PENGARUH PRICE DISCOUNT DAN BONUS PACK TERHADAP PERILAKU IMPULSE BUYING
DOI:
https://doi.org/10.56910/jumbiwira.v2i1.527Keywords:
Price Discount, Bonus Pack, Impulse BuyingAbstract
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui dan menganalisis pengaruh price discount dan bonus pack secara parsial dan simultan terhadap perilaku impulse buying pada konsumen Indomart. Metode dalam penelitian ini menggunakan data primer yang diambil dari penyebaran kuesioner kepada 100 orang responden. Dengan alat analisis yang digunakan yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik yang meliputi uji regresi linier berganda, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas dan uji hipotesis yang meliputi uji t (uji parsial), uji f (uji simultan) dan uji determinasi yang diolah dengan SPSS v.26.
Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa secara positif dan signifikan price discount berpengaruh terhadap perilaku impulse buying pada konsumen Indomart, variabel bonus pack berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap perilaku impulse buying pada konsumen Indomart, serta variabel price discount dan bonus pack secara simultan berpengaruh terhadap perilaku impulse buying pada konsumen Indomart.
References
Artana, I. P. W., Wisesa, I. G. B. S., Setiawan, I. K., Utami, N. L. P. M. P., Yasa, N. N. K., & Jatra, M. 2019. Pengaruh Store Atmosphere, Display Product, dan Price Discount terhadap Impulse Buying (Studi Kasus pada Indomaret di Kota Denpasar). E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 369. https://doi.org/10.24843/eeb.2019.v08.i04.p03
Belch, G.E & Belch, M.A. 2009. Advertising and Promotion: An Integrated Marketing Communication Perspective. Ninth Edition. New York: McGraw Hill
Clow, K. E., & Baack, D. E. 2012. Integrated Advertising, Promotion and Marketing Communications. Prentice Hall PTR.
Mishra. 2011. Awareness and Usage of Promotional Tools by Malaysian Consumers: The Case of Flow Involvement Products. Management research News, 29(1/2), pp.28-40.
Pangestuti, E., & Trifiyanto, K. 2021. Pengaruh Point of Purchase Display Price Discount dan Bonus Pack terhadap Impulse Buying. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 3(1), 124–137. https://doi.org/10.32639/jimmba.v3i1.770
Kusumandaru, A. V. 2017. Pengaruh Price Discount, Bonus Pack dan In-Store Display terhadap Impluse Buying Matahari. Jurnal Ilmu Riset Manajenen, 6(9).
Kusuma A, Sudrajat M., & Kurniawan F.R. (2018). Pengaruh Price Discount dan Bonuspack terhadap Impulse Buying (Studi Kasus pada Indomaret Unit Dirgahayu). Jurnal Manajemen & Kewirausahaan, 3(2). https://indomaret.co.id/home/index/sejarah-visi
Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller. 2016. Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2. Jakarta: PT. Indeks
Lestari, S. I. P. 2018. Pengaruh Price Discount dan Bonus Pack terhadap Impulse Buying melalui Nilai Hedonik di Carrefour Surakarta. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 7(2). https://doi.org/10.30588/jmp.v7i2.362.
Pangestuti, E., & Trifiyanto, K. 2021. Pengaruh Point of Purchase Display Price Discount dan Bonus Pack terhadap Impulse Buying. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 3(1), 124–137. https://doi.org/10.32639/jimmba.v3i1.770
Razak, M. 2016. Perilaku Konsumen. Alauddin University Press.
Sari, D. R., & Faisal, I. 2018. Pengaruh Price Discount, Bonus Pack, Dan in-Store Display Terhadap Keputusan Impulse Buying Pada Giant Ekstra Banjar. Jurnal Sains Manajemen Dan Kewirausahaan, 2(1).
Sari, A. R., & Nurkasanah, N. 2021. Pengaruh Price Discount terhadap Impulse Buying pada Konsumen Indomaret. VALUE, Vol.2 No.1 Bulan April–September 2021. https://doi.org/10.36490/value.v2i1.183
Sabila, S., & Santoso, B. H. 2018. Pengaruh Price Discount, Bonus Pack, dan IN- Store Display Terhadap Impulse Buying. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 2006.
Sujarweni, W., 2015. SPSS untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Sutisna dan Pawitra. 2017. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya.
Tjiptono, Fandy. 2016. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: ANDI.
Wahid. 2016, October 14. Karakter Unik Konsumen Indonesia. Majalah Marketing. https://www.marketing.co.id/12-karakter-unik-konsumen-indonesia/