PENGARUH HARGA, PROMOSI, KEPERCAYAAN, DAN PELAYANAN PENJUAL TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MELAKUKAN PEMBELIAN PRODUK SFIDN FITS SECARA ONLINE MELALUI APLIKASI TOKOPEDIA

Authors

  • Grasela Anastasia Mustika UNIVERSITAS MATANA TANGERANG

DOI:

https://doi.org/10.56910/gemilang.v3i1.338

Keywords:

Harga, Promosi, Kepercayaan, Pelayanan Penjual, dan Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh Harga (X1), Promosi (X2),  Kepercayaan (X3) dan pelayanan penjual (X4)  sebagai variabel bebas terhadap Keputusan Pembelian (Y) yang merupakan variabel terikat. Penelitian ini dilakukan karena adanya penurunan penjualan SFIDN FITS pada periode Juli 2022 - Agustus 2022 pada Aplikasi Tokopedia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan memperoleh data dari hasil kuesioner yang telah disebarkan kepada 98 konsumen SFIDN FITS yang telah melakukan pembelian produk SFIDN FITS minimal 1x pada aplikasi Tokopedia. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, maka diperoleh hasil  bahwa Harga (X1), Promosi (X2),  Kepercayaan (X3) dan pelayanan penjual (X4) berpengaruh positif signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y)

References

Thahir, M. H., & Hasniati. (2021). PUBLIC TRUST: DALAM PELAYANAN ORGANISASI PUBLIK KONSEP, DIMENSI DAN STRATEGI. Unhas Press.

Santi, A., & Siti Mardah. (2021). Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis. KEPERCAYAAN DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN JASA GORIDE (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad AL Banjari Banjarmasin), Jilid 7 Nomor 2 Juli 2021, 224 - 231. https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwiOyayGzOD3AhVYIbcAHWcSBdgQFnoECAsQAQ&url=https%3A%2F%2Fejournal.stiepancasetia.ac.id%2Fjieb%2Farticle%2Fdownload%2F492%2F420%2F&usg=AOvVaw2dPsu9Q1it2xO-jku_mPdB

Harmayani, Durahman Marpaung, Amir Hamzah, Neni Mulyani, & Jeperson Hutahaean. (2020). E-Commerce: Suatu Pengantar Bisnis Digital. Yayasan Kita Menulis. https://www.google.co.id/books/edition/E_Commerce_Suatu_Pengantar_Bisnis_Digita/DLjwDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=0

Hidayat, Aziz Alimul., & Geger Sunten. (2021). Cara Mudah Menghitung Besar Sampel. Geger Sunten. https://www.google.co.id/books/edition/Cara_Mudah_Menghitung_Besar_Sampel/qqMaEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=0

Hisan, K., & Khairatunnisa Rizkia. (2021). Jurnal Ekombis Review - Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis. PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEPERCAYAAN MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA SITUS LAZADA (STUDI KASUS PADA MASYARAKAT KOTA LANGSA)., Vol 9(No. 2). https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwihvoTCz-D3AhXq73MBHfOuD-gQFnoECAsQAQ&url=https%3A%2F%2Fjurnal.unived.ac.id%2Findex.php%2Fer%2Farticle%2Fview%2F1370&usg=AOvVaw0yMZ8R_G_d51vUtetj8zFD

Muslimah, S., Rahmad Solling Hamid, & Muhammad Aqsa. (2021, Januari). Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah. NALISIS DAMPAK KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE : PERSPEKTIF MARKETING MIX., Vol. 4(No. 1). https://stiealwashliyahsibolga.ac.id/jurnal/index.php/jesya/article/view/306

Roflin, E., Iche Andriyani Liberty., & Pariyana. (2021). POPULASI, SAMPEL, VARIABEL DALAM PENELITIAN KEDOKTERAN. Penerbit NEM. https://www.google.co.id/books/edition/POPULASI_SAMPEL_VARIABEL_DALAM_PENELITIA/ISYrEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=0

Romindo, Mutaqqin, Didin Hadi Saputra., Deddy Wahyudin Purba., & M. Iswahyudi. (2019). E-Commerce: Implementasi, Strategi dan Inovasinya. Yayasan Kita Menulis. https://www.google.co.id/books/edition/E_Commerce_Implementasi_Strategi_dan_Ino/PirGDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=0

