Peran Kepala Sekolah Sebagai Pemimpin Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di Ma Muhammadiyah Nangahure
DOI:
https://doi.org/10.56910/pustaka.v2i3.202Keywords:
peran kepala sekolah, pemimpin, kinerja guru.Abstract
Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perankepala sekolahterhadap kinerja guru di MAMuhammadiyah Nangahure. Peneliti menggunakan metode penulis kaulitatif penelitian ini menitik beratnya pada hasil pengamatan, dokumen, wawancara informen yang terpilih. Hal ini dikarenakan peneliti ingin mengambarkan kondisi real dilapangan serta melakukan analisis makna secara mendalam mengenai bagaimana peran kepala sekolah sebagai pemimpin dalam meningkatkan kinerja guru di MA Muhammadiyah Nangahure. Bentuk peran yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru secara keseluruh sudah menjalankan perannya dengan baik, walaupun ada kekurangan berdasarkan hasil wawancara, observasi dan dokumentasi.
References
Abdus Salam, 2014. Manajemen Insani Dalam Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka
Pelajar.
Andang,2014. Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah, Konsep Strategi &
Inovasi Menuju Sekolah Efektif, Jakarta, Arruz Media.hlm.76
Anwar Prabu Mangkunegara, 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT Remaja Rodakarya.
Aspizain Chaniago:2017 Teknik Pengambilan Keputusan Lentera Ilmu Cendikia.
Jakarta.
Agus Maimun dan Agus Zainul Fitfi, 2010, Madrasah Unggulan Lembaga Pendidikan Alternatif di Era Kompetitif, ( Malang: UIN MALIKI PRESS) hlm.180
Wibowo, Agus. 2014. Manager Dan Leader Sekolah Masa Depan. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Chaeruman, U. A, 2017. PEDATI Model Desain Sistem Pembelajaran Blended. Panduan Merancang Mata Kuliah Daring SPADA Indonesia.
Danim, S.Visi Baru. Manajemen Madrasah: Dari Unit Birokrasi ke Lembaga Akademik. Jakarta: Bumi Aksara.
Devi Yoseph, H, Parijo, 2013. Peranan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Proses Belajar Mengajar Guru IPS di Mts. Jurnal pendidikan dan pembelajaran untan.
Donni Juni Periansa dan Rismi Somad, 2014, Manajemen Supervisi dan Kepemimpinan Kepala Sekolah (Bandung: Alfaberta).
Daryanto. 2011. Kepala Sekolah Sebagai Pemimpin Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Erjati Abbas, 2017, Magnet Kepemimpinan Kepala Sekolah Madrasah Terhadap Kinerja Guru, Jakarta: Alex Media Komputindo.
Husaini Usman. 2012. Kepemimpinan Pendidikan Kejuruan. Yogyakarta. UNY Press.
Jam’an Santori dan Aan Komariah, 2011. Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta.
Kasmir, 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori dan Praktik), Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Kementerian Pendidikan Nasional. Surat Edaran Nomor 15 tahun 2020 tentang Proses Pembelajaran dilaksanakan dirumah (Jakarta : PT. Armas Putra Jaya, 2020).
Lumban Gaol, N. T. 2017. Teori dan implementasi gaya kepemimpinan kepala sekolah. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(2), 213- 219.
Khoid Ummul, 2016, Defenisi Kepala Sekolah, (Bandung: Remaja Rosdakarya), h.97.
Mujamil Qomar, 2013, Strategi Pendidikan Islam, (Jakarta:Erlangga), 168.
Mulyasa,E, 2013, Menjadi kepala Sekolah Profesional, Bandung: Remaja Rodaskarya, hlm,97.
Mulyasa, 2013. Uji Kompetensi dan Penilaian Kinerja Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Momon Sudarman, 2011. Profesi Guru; Dipuji, Dikrtis, dan Dicaci. Surabaya: Rajawali pers.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 13 Tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah.
Rusman,2012, Manajemen Kurikulum, Jakarta: Rajawali Pers, h.10
Suhardiman, B. 2012. Studi Pengembangan Kepala Sekolah: Konsep dan Aplikasi. Jakarta: Rineka Cipta
Rukaisih A.Maolani,2015. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Susanto, A. 2016. Konsep, Strategi, dan Implementasi Manajemen Peningkatan Kinerja Guru. Jakarta: Prenademedia Group.
Supardi, 2016. Kinerja Guru. Jakarta: Rajawali Pers.hlm. 40
Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Surat Edaran nomor 4 tahun 2020 tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran coronavirus disease (COVID-19), jakarta 24 maret 2020 Mentri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Undang-Undang Pemerintah Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Undang- Undang RI Nomor 14 Tahun 2015 Tentang Guru dan Dosen & Peraturan Mendiknas Nomor 11 Tahun 2005. Bandung: Citra Umbara.
Veithzal Rivai.2014 Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Jakarta: PT Grafindo Persada.
Wibowo, A. 2012. Pendidikan Karakter, Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Yanti, F. A., Mundilarto, M. P., & Kuswanto, H. (2019). Teori Dan Aplikasi Model Cooperative Research Project Based Learning di Perguruan Tinggi. Yogyakrta: Gre Publishing