Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Citra Merek dan Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Usaha Toko Roti Bunda Habib

Authors

  • Dwi Rumaisah Hasibuan Universitas Labuhanbatu
  • Junita Lubis Universitas Labuhanbatu
  • Nova Jayanti Universitas Labuhanbatu

DOI:

https://doi.org/10.56910/jumbiwira.v4i1.2074

Keywords:

Brand image, Customer loyalty, Price, Product quality, Service

Abstract

This study aims to determine the effect of product quality, price, brand image and service on customer loyalty. The sample in this study was 100 respondents, namely customers of Bunda Habib bakery. This study uses validity test, reliability test, classical assumption test, multiple linear regression test, t test, F test, and coefficient of determination using SPSS 24. The results of the study indicate that product quality partially has a positive and significant effect on customer loyalty at Bunda Habib Bakery, Price partially has a positive and significant effect on customer loyalty at Bunda Habib Bakery, Brand image partially has a positive and significant effect on customer loyalty at Bunda Habib Bakery, Service partially has a positive and significant effect on customer loyalty at Bunda Habib Bakery, and Product quality, price, brand image and service simultaneously have a positive and significant effect on customer loyalty at Bunda Habib Bakery

References

A’yuni, S. G., & Chusumastuti, D. (2021). Pengaruh user interface aplikasi Shopee terhadap minat beli masyarakat. Jurnal Ilmiah Manajemen Informasi dan Komunikasi, 5(1), 49–58. https://doi.org/10.56873/jimik.v5i1.154

Ajijah, N., Harini, D., & Riono, S. B. (2023). Pengaruh brand image, harga, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian (Studi kasus pelanggan pada Toko Roti Gembong Gedhe). Management and Entrepreneurship Research, 1(2), 43–60.

Al Hidayat, R., Charolina, O., & Afriani, W. (2024). Pengaruh kualitas produk, harga, lokasi, dan promosi terhadap kepuasan konsumen pada Toko Kue AHK Keju di Kecamatan Teluk Segara. Jurnal Administrasi Bisnis Nusantara, 3(1), 83–94. https://doi.org/10.56135/jabnus.v3i1.158

Andy, & Elisa. (2022). Pengaruh keragaman produk, kualitas produk dan harga terhadap kepuasan konsumen pada Roti Viva Bakery, Total Persada - Tangerang. Prosiding: Ekonomi dan Bisnis, 2(1), 266–277. https://jurnal.buddhidharma.ac.id/index.php/pros/article/view/1325

Ani, J., Lumanauw, B., & Tampenawas, J. L. A. (2021). Pengaruh citra merek, promosi dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian konsumen pada e-commerce Tokopedia di Kota Manado. Jurnal EMBA, 9(2), 663–674.

Dewi Setia Wardani, Ambarwati, D., & Jatmiko, U. (2022). Pengaruh kualitas produk, kepercayaan, dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pada Toko Roti Dian Jaya Nganjuk. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi dan Bisnis, 1(3), 77–83. https://doi.org/10.51903/jimeb.v1i3.410

Dwi Pratiwi, N., Dimyati, M., & Supeni, N. (2024). Pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan, harga dan lokasi terhadap kepuasan konsumen Rumah Makan Ayam Gephok Pak Giek Jember. Riemba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 2(1), 272–284. https://doi.org/10.31967/riemba.v2i1.1056

Efendi, N., & Hapsari Lubis, T. W. (2022). Analisis pengaruh citra merek, promosi, kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen ritel. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil, 12(1), 21–36. https://doi.org/10.55601/jwem.v12i1.863

Elina, N. Z., Elida, F. S. S., & Fadzil, H. A. (2022). Pengaruh diferensiasi produk, kualitas produk dan citra merek terhadap loyalitas konsumen pada kue tradisional Serabi Pak Raja di Negeri Lama. Journal of Educational and Language Research, 1(11), 2807–2937. http://bajangjournal.com/index.php/JOEL

Evita Maifani, Wahono, B., & Wahyuningtiyas, N. (2023). Pengaruh kualitas produk, citra merek, dan harga terhadap loyalitas konsumen (Studi pada konsumen Citra Kendedes Cake & Bakery). E–Jurnal Riset Manajemen, 12(1), 1407–1414.

