PENGARUH LIKUIDITAS DAN SOLVABILITAS TERHADAP KINERJA KEUANGAN PADA PT GARUDAFOOD PUTRA PUTRI JAYA TBK. PERIODE 2021

Authors

  • Alvin Andika Putra Universitas Jambi
  • Siti Sarra Universitas Jambi
  • Ratih Kusumastuti Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.56910/gemilang.v3i3.622

Keywords:

kinerja keuangan, likuiditas, solvabilitas, laporan keuangan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh likuiditas dan solvabilitas terhadap kinerja keuangan pada PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk. selama periode 2021. Diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam mengelola likuiditas dan solvabilitas dalam rangka mencapai kinerja keuangan yang optimal. Penelitian ini menggunakan data kuantitatif yaitu data laporan keuangan yang diambil dari situs resmi Bursa Efek Indonesia (BEI) yaitu www.idx.co.id dan situs-situs lainnya yang berhubungan dengan tema penelitian. Berdasarkan hasil analisis deskriptif, dapat diketahui bahwa rata-rata likuiditas perusahaan dalam kondisi sehat. Berdasarkan hasil analisis regresi, menunjukkan bahwa semakin tinggi tingkat likuiditas dan solvabilitas pada PT Garuda Putra Putri Jaya Tbk, semakin baik kinerja keuangan perusahaan. Hal ini berarti bahwa perusahaan dapat mengoptimalkan kinerja keuangannya dengan meningkatkan tingkat likuiditas dan solvabilitas. Dengan meningkatkan tingkat likuiditas, perusahaan dapat meningkatkan kemampuannya dalam membayar hutang dan mengelola aset dengan lebih efektif. Dengan meningkatkan tingkat solvabilitas, perusahaan dapat meningkatkan kemampuannya dalam mengatasi risiko keuangan dan memperoleh dana untuk membiayai kegiatan usahanya.

References

Alicia, D. D., Situmorang, M., & Alipudin, A. (2017). Pengaruh Likuiditas terhadap Profitabilitas pada perusahaan sub sektor semen yang terdaftar di bursa Efek Indonesia periode 2011-2015. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Akuntansi, 4(2), 1-11.

Diana, Lely, and Maria S. Osesoga. (2020). Pengaruh Likuiditas, Solvabilitas, Manajemen Aset, dan Ukuran Perusahaan terhadap Kinerja Keuangan. Jurnal Akuntansi Kontemporer, 12(1), 20-34.

Fitria, Fitria. (2018). Pengaruh Rasio Solvabilitas Terhadap Kinerja Keuangan Pada Sektor Perbankan Di Bursa Efek Indonesia Periode 2012–2016. EKONOMIKA SYARIAH: Journal of Economic Studies, 2(1), 55-62.

Hasan, S., Elpisah, E., Sabtohadi, J., Nurwahidah, M., Abdullah, A., & Fachrurazi, F. (2022). Manajemen keuangan. Bandung: Widina.

Isbanah, Yuyun. (2015). Pengaruh Esop, Leverage, And Ukuran Perusahaan Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Riset Ekonomi dan Manajemen. 15(1). 28

Prasetyo, A. (2020). Analisis Laporan Keuangan: Panduan Praktis Untuk Memahami, Menginterpretasi, dan Menganalisis Laporan Keuangan. Jakarta: Erlangga.

Smith, J., & Johnson, A. (2018). The impact of financial ratios on financial performance: Evidence from the manufacturing sector. Journal of Finance and Accounting, 35(2), 45-62.

Thian, A. (2022). Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Widyatuti, M. (2017). Buku Ajar Analisa Kritis Laporan Keuangan. Surabaya: Jakad Media Publishing.

Downloads

Published

2023-06-09

How to Cite

Alvin Andika Putra, Siti Sarra, & Ratih Kusumastuti. (2023). PENGARUH LIKUIDITAS DAN SOLVABILITAS TERHADAP KINERJA KEUANGAN PADA PT GARUDAFOOD PUTRA PUTRI JAYA TBK. PERIODE 2021. GEMILANG: Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 3(3), 122–132. https://doi.org/10.56910/gemilang.v3i3.622