Peran Guru Sebagai Pendidik Yang Profesional Dalam Administrasi Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.56910/gemilang.v3i1.340Keywords:
Guru; Pendidik; Profesional; Administrasi; Peserta Didik.Abstract
Guru merupakan seseorang yang bertanggung jawab dan berperan penting dalam proses menata masa depan peserta didik menuju kesuksesan. Menjadi seseorang yang profesional guru diwajibkan memiliki pengetahuan yang lebih banyak, luas dan mendalam dengan berkomitmen untuk mau terus belajar mempelajari hal-hal baru sepanjang waktu selama masa mengajar. Salah satu masalah dalam menjalani tugasnya sebagai pendidik, guru sering sekali tidak memahami perannya sehingga menimbulkan masalah dalam manajemen peserta didik. Bertitik tolak pada masalah ini, tulisan ini bertujuan memberikan paparan dan gagasan tentang menjadi guru yang profesional dalam administrasi peserta didik. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam tulisan ini ialah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kepustakaan.
References
Anwar. (2018). Menjadi guru profesional (riefmanto (ed.); suwito). prenadamedia group.
Irjus indrawan, dkk. (2022). Manajemen peserta didik. Qiara media.
Kusumaningrum, D., Benty, D., & Gunawan, I. (2019). Manajemen Peserta Didik (Y. Sari (ed.); pertama). PT Raja Grafindo Persada.
Muhammad Rifa’i. (2018). Manajement Peserta Didik. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Nomor 9).
Putri, A. D. K., & Imaniyati, N. (2017). Pengembangan Profesi Guru Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 93. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8109
Setiawan, H. R. (2021). Manajemen Peserta Didik (Upaya Peningkatan Kualitas Lulusan). In Umsu Press.
Shilphy, O. (2019). Sikap dan Kinerja Guru Profesional (Amira dzatin nabila (ed.)). All right reserved.
Supriadi, O. (2009). Pengembangan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar. Jurnal Tabularasa PPS Unimed, 6(1), 27–38.
suyanto, dkk. (2013). Menjadi guru profesional (rusyda fauzana (ed.)). erlangga.