KOMUNIKASI TRI PUSAT PENDIDIKAN UPAYA MENCEGAH KEKERASAN TERHADAP SISWA DI SEKOLAH
DOI:
https://doi.org/10.56910/pustaka.v2i4.171Keywords:
Komunikasi, Tri Pusat PendidikanAbstract
Tripusat pendidikan juga diperlukan agar terjalin kerja sama yang baik serta harmonisasi dan sinkronisasi untuk menciptakan suasana pembelajaran yang baik pula. Tripusat pendidikan itu terdiri atas sekolah (guru, kepala sekolah, siswa), keluarga (orang tua/wali murid), dan masyarakat (komite sekolah, organisasi profesi). Peserta didik yang datang ke sekolah memiliki latar belakang yang sangat beragam dan komplek, sehingga dalam pendekatan edukasinya juga haruslah memandang dari sisi heterogen. Keragaman itu muncul dari kondisi keluarga dengan berbagai permasalahannya, ekonomi, keharmonisan keluarga, begitu juga peserta didik berasal dari lingkungan sosial tempat bergaul yang menganut nilai-nilai sosial yang berbeda. Ketika komunikasi tidak tersambung baik maka akn terjadi mis komunikasi yang akan memunculkan interpretasi yang berbeda dan cenderung untuk melakukan tindakan kekerasan.
Oleh karena itulah, komunikasi yang terbangun dengan baik bersama tri pusat pendidikan guru, kepala sekolah, peserta didik, orang tua/wali murid adalah solusi utama untuk berbagi tanggung jawab dan beban dalam pendidikan. Karena hakikatnya pendidikan itu bukan hanya tanggung jawab guru dan kepala sekolah saja. Kekerasan terjadi di sekolah karena tidak tersambungnya komunikasi antara guru dengan siswa, komunikasi guru dengan orang tua siswa, komunikasi siswa dengan orang tua siswa, komunikasi guru dengan organisasi di sekolah.
References
Effendy, Onong Uchjana. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung : PT Remaja 2006.
Rosdakarya. Mulyana, Deddy. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung : PT Remaja Rosda Karya 2005.
Fajar, Marhaeni. Ilmu Komunikasi Teori & Praktek Edisi Pertama. Yogyakarta : Graha Ilmu 2009.
Zakiah Darajat, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta, Bumi Aksara, 2011
Fudyartanta, Buku Ketaman Siswaan, (Yogyakarta: tp. 1990)
Hamalik, Oemar. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara 2013
James, Peter. Academic Achievement Prediction: Role of Interest in Learning and Attitude Towards School. International Journal of Humanities Social Sciences and Education (IJHSSE). 2014.
Karwati, Euis dan Donni Juni Priansa. Manajemen Kelas Classroom Management Guru Profesional yang Inspiratif, Kreatif, Menyenangkan, dan Berprestasi. Bandung: Alfabeta. 2015
Handayani, Tutut. Membangun Komunikasi Efektif Untuk Meningkatkan Kualitas Dalam Proses Belajar Mengajar. TA’DIB, Vol. XVI, No. 02, Edisi Nopember 2011. http://download.portalgaruda.org/arti cle.php. 2011.
Rian Damariswara Karimatus Saidah, Kukuh Andri Aka, Nilai-Nilai Kearifan Lokal Masyarakat Indonesia Dan Implementasinya Dalam Pendidikan Sekolah Dasar (Banyuwangi: LPPM Genteng Banyuwangi, 2020