Lorinda, I. P., & Amron, A. (2023). Pengaruh kualitas produk, iklan dan citra merek terhadap keputusan pembelian produk Tolak Angin Sidomuncul di Kota Semarang. MBIA, 22(1), 53–64. https://doi.org/10.33557/mbia.v22i1.2238

Mahali, J. A. (2023). Pengaruh kualitas produk, persepsi harga, dan citra merek terhadap minat beli. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 11(2), 247–256. https://doi.org/10.37641/jimkes.v11i2.1780

Mansur, M. J., & Evyanto, W. (2024). Pengaruh citra merek, kepercayaan dan kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan pada Lazada di Kota Batam. SEIKO: Journal of Management & Business, 7(1), 579–591.

Melathi, K. S. (2019). Pengaruh kualitas produk, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian produk outdoor merek Eiger di Kota Surakarta. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi dan Bisnis, 8(1), 44–58. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/79271

Puji Hastuti, A., Rahayu, L. P., Kistiani, A. H., Purwanto, H., & Safitri, U. R. (2024). Pengaruh citra merek, harga dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian jasa pengiriman J&T Express (Studi kasus pada pengguna jasa cabang di J&T Express di Boyolali tahun 2022). Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi, 12(1), 2024.

Rahmani, S., & Paludi, S. (2024). Pengaruh kualitas produk, persepsi harga, dan promosi terhadap kepuasan pelanggan D’Cika Cakes and Bakery. Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis, 19(1), 1–10.

Ramadhani, F. B., Untari, D. T., & Andrian. (2024). Pengaruh kualitas produk, persepsi harga dan promosi terhadap keputusan pembelian di Shanii Konveksi. Jurnal Penelitian Ekonomi Manajemen dan Bisnis (JEKOMBIS), 3(2), 01–16.

Sahara, L., Lestari, S. P., & Barlian, B. (2023). Analisis pengendalian kualitas produk dengan metode statistical quality control (SQC) pada perusahaan Roti Aldina Bakery Kota Tasikmalaya. PPIMAN: Pusat Publikasi Ilmu Manajemen, 1(4), 214–231. https://doi.org/10.59603/ppiman.v1i4.137

Salman, M. S., & Sukarni, S. (2024). Pengaruh kualitas pelayanan, variasi produk dan citra merek terhadap keputusan pembelian masyarakat Banjarmasin di Crystal Bakery. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 10(1), 76–82. https://doi.org/10.35972/jieb.v10i1.1458

Seminar Nasional FEB Unikal 2022. (2022). Prosiding Seminar Nasional FEB Unikal 2022, 394–404.

Sholeh, M. B., & Mulyono, J. (2024). The Bekasi Sister Bakery Business: Membangun kualitas produk, harga, kualitas pelayanan dan promosi terhadap penjualan kotor periode 2019–2023. Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan, 5(2), 6574–6592.

Tarigan, T. P., & Setyanto, E. (2024). Pengaruh citra merek, kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan Ventela di Kecamatan Bekasi Timur. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 3(1), 56–75.

Ulwiyah, M. S. (2023). Jurnal Kajian Ilmu Manajemen, 3(3), 473–479. https://journal.trunojoyo.ac.id/jkim

Downloads

Published

2025-04-30

How to Cite

Dwi Rumaisah Hasibuan, Junita Lubis, & Nova Jayanti. (2025). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Citra Merek dan Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Usaha Toko Roti Bunda Habib. JUMBIWIRA : Jurnal Manajemen Bisnis Kewirausahaan, 4(1), 179–189. https://doi.org/10.56910/jumbiwira.v4i1.2074