Rozi, I. A., & Khuzaini. (2021). Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM). PENGARUH HARGA, KERAGAMAN PRODUK, KUALITAS PELAYANAN DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI MARKETPLACE SHOPEE., Vol. 10(No. 5). https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwirjM3i0OD3AhXS4HMBHRqHB5UQFnoECAoQAQ&url=http%3A%2F%2Fjurnalmahasiswa.stiesia.ac.id%2Findex.php%2Fjirm%2Farticle%2Fview%2F4017&usg=AOvVaw3zcq37XqSLZPVtdKtEQhcA

Sari, Melia Purwita., Luluk Aulia Rachman., Duan Ronaldi, D., & Vicky F Sanjaya. (2020). Jurnal Enterpreneur dan Bisnis. PENGARUH HARGA, PROMOSI, DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK Y.O.U., Vol. 1(No. 2). http://jurnal.umitra.ac.id/index.php/JEBI/article/view/513

Simanjuntak, M. (2022). Riset Pemasaran. Yayasan Kita Menulis. https://books.google.co.id/books?id=O5heEAAAQBAJ&newbks=0&printsec=frontcover&pg=PA110&dq=kuesioner+adalah&hl=id&source=newbks_fb&redir_esc=y#v=onepage&q=kuesioner%20adalah&f=false

Utami, A. R. (2018). Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan. FAKTOR YANG BERPENGARUH KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK FASHION DI LAZADA PADA MAHASISWA DI JAKARTA., Vol. 1(No. 2). https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwiuhLCh0OD3AhXBW3wKHVNiC8kQFnoECAoQAQ&url=http%3A%2F%2Fjurnal.usahid.ac.id%2Findex.php%2Fkewirausahaan%2Farticle%2Fdownload%2F145%2F137&usg=AOvVaw2vnw-rFaQ43a2AqXW_P1Ds

Wakil, A. (2021). Jurnal Manajemen Dan Bisnis Islam. KEPUTUSAN PEMBELIAN BARANG SECARA ONLINE DITINJAU DARI ASPEK PROMOSI DAN KEPERCAYAAN KONSUMEN, Vol. 2(No. 2). https://journal.ibrahimy.ac.id/index.php/idarah/article/view/1297

Addin Aditya, S.Kom., M.Kom, Yekti Asmoro Kanthi, S.Si., M.AB, & Siti Aminah, S.Si., S.Pd., M.Pd. (2022). METODOLOGI PENELITIAN ILMIAH DALAM DISIPLIN ILMU SISTEM INFORMASI. Penerbit Andi. https://www.google.co.id/books/edition/METODOLOGI_PENELITIAN_ILMIAH_DALAM_DISIP/m7d4EAAAQBAJ?hl=id&gbpv=0

Dr Muhammad Yusuf, SPi, MSi, & Dr Lukman Daris, SPi, MSi. (2019). Analisis Data Penelitian : Teori & Aplikasi dalam Bidang Perikanan. PT Penerbit IPB Press. https://www.google.co.id/books/edition/Analisis_Data_Penelitian_Teori_Aplikasi/qrkREAAAQBAJ?hl=id&gbpv=0

Lailatus Sa’adah, S.E., M.M., & Tyas Nur’ainui, S.M. (2020). Implementasi Pengukuran Current Ratio, Debt to Equity Ratio dan Return on Equity serta Pengaruhnya terhadap Return. LPPM Universitas KH. A. Wahab Hasbullah. https://www.google.co.id/books/edition/Implementasi_Pengukuran_Current_Ratio_De/bRg7EAAAQBAJ?hl=id&gbpv=0

Riyanto, S., & Hatmawan, A. A. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian Di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan Dan Eksperimen. Deepublish. https://www.google.co.id/books/edition/Metode_Riset_Penelitian_Kuantitatif_Pene/W2vXDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=0

Downloads

Published

2022-12-20

How to Cite

Grasela Anastasia Mustika. (2022). PENGARUH HARGA, PROMOSI, KEPERCAYAAN, DAN PELAYANAN PENJUAL TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MELAKUKAN PEMBELIAN PRODUK SFIDN FITS SECARA ONLINE MELALUI APLIKASI TOKOPEDIA. GEMILANG: Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 3(1), 249–267. https://doi.org/10.56910/gemilang.v3i1.338