Analisis Perhitungan Harga Pokok Produksi Menggunakan Metode Full Costing pada Usaha Telangtea

Authors

  • Rossa Amelia Imelda Universitas Muhadi Setiabudi
  • Anisa Sains Kharisma Universitas Muhadi Setiabudi
  • Dumadi Dumadi Universitas Muhadi Setiabudi
  • Hilda Kumala Wulandari Universitas Muhadi Setiabudi

DOI:

https://doi.org/10.56910/gemilang.v5i1.2753

Keywords:

Production Cost, Full Costing, Cost of Goods Sold, Telangtea, UMKM

Abstract

This study aims to analyze the calculation of production costs using the full costing method as the basis for determining the cost of goods manufactured in the TelangTea business. The full costing method calculates all costs associated with the production process, both fixed and variable costs. This study uses a qualitative descriptive approach with data collection techniques through observation, interviews, and documentation. The results of the study indicate that the application of the full costing method produces a higher HPP value than the previous calculation, with a difference of Rp1,725 ​​per cup. Therefore, this method can be a reference for MSMEs such as TelangTea in determining a more appropriate selling price strategy in order to maintain the sustainability and competitiveness of the business.

References

Alexander, S. W. (2025). Penerapan Metode Cost Plus Pricing Berbasis Full Costing dalam Penentuan Harga Jual Jual pada Pabrik Tahu Triple S Riska Artika. https://doi.org/10.58784/mbkk.296

Anggreani, S., & Adnyana, I. G. S. (2020). Penentuan Harga Pokok Produksi dengan Metode Full Costing sebagai Dasar Penetapan Harga Jual pada UKM Tahu AN Anugrah. Jurnal Ilmiah Akuntansi Kesatuan, 8(1), 9–16. https://doi.org/10.37641/jiakes.v8i1.290

Baining, M. E., & Orinaldi, M. (2022). Pokok Penjualan pada Usaha Pengelolaan Es Tebu. Journal.Sinov, 2(2), 90–96.

Cahyani, H., (2021). Analisis Kinerja Keuangan Ditinjau dari Rentabilitas, Likuiditas dan Solvabilitas pada Peternakan Puyuh Petelur Financial Performance Analysis in Terms of Rentability , Liquidity Sumber : Data Primer Diolah Tahun 2021. Journal of Accounting and Fi, 3(2).

Chaerunnisa, T. U. A. (2023). Analisis Pengaruh Harga Produk, Citra Merek , Kualitas Produk, dan Promosi terhadap Minat Beli Produk Sabun Lifebuoy di Minimarket Sari Mulya Kaligangsa. JECMER: Journal of Economic, Management and Entrepreneurship, 1(4), 29–42.

Dewi, N., Dumandi, (2021). Biaya Produksi, Harga Jual terhadap Laba Bersih. Journal of Accounting and Finance, 1(02), 24–35.

Dumadi, Hutapea, V., & Roni Nur Afridah, N. (2021). Pengaruh Biaya Produksi, Harga dan Biaya Promosi terhadap Omzet Penjualan (Studi Kasus: Industri Opak Desa Malahayu). Journal of Accounting and Finance (JACFIN), 3(1), 36–45.

Dumadi, Sugiani, Kharisma, A. S., Afrida, N., & Wulandari, H. K. (2023). Effect Of Production Costs, And Distribution Costs on Turnover Sales (Case Study at PT Sandana Istana Multigas). Jurnal Ekonomi, 12(01), 806–811.

Dunia, F. A., Abdullah, W., & Sasongko, C. (2019). Akuntansi Biaya (5th ed.). Salemba Empat.

Heryanto, H. K., & Gunawan, A. (2021). Analisis Perbandingan Metode Full Costing dan Variable Costing dalam Perhitungan Harga Pokok Produksi. Prosiding The 12th Industrial Research Workshop and National Seminar, 4–5.

Husin. (2022). Pengaruh Biaya Promosi terhadap Pendapatan Hotel Claro Kendari. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan (JAK), 7(2), 73–80.

Juwariyah, N., & Rosyati, R. (2021). Pengaruh biaya promosi dan biaya produksi terhadap laba bersih yang dimediasi oleh volume penjualan (studi pada pt. Unilever Indonesia TBK periode tahun 2015 Jurnal Aktual Akuntansi Keuangan

https://jurnal.polines.ac.id/index.php/akunbisnis/article/view/2662

Kharisma, A. S. (2020). Teori of Planned Behavior terhadap Intensi Untuk Memberi Infaq dan Shadaqah Melalui Aplikasi Financial Technology (Go-Pay). Perada, 3(2), 145. https://doi.org/10.35961/perada.v3i2.181

Nafisah, N., Dientri, A. M., Darmayanti, N., Winarno, W., & Hairudin, H. (2021). Analisis Perhitungan Harga Pokok Produksi dengan Metode Full Costing dan Variable Costing Sebagai Dasar Penetapan Harga Jual Produk. J-MACC : Journal of Management and Accounting, 4(1), 1–15. https://doi.org/10.52166/j-macc.v4i1.2400

Purwaji. (2018). Akuntansi Biaya. Salemba Empat.

Satriani, D., & Kusuma, V. V. (2020). Perhitungan Harga Pokok Produksi dan Harga Pokok Penjualan terhadap Laba Penjualan. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi), 4(2), 438.

Savitri, R. V., & Saifudin, . . (2018). Pencatatan Akuntansi pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Studi Pada Umkm Mr. Pelangi Semarang). JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 5(2), 117–125. https://doi.org/10.35794/jmbi.v5i2.20808

Sundari, W. S., Riono, S. B., & Harini, D. (2022). Analisis Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian di Alfamart Songgom. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Kewirausahaan, 1(2), 180–187.

Utami, A., & Nurayuni, S. (2022). Alokasi Biaya Berdasarkan Produksi dan Perannya Dalam Tujuan Bisnis (Literature Review Akuntansi Biaya). Julnal Manajemen dan Akuntansi, 1–11.

Downloads

Published

2025-07-16

How to Cite

Rossa Amelia Imelda, Anisa Sains Kharisma, Dumadi , D., & Hilda Kumala Wulandari. (2025). Analisis Perhitungan Harga Pokok Produksi Menggunakan Metode Full Costing pada Usaha Telangtea. GEMILANG: Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 5(1), 349–362. https://doi.org/10.56910/gemilang.v5i1.2753