PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DAN MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA (MBKM): STUDI KASUS DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI
DOI:
https://doi.org/10.56910/pustaka.v2i3.204Keywords:
Pembelajaran, Kewirausahaan, Merdeka Belajar Kampus Merdeka.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran kewirausahaan dan merdeka belajar kampus merdeka (MBKM) di program studi pendidikan biologi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian merupaknan mahasiswa program studi pendidikan biologi berjumlah 4 orang. Instrument dalam penelitian yakni lembar observasi, pedoman wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari – Juli 2022. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa mahasiswa yang telah mengikuti mata kuliah kewirausahaan dan mengikuti kurikulum MBKM pada Studi Independen Bersertifikat , di Binar Academy khususnya pada kelas Product Management menunjukkan bahwa mata kuliah kewirausahaan sangat berkaitan dengan program di binar academy dimana pada mata kulaih kewirausahaan lebih mengutamakan teori dan implementasi secara sederhana, akan tetapi dengan adanya binar academy menjadikan mahasiswa lebih aktif dan kreatif dalam hal memasarkan produk. Sehingga secara tidak langsung mengembangakan soft skill untuk menjadi wirausahawan.
References
Ali, M., & Wahyuni, S. (2021). Student Perceptions Of Outdoor Learning As Environmental Education Process. 7(3), 366–372.
Bayu, D., Putra, A., Adiwaty, M. R., Mengajar, K., Merdeka, M., Mahasiswa, P., & Muda, P. (2022). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PADA PROGRAM STUDI INDEPENDEN BIDANG PRODUCT MANAGEMENT DI PT . 2(1), 469–477.
Dirjen Dikti Kemendikbud. (2020). Buku Panduan Pelayanan Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Merdeka Belajar-Kampus Merdeka, 1–33. http://dikti.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2020/04/Buku-Panduan-Merdeka-Belajar-Kampus-Merdeka-2020
Jayadi, J., Triastuti, Y., & Prasilowati, S. L. (2020). Efektivitas Pembelajaran Kewirausahaan. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 22(01), 33. https://doi.org/10.33370/jpw.v22i01.369
Jusniaty, J., Baharuddin, B., & ... (2022). Program Pelatihan Bahasa Inggris Dan Kewirausahaan Bagi Pemuda dalam Mendukung Tercapainya Pembangunan Berkelanjutan Di Kecataman Sinjai Timur. Idea …, 2(03), 124–131. http://ideapengabdianmasyarakat.ideajournal.id/index.php/ipm/article/view/129%0Ahttps://ideapengabdianmasyarakat.ideajournal.id/index.php/ipm/article/download/129/63
Muharam, H. (2019). Orientasi Kewirausahaan dan Karakteristik Perusahaan terhadap Perkembangan Usaha ( Studi pada Industri Kecil Bidang Agro dan Hasil Hutan di Kabupaten Garut ). Jurnal Wacana Ekonomi, 18(2), 72–87.
Nursita, L. (2021). Dampak Mata Kuliah Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 7(3), 83. https://doi.org/10.32884/ideas.v7i3.401
Suryaman, M. (2020). Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 1(1), 13–28. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/semiba/article/view/13357
Suwandi, S. (2020). Pengembangan Kurikulum Program Studi Pendidikan Bahasa (dan Sastra) Indonesia yang Responsif terhadap Kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka dan Kebutuhan Pembelajaran Abad ke-21. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 1(1), 1–12. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/semiba/article/view/13356