Pengaruh Lingkungan Sekolah dan Disiplin Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegraan Di Kelas XI PMIA SMA Negeri 4 Pematang Siantar Tahun Ajaran 2022/2023
DOI:
https://doi.org/10.56910/pustaka.v2i4.189Keywords:
Lingkungan Sekolah,Disiplin Belajar,Prestasi Belajar.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh Lingkungan Sekolah dan Disiplin Belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 4 Pematang Siantar Tahun Ajaran 2022/2023. Untuk memperoleh data Lingkungan Sekolah dan Disiplin Belajar, peneliti menggunakan angket sebagai alat pengumpulan data dan yang digunakan adalah angket tertutup disusun secara berstruktur dimana item-item pertanyaan yang diikuti dengan jawaban yang terdiri dari empat buah pilihan. Kualitas instrumen penelitian untuk angket dinilai melalui uji vadilitas dan reabilitas.
Seluruh data dari kedua variabel diatas terlebih dahulu diuji apakah berdistribusi normal atau tidak dengan menggunakan uji kecocokan atau uji chi kuadrat dan ternyata kedua varibel tersebut berdistribusi normal. Langkah selanjutnya adalah pengujian hipotesis dengan menghitung persamaan regresi linier yaitu Y atas X1 adalah = 81,67+ 0,4 X1 artinya bahwa antara variabel X1 linier dengan Y dan Y atas X2 adalah =86,39 + 0,10 X2 artinya bahwa antara variabel X2 linier dengan Y serta Y atas X1 dan X2 adalah =1,15+0,91 X1+ 0,19X2 artinya bahwa antara variabel X1 dan X2 linier dengan Y.
References
Amri, Sofan. 2016. Pengembangan & Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta; PT. Prestasi Pustakaraya
Arikunto, Suharsimi. 2010 & 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta;Rineka Cipta
Davis, Slameto,2010: Belajar & Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta;PT Rineka Cipta
Djamarah, Bahri Syaiful. (Istirani & Intan Pulungan,2020). Ensiklopedi Pendidikan. Medan; Larispa
Farhady & Hatch. (Sugiyono,2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung; Alfabeta
Hamalik,Oemar.2011 perencanaan pembelajaran berdasarkan pendekatan system.jakarta;PT Bumi Aksara
Hasbulah.2012 Dasar-dasar Ilmu Pendidikan.Jakarta Raja Granfindo Persada
Hurlock. (Sofan Amri,2016). Pengembangan & Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta;PT. Prestasi Pustakaraya
Muktar dkk.2019 Manajemen Lingkungan Pendidikan.Jakarta;Uwais Press
Mulyasa. (Istirani & Intan Pulungan,2020). Ensiklopedi Pendidikan. Medan;Larispa
Munandar, Utami. 2014. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta; Rineka Cipta
Musaheri.2011.Pengantar Ilmu Pendidikan, Yogyakarta;ircisod
Nazir.2013. Metode Penelitian.Bogor; Grahayu Indonesia
Rachman, Mamen. (Sofan Amri,2016). Pengembangan & Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta;PT. Prestasi Pustakaraya
Slameto. 2015. Belajar & Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta;PT Rineka Cipta
Sudjana Nana.2010.Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar.Jakarta;PT Sinar Baru Algesindo
Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung; PT Tarsito
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung; Alfabeta
Supandi,Imam.2003 Lingkungan Hidup dan Kelestaraian.Bnadung;PT Alumni
Syah, Muhabbin. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Tambunan Janwar . 2017. Pengantar Pendidikan. Medan:FKIP UHN
Tirtarahardja Umar. 2016. Pengantar Pendidikan.Jakarta;Rineka Cipta
Tu’u. (Sofan Amri, 2016). Pengembangan & Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta; PT. Prestasi Pustakaraya
Undang-Undang Republik Indonesia no 20 Tahun 2003 Sistem Pendidikan Nasional