PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA DI APLIKASI KOMUNIKASI “ZOOM MEETING” DALAM WUJUD BENTUK LINGUISTIK

Authors

  • Apok Sujaji IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.56910/pustaka.v3i1.280

Keywords:

bahasa, bentuk linguistik, ragam bahasa

Abstract

Menarik dikaji secara lingusitik pada Penggunaan bahasa Indonesia di aplikasi komunikasi Zoom Meeting, khususnya Sosiolinguistik Terapan. Diantaranya, pilihan kata, proses pembentukan kata- katanya, pola penyingkatan kata, pencampuran kode serta sebabnya, serta wujud bentuk linguistik. Tulisan ini kajian dibatasi dengan wujud bentuk linguistiknya. Pada Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan tentang wujud bentuk linguistik ditemukan dalam penggunaan bahasa Indonesia di aplikasi Zoom Meeting. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan data primer yang langsung didapatkan dari sumber data yaitu penggunaan bahasa Indonesia dalam aplikasi Zoom Meeting. Data dikumpulkan dengan metode simak yang dibantu dengan teknik dasar sadap dan teknik catat sebagai teknik lanjutan. Selanjutnya, data dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif  dengan dasar paradigma metodologis induktif. Artinya, suatu paradigma yang bertolak dari sesuatu yang khusus ke sesuatu yang umum. Hasil penelitian disajikan dengan metode formal dan informal. Wujud bentuk linguistik yang ditemukan dalam penggunaan bahasa Indonesia    di aplikasi Zoom Meeting adalah berupa : kata, frasa, dan kalimat. Wujud kata berupa kata dasar dan kata berimbuhan; wujud frasa berupa frasa endosentrik dan eksosentrik; dan wujud kalimat berupa kalimat tunggal dan kalimat majemuk. Frasa endosentrik meliputi frasa endosentrik atributif dan frasa endosentrik koordinatif, sedangkan kalimat majemuk yang ditemukan berupa kalimat majemuk setara dan bertingkat.

References

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa Edisi Keempat. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Jendra, I Wayan. 2007. Sosiolinguistik: Teori dan Penerapannya. Surabaya: Paramita. Kridalaksana, Harimurti. 2007. Pembentukan Kata dalam Bahasa Indonesia. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Kridalaksana, Harimurti. 2008. Kamus Linguistik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. Mahsun. 2005. Metode Penelitian Bahasa: Tahapan Strategi, Metode, dan Tekniknya. Jakarta: Rajawali Press.

Muslich, Masnur. 2008. Tata Bentuk Bahasa Indonesia: Kajian ke Arah Tatabahasa Deskriptif. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Ngafenan, Mohamad. 1985. Istilah Tatabahasa Indonesia. Klaten: PT Intan.

Ramlan, M. 1980. Kata Depan atau Preposisi dalam Bahasa Indonesia. Yogyakarta: UP Karyono.

Ramlan, M. 1981a. Ilmu Bahasa Indonesia: Morfologi Suatu Tinjauan Deskriftif.

Yogyakarata: CV Karyono.

Ramlan, M. 1981b. Ilmu Bahasa Indonesia: Sintaksis. Yogyakarta: CV Karyono. Sudaryanto. 1983. Linguistik: Esai tentang Bahasa dan Pengantar ke dalam Ilmu Bahasa.

Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Sudaryanto. 1993. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa: Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan secara Linguistis. Jakarta: Duta Wacana University Press.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta. Sugono, Dendy. 1986. Berbahasa Indonesia Dengan benar. Jakarta: CV Kilat Grafika.

Sukini. 2010. Sintaksis: Sebuah Panduan Praktis. Surakarta: Yuma Pustaka.

Verhaar, J.W.M. 2010. Asas-Asas Linguistik Umum. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Downloads

Published

2022-12-08

How to Cite

Apok Sujaji. (2022). PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA DI APLIKASI KOMUNIKASI “ZOOM MEETING” DALAM WUJUD BENTUK LINGUISTIK. PUSTAKA: Jurnal Bahasa Dan Pendidikan, 3(1), 27–36. https://doi.org/10.56910/pustaka.v3i1.280