IMPLEMENTASI METODE TATA BAHASA TERJEMAH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS 7 SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) MUHAMMADIYAH HAURGEULIS INDRAMAYU

Authors

  • Julia Julia Institut Agama Islam Az-Zaytun Indonesia (IAI AL-AZIS)
  • Abdur Rahim Institut Agama Islam Az-Zaytun Indonesia (IAI AL-AZIS)
  • Wiena Safitri Institut Agama Islam Az-Zaytun Indonesia (IAI AL-AZIS)

DOI:

https://doi.org/10.56910/pustaka.v2i4.191

Keywords:

Metode tata bahasa terjemah, Pembelajaran bahasa Arab, SMP Muhammadiyah Haurgeulis Indramayu.

Abstract

Jurnal ini mengkaji tentang Implementasi Metode Tata Bahasa Terjemah dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Muhammadiyah Haurgeulis Indramayu. Pokok masalah yang pertama dari penelitian ini yaitu bagaimana implementasi metode tata bahasa terjemah dalam pembelajaran Bahasa Arab di kelas 7 SMP Muhammadiyah Haurgeulis, yang kedua yaitu faktor yang menjadi penghambat dan pendukung implementasi metode tata bahasa terjemah dalam pembelajaran Bahasa Arab di kelas 7 SMP Muhammadiyah Haurgeulis.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memahami bagaimana pembelajaran Bahasa Arab menggunakan metode tata bahasa terjemah di kelas 7 SMP Muhammadiyah Haurgeulis, dan mengetahui faktor yang menjadi penghambat dan pendukung dalam pembelajaran Bahasa Arab dengan penerapan metode tata bahasa terjemah di kelas 7 SMP Muhammadiyah Haurgeulis. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik observasi, wawancara secara mendalam dan dokumentasi kepada guru dan siswa SMP Muhammadiyah Haurgeulis Indramayu yang berjumlah 1 guru dan 5 siswa informan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Bahasa Arab menerapkan metode tata bahasa terjemah lebih banyak memfokuskan pada  Isim, Fi’il dan Huruf, hanya sebagian siswa yang memahami pembelajaran di kelas 7 SMP Muhammadiyah dalam pembelajaran bahasa Arab. Adapun faktor-faktor penghambatnya yaitu (1) dominannya latar belakang siswa bukan dari pendidikan MDA, (2) masih terbatasnya kemampuan siswa dalam bahasa Arab, (3) adanya semangat dan motivasi yang rendah dari siswa dalam belajar dan tidak mau berusaha belajar, (4) lingkungan keluarga siswa dimana terdapat siswa yang tidak tinggal bersama orang tuanya selama menempuh pendidikan, atau adanya siswa yang lebih sibuk untuk membantu orang tuanya sehingga menggangu proses belajar dirumah, (5) fasilitas buku dan media belajar yang kurang memadai di sekolah. Adapun faktor-faktor pendukungnya antara lain, (1) Guru yang mengembangkan pembelajaran dengan memanfaatkan media yang ada, (2) siswa yang rajin belajar dan bisa membaca dan menulis hijaiyah, dan (3) Dukungan orang tua sebagai pihak yang mengetahui karakter siswa.

 

References

Agustina, L. (2019). Analisis Teknik Penerjemah dalam Buku Tata Bahasa Arab Ibtidaiyah 1 Terjemahan Annahwul Wadhih Ibtidaiyah. Skrripsi, Universitas Negeri Semarang, Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Bahasa dan Seni, Semarang.

Amrullah, M. (2016). Analisis Metode Pembelajaran Mufradat di Pondok Pesantren Nurul Haramain Putra Narmada Kabupaten Lombok Barat. Mataram: IAIN Mataram

Anitah, Sri. (2008). Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Anshor, A. M. (2009). Pengajaran Bahasa Arab Media dan Metode-Metodenya. Yogyakarta: Teras.

Arikunto, S. (1995). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, A. (2003). Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Atiyyah, P. A. (2019). Penerapan Strategi Terjemah dalam Pembelajaran Kitab Alfiyyah Kelas 3 Pesantren Mahasiswa AN Najah Purwokerto. Skripsi, IAIN Purwokerto,Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Purwokerto.

Burdah, I. (2004). Menjadi Penerjemah Metode dan Wawasan Menerjemah Teks Arab. Yogyakarta: Tiara Wacana Yogya.

