Motivasi Belajar Mahasiswa Terhadap Digitalisasi Pembelajaran Bahasa Inggris di Masa Merdeka Belajar Kampus Merdeka

Authors

  • Roni Juliansyah Universitas Mahkota Tricom Unggul
  • Rosihan Arbi Said Politeknik LP3I Medan
  • Masniati Murni Ritonga Politeknik LP3I Medan

DOI:

https://doi.org/10.56910/pustaka.v2i4.199

Keywords:

Pembelajaran Bahasa Inggris, Motivasi Belajar, Merdeka Belajar Kampus Merdeka, Digitalisasi.

Abstract

Kehadiran Virus Corona atau yang akrab dikenali dengan Covid-19 telah merubah segala aspek kehidupan, terutama proses belajar mengajar. Peserta didik dan pengajar di Indonesia yang terbiasa melakukan proses belajar mengajar dengan tindakan kelas dan kontak fisik harus beradaptasi ke dunia pembelajaran digital. Ini tentunya bukanlah hal yang kecil bagi pengajar maupun peserta didik. Hal tersebut menjadi satu amukan pada diri peneliti untuk menindaklanjuti fenomena yang terjadi. Adapun Fenomena yang terjadi yaitu 1) baik mahasiswa maupun dosen sulit beradaptasi ke sistem digitalisasi pembelajaran, dibuktikan dengan adanya dosen yang tidak bisa menghidupkan video pada saat pembelajaran online, tidak dapat membagikan layar ataupun menggunakan background di zoom meeting mereka. Terlebih sebahagian besar dosen Universitas Mahkota Tricom Unggul tidak dapat membuat laporan mengajar secara digital,sehingga tidak ditemukan adanya laporan mengajar digital selama pembelajaran daring. 2) Dari sisi mahasiswa, ditemukan adanya mahasiswa yang belum mempunyai laptop dan HP yang mendukung kapasitas dalam menjalankan zoom meeting. 3)Terkhusus bagi mahasiswa  yang mempelajari bahasa asing (bahasa Inggris), hal ini sungguh menjadi masalah besar karena seyogyanya mereka butuh interaksi langsung dengan pengajar (dosen) kini harus mengalami bias jarak dan media yang mengakibatkan nilai pencapaian bahasa Inggris mereka menurun drastis (dibuktikan dengan data skunder dari akademik). Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk melihat bagaimana motivasi belajar mahasiswa dalam mengikuti digitalisasi pembelajaran bahasa Inggris dimasa merdeka belajar. Penelitian akan dilakukan dengan survey sederhana dengan mengaplikasikan kuesioner sebagai data kuantitatif dan hasil penelitian akan dijabarkan secara deskriptif. Adapun responden akan diambil dari seluruh mahasiswa tingkat II dan III Program Studi D3 Akuntansi dan S1 Manajemen yang berjumlah 63 orang. Isian kuesioner motivasi belajar disusun berdasarkan Indikator motivasi menurut Fitriyani (2020). Penelitian ini menemukan bahwa terdapat 75% (47) responden merespon kuesioner motivasi dengan negatif, hal ini membukatikan bahwa mahasiswa Akuntansi dan Managemen Universitas Mahkota Tricom Unggul memiliki motivasi yang tidak baik terhadap digitalisasi pembelajaran bahasa Inggris dimasa kampus merdeka merdeka belajar dikarenakan oleh keterbatan yang ada untuk menjalankan digitalisasi pembelajaran tersebut. Kemudian untuk menjawab permasalahan kedua dalam penelitian ini, 83%  (52) responden menjawab bahwa mereka tertarik untuk menggunakan media pembelajaran seperti Zoom dan video pembelajaran, dimana mereka dapat langsung berinteraksi dan merasakan atmosper pembelajaran yang murni atau natural.

References

Deklara Nanindya Wardani, Anselmus J.E Toenlioe, Agus Wedi. 2018. Daya Tarik Pembelajaran Di Era 21 Dengan Blended Learning. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1 (1), 13-18

Agustina, Menik Tetha & Danang Afi Kurniawan. 2020. Motivasi Belajar Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Psikologi Perseptual.

Muhibbin Syah (2017) Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru (Revisi). Jakarta; Rosda ISBN: 979-514-672-6

Sardirman,A.M. 2015. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Grafindo.

Jumarniati,Pengaruh Motivasi terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMAN dikecamatan Biringkanaya, Universitas Cokroaminoto, Palopo. Prosiding Seminar Nasional. Volume 02, No.1, 2016

S. Suprihatin, Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar mahasiswa, vol. 3, 2015. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 2015 - ojs.fkip.ummetro.ac.id

Mareta Bayani. 2019. Membangun Profesionalisme Guru memasuki Abad 21 melalui Kreativitas Model Pengembangan Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara. ISSN 27160157

Djamarah, S. B. (2008). Psikologi Belajar Edisi 2. Jakarta: Rineka Cipta

Fitriyani,yani,dkk. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Jurnal Penelitian. Vol 6 (2). 165-175

Simatupang, N. I., Sitohang, S. R. I., Situmorang, A. P., & Simatupang, I. M. 2020. Efektivitas Pelaksanaan Pengajaran Online Pada Masa Pandemi Covid-19 . Jurnal Dinamika Pendidikan, 13(2), 197-203.

Astini, N. K. (2020). Pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran tingkat sekolah dasar pada masa pandemi covid-19. LAMPUHYANG, 11(2), 13-25.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2020. Buku Panduan Kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi dan Kemendikbu RI

Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Sudibyo Supardi dan Surahman,2013. Metodologi Penelitian, Trans Info Media, Mundir, Statistik Pendidikan, Pustaka Pelajar, Yogjakarta, 2013, hlm. 9.

Polit, D. F., & Beck, C.T. (2018). Essentials of Nursing Research: Appraising Evidence for Nursing Practice. (9th Ed). Philadelphia: Lippincott Williams.

Downloads

Published

2022-10-14

How to Cite

Roni Juliansyah, Rosihan Arbi Said, & Masniati Murni Ritonga. (2022). Motivasi Belajar Mahasiswa Terhadap Digitalisasi Pembelajaran Bahasa Inggris di Masa Merdeka Belajar Kampus Merdeka. PUSTAKA: Jurnal Bahasa Dan Pendidikan, 2(4), 148–159. https://doi.org/10.56910/pustaka.v2i4.199