PENGARUH BRAND IMAGE, FASILITAS BELAJAR, DAN BIAYA PENDIDIKAN TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA MEMILIH PROGRAM STUDI AKUNTANSI SYARIAH FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM IAIN METRO

Authors

  • Lella Anita Institut Agama Islam Negeri Metro
  • Berwin Anggara Institut Agama Islam Negeri Metro

DOI:

https://doi.org/10.56910/gemilang.v2i3.379

Keywords:

Keywords: Brand Image, Learning Facilities, Education Costs, decisions student

Abstract

The research of this study was to provide empirical evidence of the influence of brand image, learning facilities, and education costs on students' decisions to choose the Sharia Accounting Study Program, Faculty of Islamic Economics and Business, IAIN Metro. This study uses a quantitative descriptive method. The population in this study were sharia accounting students at the Faculty of Islamic Economics and Business, IAIN Metro, 2022/2023, with a total of 100 people. Sampling using purposive sampling method. The analysis technique used is the Structural Equation Model (SEM) using the Partial Least Square (PLS) application program version 3.0.m. The results of this study indicate that (1) Brand image has a positive and significant effect on student decisions in choosing the FEBI IAIN Metro accounting study program. (2) Learning facilities have no significant positive effect on student decisions in choosing the FEBI IAIN Metro accounting study program. (3) Brand image has a significant effect on student decisions in choosing the FEBI IAIN Metro accounting study program.

 

References

Artikel Jurnal

Anwar, Chairul dan Budiman, Fredi. 2016. Pengaruh brand image, dan lapangan

pekerjaan terhadap keputusan mahasiswa untuk memilih jurusan

akuntansi pada perguruan tinggi yang ada di Bandar Lampung. Jurnal

Akuntansi dan Keuangan. Vol. 7, No. 2 Halaman 255 – 276.

Desy, Elfitra. 2016. Pengaruh Brand Image, Lokasi dan Fasilitas terhadap

Keputusan Mahasiswa Memilih Universitas Pancabudi (Studi Kasus

Mahasiswa Fakultas Ekonomi). Jurnal Ilmiah “Dunia Ilmu”.Vol 2 No.1.

Yulia, Eka S dan Hairunisya, Nanis. 2019. Biaya Pendidikan dan brand image

terhadap keputusan mahasiswa memilih STKIP PGRI Tulungagung.

Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Sumatera Barat.

Vol.7 No.2 Halaman 119-128.

Buku Teks

Bustami, Bastian dan Nurlela. 2010. Akuntansi Biaya. Edisi kedua. Jakarta: Mitra

Wacana Media.

Fahmi, Irham. 2016. Perilaku Konsumen Teori dan Aplikasi. Bandung :Penerbit

Alfabeta.

Ghozali, I. dan Latan, H. 2015. Partial Least Squares: Konsep, Teknik dan

Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.0. Badan Penerbit Universitas

Diponegoro.Semarang.

Jogiyanto, H,M. dan Abdillah Willy. 2014. Konsep dan Aplikasi PLS (Partial Least

Square) untuk penelitian empiris. BPFE Universitas Gajah Mada.

Kotler, Philip dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran, Terjemahan Bob Sabran

Edisi ke 13. Jilid 1. Jakarta : Erlangga.

Muhroji. 2006. Manajemen Pendidikan. Surakarta: FKIP UMS.

Simamora, Henry. 2006. Manajemen Sumberdaya Manusia. Yogyakarta:

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

Bandung:Alfabeta, CV

Supriyono, S.U. 2000. Akuntansi Manajemen. Edisi ketiga. Yogyakarta: BPFE

Yogyakarta.

Undang-undang Negara Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang

Sistem Pendidikan Nasional.2006. Bandung:Citra Umbara.

Downloads

Published

2022-07-22

How to Cite

Lella Anita, & Berwin Anggara. (2022). PENGARUH BRAND IMAGE, FASILITAS BELAJAR, DAN BIAYA PENDIDIKAN TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA MEMILIH PROGRAM STUDI AKUNTANSI SYARIAH FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM IAIN METRO. GEMILANG: Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 2(3), 236–251. https://doi.org/10.56910/gemilang.v2i3.379