Chaer, A. (2006). Tata Bahasa Praktis Bahasa Indonesia. Jakarta: Rieneka Cipta.

Dahlan, J. (1992). Metode Belajar Mengajar Bahasa Arab. Surabaya: Al-Ikhlas.

Darmawan, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Fachrurrozi, Azis. (2000). Pembelajaran Bahasa Asing Metode Tradisional & Konteporer. Jakarta: Bania Publishing.

Farisi, Z. A. (2011). Pedoman Penerjemah Arab-Indonesia. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Fuad, A. (2018). Implementasi Metode Sorogan dalam Pembelajaran Tahfidzul Qur'an IAIN Salatiga . 1-135.

Hadi, S. (2016). Pemeriksa Keabsahan Data Penelitian Kualitatif Pada Skripsi. Banjarmasin: Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin.

Hermawan, A. (2011). Metodelogi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Rosdakarya.

Holimi, M. (2020). Metode Qowa'id dalam Pembelajaran Menerjemah Bahasa Arab di Pondok Pesantren Bhaitussholihin Probolinggo. Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 59-76.

Iskandarwassid, d. D. (2008). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Jamaludin, d. (2015). Pembelajaran Perspektif Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Laili, R. (2019). Efektivitas Metode Gramatika Tarjamah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Kelas IX di MTS Negeri 1 Kabupaten Magelang Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Yogyakarta.

Mardhotillah, N. F. (2015). Metode Terjemah Tata Bahasa dalam Pembelajaran Membaca Karangan Eksposisi. Jurnal Lokabasa, 141-150.

Muhaimin, A. M. (1993). Pemikiran Pendidikan Islam. Bandung: Trigenda Karya.

Munawir, A.W. (1984). Kamus Al-Munawir Arab Indonesia. Yogyakarta: Al-Munawir.

Moleong, L. J. (2014). Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nur Mufid, d. K. (2016). Buku Pintar Menerjemah Arab Indonesia. Surabaya: Pustaka Progressif

Noor, J. (2012). Metodologi Penelitian Skripsi Tesis Desertasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Raco. (2013). Metode Penelitian Kualitatif Jenis, Karakteristi, dan Keunggulannya. Jakarta: Grasindo.

Rahayu, S. (2020). Implementasi Metode Qowa;id Wa Tarjamah dalam Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab Kelas V MIN 8 Panjang Utara Bandar Lampung. Skripsi, UIN Raden Intan Lampung, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Lampung.

Raihan, M. (2021). Skripsi Penerapan Metode Gramatika Terjemah Pada Pembelajaran Bahasa Arab di Kelas V MIS Sungai Baru Banjarmasin Tengah. Universitas Islam Negeri Antarsasi Banjarmasin, 1-90.

Raswan. (2017). Tamyiz: Model Alternatif Pembelajaran Bahasa Arab Sebagai Bahasa Al-Qur'an. Journal Of Arabic Learning, 18-28.

Roqib, M. (2009). Ilmu Pendidikan Islam: Pengembangan Pendidikan Integratif di Sekolah, Keluarga dan Masyarakat. Yogyakarta: Lkis.

Silalahi, U. (2009). Metodelogi Penelitian Sosial. Bandung: Rafika Aditama.

Sri, A. W. (2011). Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharmad, W. (1982). Pengantar Penelitian Ilmiah. Bandung: Tarsito.

Sunhaji. (2009). Strategi Pembelajaran: Konsep Dasar, Metode, dan Aplikasi dalam Proses Belajar Mengajar. Yogyakarta: Grafindo Litera Media.

Tarigan, D. (1986). Teknik Pengajaran Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Warsito, H. (1992). Pengantar Metodelogi Research. Jakarta: Gramedia.

Weliyani. (2017). Pengaruh Penerapan Grammar and Translation Method Terhadap Hasil BelajarSiswa Kelas IV Pada Mata Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah Ak-Itifaqiah Indralaya. Skripsi, UIN Raden Fatah Palembang, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Palembang.

Downloads

Published

2022-10-07

How to Cite

Julia Julia, Abdur Rahim, & Wiena Safitri. (2022). IMPLEMENTASI METODE TATA BAHASA TERJEMAH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS 7 SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) MUHAMMADIYAH HAURGEULIS INDRAMAYU. PUSTAKA: Jurnal Bahasa Dan Pendidikan, 2(4), 114–128. https://doi.org/10.56910/pustaka.v2i4.191