PENGGUNAAN METODE MIMICRY MEMORIZATION DALAM PENGUASAAN MUFRADAT SISWA KELAS VIII B SMP MUHAMMADIYAH HAURGEULIS
DOI:
https://doi.org/10.56910/pustaka.v2i4.190Keywords:
metode, mufrodat, memorizing.Abstract
Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan metode mimicry-memorization dalam penguasaan mufradat pada pembelajaran bahasa Arab di kelas VIII B SMP Muhammadiyah Haurgeulis, dan faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan metode mimicry-memorization dalam penguasaan mufradat pada pembelajaran bahasa Arab di kelas VIII B SMP Muhammadiyah Haurgeulis. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode mim-mem dalam penguasaan mufradat pada pembelajaran bahasa Arab di kelas VIII B SMP Muhammadiyah Haurgeulis sudah sesuai dengan langkah-langkah kegiatan pembelajaran, terdapat faktor pendukung berupa sarana dan faktor penghambatnya berupa faktor guru, terdiri dari latar belakang pendidikan guru dan pengalaman mengajar guru; dan faktor siswa, yaitu minat siswa, perhatian siswa dan aktivitas siswa.
References
‘Ain, Akhilatul. 2016. Penerapan Metode Mimicry-Memorization Dalam Pembelajaran Mufradat di MTs Asy-Syafi’iyyah Jatibarang Brebes Tahun Pelajaran 2015/2016. Purwokerto: IAIN Purwokerto.
Aini, Syarifah dan Mu’alim Wijaya. 2018. Metode Mimicry-Memorization dalam Meningkatkan Penguasaan Mufradat Peserta Didik di Madrasah. Jurnal Studi Keislaman dan Ilmu Pendidikan. Vol. 6. No. 1. Mei 2018.
Anshor, Ahmad Muhtadi. 2009. Pengajaran Bahasa Arab Media dan Metode-Metodenya.Yogyakarta: Teras.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Asyrofi, Syamsuddin. 2016. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab: Konsep dan Implementasinya. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Binti Maimunah. 2009. Landasan Pendidikan. Yogyakarta: Teras.
Bogdan, Robeert C dan Sari Knopp Biklen. 1982. Qualitative Research for Education: An. Introduction to Theory and Methods. Boston: Allyn and Bacon, Inc.
Faisal, Sanapiah. 1990. Penelitian Kualitatif: Dasar-dasar dan Aplikasinya. Malang: Yayasan Asih Asah Asuh (YA3).
Hamid, M.Abdul dan Mustofa, Bisri. 2012. Metode dan Strategi Pembelajaran Bahasa Arab.Malang: UIN-Maliki Press.
Hartati, Emma Noviana. 2017. Pengaruh Metode Mimicry-Memorization (Mim-Mem Methods) Terhadap Tingkat Kemampuan Pembelajaran Bahasa Arab Kelas 7 dan 8 di MTsN Maguwoharjo Yogyakarta.
Hidayat, A. Aziz Alimul. 2006. Pengantar Kebutuhan Dasar Manusia: Aplikasi Konsep dan Proses Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.
Kridalaksana, Harimurti. 1993. Kamus Linguistik. Jakarta: PT. Gramedia.
Kusnandar. 2011. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Kementerian Agama. 2015. Buku Siswa Bahasa Arab. Jakarta: Kementerian Agama2015.
Lofland, John dan Lyn H. Lofland. 1984. Analyzing Social Settings: A Guide to Qualitative Observation and Analysis, Belmont, Cal: Wads Worth Publishing Company.
Madjid, Abdul. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Moleong, J. Lexy. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Margono. 2000. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT RinekaCipta.
Muhajir, Noeng. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Rake Sarasin.
Nuha, Ulin.2016. Ragam Metodologi dan Media Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Diva Press.
Nuha, Ulin. 2012. Metodologi SuperEfektif Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Diva Press.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sutopo, H.B. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif: Dasar Teori dan Terapannya dalam Penelitian. Surakarta: Univ Sebelas Maret.
Suyadnya, Wayan dan Siti, Khalifah. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Depok: PT Rajagrafindo Persada.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menyimak Sebagai Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.