Pengaruh Lingkungan Sekolah dan Disiplin Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegraan Di Kelas XI PMIA SMA Negeri 4 Pematang Siantar Tahun Ajaran 2022/2023

Authors

  • Yulia Malau Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Wesly Nababan Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Restua Hutahaean Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.56910/pustaka.v2i4.189

Keywords:

Lingkungan Sekolah,Disiplin Belajar,Prestasi Belajar.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh Lingkungan Sekolah dan Disiplin Belajar  terhadap prestasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 4 Pematang Siantar  Tahun Ajaran 2022/2023. Untuk memperoleh data Lingkungan Sekolah dan Disiplin Belajar, peneliti menggunakan angket sebagai alat pengumpulan data dan yang digunakan adalah angket tertutup disusun secara berstruktur dimana item-item pertanyaan yang diikuti dengan jawaban yang terdiri dari empat buah pilihan. Kualitas instrumen penelitian untuk angket dinilai melalui uji vadilitas dan reabilitas.

Seluruh data dari kedua variabel diatas terlebih dahulu diuji apakah berdistribusi normal atau tidak dengan menggunakan uji kecocokan atau uji chi kuadrat dan ternyata kedua varibel tersebut berdistribusi normal. Langkah selanjutnya adalah pengujian hipotesis dengan menghitung persamaan regresi linier yaitu Y atas X1 adalah   = 81,67+ 0,4 X1 artinya bahwa antara variabel X1 linier dengan Y dan Y atas X2 adalah   =86,39 + 0,10 X2 artinya bahwa antara variabel X2 linier dengan Y serta Y atas X1 dan X2 adalah  =1,15+0,91 X1+ 0,19X2 artinya bahwa antara variabel X1 dan X2 linier dengan Y.

References

Amri, Sofan. 2016. Pengembangan & Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta; PT. Prestasi Pustakaraya

Arikunto, Suharsimi. 2010 & 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta;Rineka Cipta

Davis, Slameto,2010: Belajar & Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta;PT Rineka Cipta

Djamarah, Bahri Syaiful. (Istirani & Intan Pulungan,2020). Ensiklopedi Pendidikan. Medan; Larispa

Farhady & Hatch. (Sugiyono,2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung; Alfabeta

Hamalik,Oemar.2011 perencanaan pembelajaran berdasarkan pendekatan system.jakarta;PT Bumi Aksara

Hasbulah.2012 Dasar-dasar Ilmu Pendidikan.Jakarta Raja Granfindo Persada

Hurlock. (Sofan Amri,2016). Pengembangan & Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta;PT. Prestasi Pustakaraya

Muktar dkk.2019 Manajemen Lingkungan Pendidikan.Jakarta;Uwais Press

Mulyasa. (Istirani & Intan Pulungan,2020). Ensiklopedi Pendidikan. Medan;Larispa

Munandar, Utami. 2014. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta; Rineka Cipta

Musaheri.2011.Pengantar Ilmu Pendidikan, Yogyakarta;ircisod

Nazir.2013. Metode Penelitian.Bogor; Grahayu Indonesia

Rachman, Mamen. (Sofan Amri,2016). Pengembangan & Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta;PT. Prestasi Pustakaraya

Slameto. 2015. Belajar & Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta;PT Rineka Cipta

Sudjana Nana.2010.Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar.Jakarta;PT Sinar Baru Algesindo

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung; PT Tarsito

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung; Alfabeta

Supandi,Imam.2003 Lingkungan Hidup dan Kelestaraian.Bnadung;PT Alumni

Syah, Muhabbin. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Tambunan Janwar . 2017. Pengantar Pendidikan. Medan:FKIP UHN

Tirtarahardja Umar. 2016. Pengantar Pendidikan.Jakarta;Rineka Cipta

Tu’u. (Sofan Amri, 2016). Pengembangan & Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta; PT. Prestasi Pustakaraya

Undang-Undang Republik Indonesia no 20 Tahun 2003 Sistem Pendidikan Nasional

Downloads

Published

2022-10-15

How to Cite

Yulia Malau, Wesly Nababan, & Restua Hutahaean. (2022). Pengaruh Lingkungan Sekolah dan Disiplin Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegraan Di Kelas XI PMIA SMA Negeri 4 Pematang Siantar Tahun Ajaran 2022/2023. PUSTAKA: Jurnal Bahasa Dan Pendidikan, 2(4), 90–101. https://doi.org/10.56910/pustaka.v2i4.189