Menganalisis Pembelajaran Multikultural Pada Paud

Authors

  • Alimni Alimni Universitas Fatmawati Soekarno Kota Bengkulu
  • Ade Febrianti Valentina Universitas Fatmawati Soekarno Kota Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.56910/pustaka.v4i2.1249

Abstract

The concept of education must be able to meet the urgent needs of the Indonesian people today to reconstruct Indonesia's national culture which consists of ethnic and cultural diversity. In this context, the concept of multicultural education could be an alternative considering that multicultural education looks at society at large in terms of its differences. The multicultural education paradigm includes subjects regarding injustice, poverty, oppression and underdevelopment of minority groups in various social, cultural, economic and educational fields.

References

Abdulhak, Ashak. Memposisikan Pendidikan Anak Usia Dini dalam Sistem Pendidikan Nasional, Buletin PAUD, Jurnal Ilmiah Anak Usia Dini, Edisi 03 Desember 2006 Jakarta: PAUD, Dirjen, PLSP, Depdiknas, 2007

Arifin, Muzayin. Hubungan Timbal Balik Pendidikan Agama di Lingkungan Sekolah dan Keluarga Jakarta: Bulan Bintang, 1980

Asy’arie, Musa. Pendidikan Multikultural dan Konflik Bangsa,http://www. Idiomachino.com.google.htm.

Dawam, Ainurrafiq. Emoh Sekolah Yogyakarta: Inspeal Ahimsa Karya Press, 2003

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia Jakarta: Balai Pustaka; 1997 Harto, Kasinyo. Model Pendidikan Agama islam Berbasis Multikultural (Cet. III; Palembang: Excelent Publishing, 2014 Http.www. google, html.

Dewi, Siti Malaiha. Pengembangan Model Pembelajaran Responsif Gender di PAUD AININA Mejobo Kudus, Jurnal Thufula, STAIN Kudus, Vol. 1, Nomor 1, JuliDesember 2013

Dialektika : Jurnal Pemikiran Islam dan Ilmu Sosial | Vol. 11, No. 02 | Oktober 2018 Mahfud, Chairul. Pendidikan Multikutural Cet, III; Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009

Hamid Muhammad, Fakultas Psikologi UGM, Diakses tanggal 18 September 2017

Mudzhar, Atho. Tantangan Kontribusi Agama dalam Mewujudkan Multikulturalisme di Indonesia, dalam Jurnal Multikutural dan Multireligius, Vol. III, Nomor 9, Janurai Maret 2004

Munawwir, A. Warson. Kamus al-Munawwir Cet. I. Yogyakarta: Unit Pengadaan Bukubuku Ilmiah Keagamaan, 1984

Mursid, Belajar dan Pembelajaran PAUD Cet. I; Bandung: Remaja Rosdakarya, 2015

Musbikin, Imam. Buku Pintar PAUD: Tuntunan Lengkap dan Praktis Para Guru PAUD Cet. I; Yogjakarta; Laksana, 2010

Rahim, Rahmawaty. Signifikansi Pendidikan Multikultural Tehadap Kelompok Etnis Minoritas, Jurnal Analisis, Vol. XII, Nomor 1, Juni 2012

Republik Indonesia, Undang-Undang RI, No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Cet. IV; Jakarta: Sinar Grafika, 2011

Rodger, Alex R. Educational and faith in open Society britain: The handel Press, 1982

Saleh, Abdul Rahman.Pendidkan Agama & Pembangunan Watak Bangsa Ed. 1. Cet. I, Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2005

Salim, Burhanudin, Pengantar Pedagogik; Dasar Ilomu mendidik Jakarta: Rineka Cipta, 1997

Sanders, Richard, J. And Griffon. Pluralism and Horizon Grand Rapids: Wlliam B. Eedmans publishing Company, 1993

Sealy, John. Religious Education Philosophical Perpective London: George Allen & Unwin: 1986

Selanno, Jems. http. www. Google, html. Diakses pada tanggal 29 September 2017

Suryosubroto, Berapa Aspek Dasar-Dasar Kependidkan (Edisi Revisi; Jakarta: Rineka Cipta; 2002

Susilo, Setiadi. Pedoman Administrasi PAUD Cet. I; Jakarta; Bee Media Pustaka, 2016

Syah, Muhibbin.Psikologi dengan Pendekatan Baru (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2010

Tan, Mely G. Agama dan Hubungan antar Etnis di Indonesia, dalam Jurnal Multikultural dan Multireligius, Vol. III, Nomor 9 Januari-Maret 2004

Downloads

Published

2024-01-12

How to Cite

Alimni Alimni, & Ade Febrianti Valentina. (2024). Menganalisis Pembelajaran Multikultural Pada Paud . PUSTAKA: Jurnal Bahasa Dan Pendidikan, 4(2), 58–67. https://doi.org/10.56910/pustaka.v4i2.1249