Pembelajaran Shorof Program Metode Sebarkan (Semangat Belajar dan Bahasa Arab) di Sekolah Islam Online

Authors

  • Lathifah Insani Institut Agama Islam Az-Zaytun Indonesia
  • Abdur Rahim Institut Agama Islam Az-Zaytun Indonesia
  • Ahmad Asrof Fitri Institut Agama Islam Az-Zaytun Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56910/pustaka.v2i4.192

Keywords:

Pembelajaran online, Shorof, Metode bahasa Arab.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran metode shorof di Sekolah Islam Online dan mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah pembimbing dan peserta program pembelajaran shorof di tingkat dasar. Dari hasil penelitian ini proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik, dengan waktu pembelajaran yang fleksibel dan materi yang dapat diikuti oleh semua kalangan. Namun kegiatan diskusi belum dapat berjalan secara aktif tergantung bagaimana pesertanya karena pembelajaran dalam program ini bersifat mandiri. Sedangkan kelebihan dan kekurangan dari cara ini adalah banyak latihan yang mengasah keterampilan peserta dalam memahami perubahan kata, dalam menghafal wazan peserta tidak diwajibkan menyetorkan hafalannya sehingga peserta masih terbiasa melihat buku dalam mengubah suatu kata untuk mendapatkan makna yang diinginkan.

References

Anwar, M. 2017. Ilmu Sharaf. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Darimi, I. 2017. Teknologi Informasi dan komunikasi Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Efektif. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(2), 111- 121.

Fachrurrozi, A., dan Mahyuddin, E. 2019. Pembelajaran Bahasa Asing. Jakarta: Bania Publishing.

Hanifah, U., & Hajib, Z. A. 2020. Ahdafu Ta'limi al-lughah al a'rabiyah fi manhaji alfain wa tsalatsata 'asyara (dirasah tahliliyah 'ala ma'syir 'alamiyah: aurubiyah wa amrikiyah). al Mahara Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 6, 155.

Izzan, A. 2015. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab (Cetakan Keenam ed.). Bandung: Humaniora.

Kalilullah, M. 2011. Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Aktif (Kemahiran Qira'ah dan Kitabah). Jurnal Sosial Budaya, 8, 152-167.

Moleong, L. J. 2017. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Musthafa, I., dan Hermawan, A. 2018. Metode Penelitian Bahasa Arab. Bandung: PT

Remaja Rosdakarya.

Nur, G. D. 2014. Pembelajaran Vokal Grup Dalam Kegiatan Pembelajaran Diri di SMPN 1 Panumbangan Ciamis. Skripsi, Universitas Pendidikan Indonesia, Jurusan Pendidikan Seni Musik, Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni, Bandung. Retrieved from

http://repository.upi.edu/7374/5/S_SDT_0901886_Chapter2.pdf diakses pada 21 Juni 2021.

Naseha, S. D. 2018. Model Pembelajaran Ilmu Sharaf Dengan Menggunakan Metode Inquiry dan Metode Snowball Tashrif. Jurnal Alfazuna, 3 (1), 104-122.

Safitri, E. 2017. Penerapan Metode Krapyak dalam Pembelajaran Saraf di Pesantren.

Jurnal Al Bayan, 9(2), 47-60.

Susanti, L. 2021. Strategi Pembelajaran Online Yang Inspiratif. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Umar, D. A. 2017. Bahasa Arab Tashrif - Dasar Metode SEBARKAN. Semarang: Pustaka SAIN.

Downloads

Published

2022-10-08

How to Cite

Lathifah Insani, Abdur Rahim, & Ahmad Asrof Fitri. (2022). Pembelajaran Shorof Program Metode Sebarkan (Semangat Belajar dan Bahasa Arab) di Sekolah Islam Online. PUSTAKA: Jurnal Bahasa Dan Pendidikan, 2(4), 129–147. https://doi.org/10.56910/pustaka.v2i4.192