SURVEI KEADAAN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DIMASA PANDEMI COVID 19 DI SDN PULUHAN KABUPATEN BANTUL

Authors

  • Muhammad Yusub fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, Universitas Mercu Buana Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.56910/jispendiora.v1i2.63

Keywords:

sarana, prasarana, PJOK, pandemic, covid 19

Abstract

Penelitian ini dilakukan atas dasar permasalahan sarana dan prasarana pendidikan jasmani yang hampir tidak pernah digunakan dalam pembelajaran selama pandemi. Dalam hal ini peneliti melihat fenomena yang terjadi di SDN Puluhan kondisi sarana dan prasarana dimasa pandemic covid 19 yang belum diketahui. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui keadaan sarana dan prasarana Pendidikan jasmani dimasa pandemi Covid 19 Di SDN Puluhan. Penelitian ini kualitatif dengan metode survei. Sumber data yang akan diperoleh seluruh populasi di SDN Puluhan yang menjelaskan jumlah, kondisi sarana dan prasarana pendidikan jasmani. Teknik pengumpulan data dengan dokumentasi dan lembar observasi, analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian sarana dan prasarana untuk cabang atletik di SDN Puluhan Kab Bantul sebesar 41% kategori Cukup Baik. untuk cabang permainan sebesar 74% dalam kategori Baik. untuk cabang aktivitas ritmik sebesar 32% dalam kategori Sangat Kurang Baik. Rerata keadaaan sarana dan prasarana semua cabang olahraga yaitu 49% bahwa pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan pada SDN Puluhan Kabupaten Bantul dalam kategori Cukup Baik.

References

Ani Kurniawati, M. P. (2020). Problematika Aktivitas Pendidikan Jasmani Dan Olahraga Dimasa pandemi (Nurul Fatonah (ed.)). Cahaya Smart Nusantara.

AnwarHidayat. (2012). Penelitian Kualitatif. Statistikian.

Arikunto. (2010). Suharsimi Arikunto.pdf. In Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik-Revisi ke X.

Arikunto dan Suharsimi. (2006). Prosedure Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Asmar S.Pd, . M.Pd, dkk. (2020). Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Berbasis Vidio (Guepedia/La (ed.)). Guepedia.

AZDY, M. A. (2019). SURVEI SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN JASMANI SMAN 11 PANGKEP.

disdikpora. (2021). pembelajaran dimasa pandemi covid 19.

DPR.RI. (2005). UUD RI NO 3 Tahun 2005.

Dr. Ayi suherman M.Pd. (2018). kurikulum pembelajaran penjas. Upi Sumedang Press.

Ii, B. A. B., Sarana, H., & Jasmani, P. (2004). Sarana Olahrga. 9–25.

Imam Paturohman dkk. (2017). Impementasi Model Pembelajaran Penjas Dan Modifikasi Alat (A. setia Lengkana (ed.)). Upi Sumedang Press Dan STKIP Sebelas April SUMEDANG.

Kemdikbud 2020. (2020). SE Mendikbud: Pembelajaran Secara Daring Dan Bekerja Dari Rumah Untuk Mecegah Penyebaran Covid 19.

Kuwabara, M., Harada, K., Hishiki, Y., & Kario, K. (2019). Validation of a wrist-type home nocturnal blood pressure monitor in the sitting and supine position according to the ANSI/AAMI/ISO81060-2:2013 guidelines: Omron HEM-9600T. Journal of Clinical Hypertension. https://doi.org/10.1111/jch.13464

Moh. Mahfud MD. (2003). UU RI NO 20 TAHUN 2003. 105(3), 129–133.

Mursyidto, M. I. (2014). Survei Sarana Dan Prasarana Pendidikan Jasmani Di Sekolah Dasar Negri Se-Kecamatan Seopampang Kabupaten Temanggung. In Implementation Science (Vol. 39, Issue 1).

Penjas., Filsafat. (2018). Filsafat Penjaskes. Filsafat Penjas. http://penjaskesrek.fkip.unsyiah.ac.id/wp-content/uploads/2018/09/filsafat-penjas.pdf

Prof. Dr. H. Andi Ihsan dan Dr. Benny Badaru. (2020). Bahan Ajar Sarpras. Sarana Dan Prasarana Penjaskes, 1–167.

Prof. Dr.Moch Asnawi,M.Pd., dkk. (2022). Desain Besar Olahraga Nasional Menuju Indonesia Emas (M. S. Dr. Heni Widyaningsih (ed.)). JejakPustaka.

Prof. Firmansyah Dlis, M.Pd, .Dkk. (2022). Filsafat Ilmu dalam Perpektif Pendidikan Jasmani Dan Olahraga (Jemi Ilham (ed.)). CV Dapur Kata Kita.

Rifqi, F. W. (2015). Survei Ketersediaan dan Kelayakaan Sarpras Penjasorkes di SMP Negeri se-Kecamayam Susukan Kab. Banjarnegara.

Christopher S. Goldenstein, et. al. “Infrared laser-absorption sensing for combustion gases.” Progress in Energy and Combustion Science, Volume 60, May 2017, Pages 132-176, https://doi.org/10.1016/j.pecs.2016.12.002.

Downloads

Published

2022-08-12

How to Cite

Muhammad Yusub. (2022). SURVEI KEADAAN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DIMASA PANDEMI COVID 19 DI SDN PULUHAN KABUPATEN BANTUL. JISPENDIORA Jurnal Ilmu Sosial Pendidikan Dan Humaniora, 1(2), 94–103. https://doi.org/10.56910/jispendiora.v1i2.63