktor Internal dan Faktor External Yang Dominan Mempengaruhi Hasil Belajar Menggambar Dengan Perangkat Lunak. CIVED ISSN 2302-3341, Vol. 5, No. 1