Analisis Psikologi Sastra dalam Naskah Drama dan Relevansinya dengan Pembelajaran Bahasa Indonesia

Authors

  • Radita Rahmawati Universitas Siliwangi
  • Ghina Ayu Salsabila Universitas Siliwangi
  • Rizka Maulidania Universitas Siliwangi
  • Retna Ayu Ratu Gumilang Universitas Siliwangi
  • Adita Widara Putra Universitas Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.56910/pustaka.v4i3.1451

Keywords:

Literary psychology, Id, Ego, Super Ego

Abstract

This research aims to analyze the psychology of literature contained in the drama Penambang Emas by Budi Riswandi. This research was conducted using qualitative methods and analysis techniques for psychology aspects of literature to analyze the drama script. The data used is the drama script Penambang Emas by Budi Riswandi. Data were analyzed using a literary psychology approach. By using a psychology approach, readers can understand the inner conflict contained in literary works. The results of the research show that the drama script has 12 data, namely id totaling 4 data, ego totaling 4 data, and super ego totaling 4 data.

References

Afidah, S., Wardhani, I. S. K., William, N., Pratiwi, D. J., & Puspasari, Y. (2023). Pengaruh Metode Bermain Peran Untuk Meningkatkan Literasi Finansial Pada Siswa Kelas V Sdn 1 Tawing. TANGGAP : Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Dasar, 3(2), 86–93. https://doi.org/10.55933/tjripd.v3i2.593

Agustin, P., & Adi Winanto. (2023). Efektivitas Model Discovery Learning dan Problem Based Learning dalam Rangka Peningkatan Kemampuan Literasi Numerasi Mapel IPAS Kelas IV SD. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 800–813. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5471

Ahmadi, A. (2015). Psikologi Sastra. Surabaya: Unesa University Press.

Aji. W. N. (2016). Model Pembelajaran Dick and Carrey dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Kajian Linguistik dan Sastra 1(2), 119-126.

Alman, A., Tatang, H., Prabawanto, S., & Kurino, Y. D. (2023). Literasi Statistik Dalam Pembelajaran Matematika SD Melalui Kurikulum 2013. 6(3), 1454–1466. https://doi.org/10.31949/jee.v6i3.6351

Amrizal, A. W., dkk. (2021). Pemanfaatan Teks Drama Bunga Rumah Makan Karya Utuy Tatang Sontani dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA (Kajian Psikologi Sastra dan Nilai Pendidikan). Basastra: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 9(2), 276-293. Doi: 10.20961/basastra.v9i2.47376 3q.

Anggi Pratiwi dkk., 2009, Implementasi Literasi Budaya dan Kewargaan sebagai Solusi Disinformasi Pada Generasi Millennial Di Indonesia, Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan. Website:http://jurnal.unpad.ac.id/jkip.

Aprilia, A. & Zulfadhli. (2022). Tinjauan Psikologi Sastra: Kepribadian Tokoh Utama dalam Naskah Drama Pelacur dan Sang Presid Karya Ratna Sarumpaet. PERSONA: Kajian Bahasa dan Sastra. 1(1). 77-89.

Blummer, B. (2017). Digital Literacy Practices Among Youth Populations: A Review of The Literature. Education Libraries. https://doi.org/10.26443/el.v31i3.261

Fauziah, N. F. (2021). Analisis Kepribadian Tokoh Eungtay dalam Naskah Drama Sampek Engtay Karya N. Rintiarno (Kajian Psikologi Sastra). Ilmu Budaya: Jurnal Bahasa. Sastra, Seni, dan Budaya, 5(2), 349-360. Doi: 10.30872/jbssb.v5i2.3426.

Hidayah, N., dkk. (7). Psikologi Pendidikan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Hidayat, A. (2009). Pembelajaran Sastra di Indonesia. Insania. Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 14(2), 221-230. Doi: 10.24090/insania.v 1412.327.

Irmayati. (2018). Pengembangan Buku Ajar Mikrobiologi Berbasis Literasi Sains pada Mahasiswa Jurusan Biologi Fmipa Unimed. Masters thesis, UNIMED.

Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Jakarta. (2017). Literasi budaya dan Kewargaan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Profil Pelajar Pancasila. Diakses dari artikel (online) http://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/profil-pelajar-pancasila.

Mubaru, W. F., dkk. (2019). Drama dalam Drama. Bogor. Penerbit Langit Arbitrer.

Putra, A. W. (2022). Ini Drama: Apresiasi dan Produksi Pertunjukannya. Tasikmalaya: Langgam Pustaka.

Riswandi, B. (2022). Benang Merah Prosa. Tasikmalaya: Langgam Pustaka.

Safitri, F. N. (2021). Analisis Kejiwaan Tokoh Nuning dalam Naskah Drama Nuning Bacok Karya Andy Sri Wahyudi (Kajian Psikologi Sastra). Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa dan Sastra, 7(2), 650-662. Doi: 10.30605/onoma.v7i2.1353.

Sehandi, Yohanes. (2018). Mengenal 25 Teori Sastra. Yogyakarta. Penerbit Ombak.

Suralaga, F. (2021). Psikologi Pendidikan: Implikasi dalam Pembelajaran. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Suryaman, M. (2010), Pendidikan Karakter melalui Pembelajaran Sastra. Jurnal Cakrawala Pendidikan 1(3). Doi: 10.21831/cp.v 113.240

Published

2024-06-04

How to Cite

Radita Rahmawati, Ghina Ayu Salsabila, Rizka Maulidania, Retna Ayu Ratu Gumilang, & Adita Widara Putra. (2024). Analisis Psikologi Sastra dalam Naskah Drama dan Relevansinya dengan Pembelajaran Bahasa Indonesia. PUSTAKA: Jurnal Bahasa Dan Pendidikan, 4(3), 65–76. https://doi.org/10.56910/pustaka.v4i3.1451