Pengaruh Kenaikan Tarif PPN dan Sosualisasi Tarif PPN terhadap Daya Beli Masyarakat

(Studi Empiris Mayarakat Kecamatan Larangan Kabupaten Brebes)

Authors

  • Bela Dwi Defira Universitas Muhadi Setiabudi
  • Dumadi Dumadi Universitas Muhadi Setiabudi
  • Nasiruddin Nasiruddin Universitas Muhadi Setiabudi
  • Roni Roni Universitas Muhadi Setiabudi

DOI:

https://doi.org/10.56910/gemilang.v5i1.2748

Keywords:

VAT rate inscrease, socialization of VAT rates on people’s purchasing power

Abstract

Purchasing power is the ability of people to buy goods and services to meet their needs. This study aims to analyze the effect of increasing VAT rates and socialization of VAT rates on people's purchasing power. Sampling was obtained using purposive sampling technique, with a sample size of 400 respondents aged 20 years and over and already having jobs. The data analysis method used is data quality test (validity and reliability), classical assumption test (normality, multicollinearity, heteroscedasticity and autocorrelation) for hypothesis testing using multiple linear regression, partial significance test (t test), simultaneous test (F test) and cqoefficient of determination (R2). The results of the study indicate that there is an effect of increasing VAT rates and socialization of VAT rates partially and simultaneously on people's purchasing power.

References

Amalia, M., Azzahra, A., Sari, F. N., Zulma, M. R., & Nugraha, S. R. (2025). Analisis Kenaikan Tarif Pajak Pertambahan Nilai (PPN) terhadap Pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. 2, 1–15.

Amalia, R. J. (2022). Analisis Perilaku Konsumtif dan Daya Beli Konsumen terhadap Belanja Online di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Bisnis Islam, 4(1), 1–16. https://doi.org/10.24239/jiebi.v4i1.87.1-16

Apipah, N., Riono, S. B., & Dumadi. (2022). Edukasi Penetapan Harga Jual bagi Pelaku UMKM Harum Manis Desa Parereja, Brebes. STPKat Publisher, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 1–10.

BPS. (2024). Kabupaten Brebes dalam Angka 2024. BPS Kabupaten Brebes.

Dumadi, D., Riono, S. B., & Mulyamin, M. (2021). Pengaruh Harga Jual dan Merek Produk terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus di Konter Andika Cell Losari). Journal of Economic and Management (JECMA), 2(1), 45–56.

Fitriya. (2025). Barang Mewah Kena PPN 12%.

Fitriyani, N., Roni, R., & Rahmawati, T. (2023). Pengaruh Tarif Pajak, Kualitas Pelayanan Pajak dan Inovasi Pelayanan Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Bumi dan Bangunan. JLEB: Journal of Law, Education and Business, 1(2), 486–494.

Gunawan, M. C., Achmad, G. N., & Rafika, M. (2021). Strategi Komunikasi DJP sebagai Respon Naiknya Tarif PPN Guna Mewujudkan Optimalisasi Penerimaan Pajak di Tahun 2022. Simposium Nasional Perpajakan, 1(1), 125–134.

Hasibullah, N. A., Mursalim, M., & Su’un, M. (2020). Analisis Pengaruh PPn, PPnBM, dan PKB dengan Tarif Progresif terhadap Daya Beli Konsumen Kendaraan Bermotor Roda Empat di Makassar. Journal of Accounting and Finance (JAF), 1(1), 86–101. https://doi.org/10.52103/jaf.v1i1.119

Muliyawati, A., & Sasana, H. (2022). Analisis Determinan Kesejahteraan Masyarakat di Kabupaten/Kota Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Jendela Inovasi Daerah, 5(1), 104–124. https://doi.org/10.56354/jendelainovasi.v5i1.116

Munandar, A., Romli, H., & Aravik, H. (2023). Analisis Komparatif PP Nomor 55 Tahun 2022 terhadap Uu Nomor 7 Tahun 2021 (Studi Kasus Pada PT. Raflesia Energi Utama). Ekonomica Sharia: Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Ekonomi Syariah, 9(1), 95–108. https://doi.org/10.36908/esha.v9i1.908

Nabilla Reza Fitria Farah, & Sapari. (2020). Pengaruh Penerapan E-Filing, Sosialisasi Perpajakan, dan Sanksi Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi , 1–21.

Niken Ayuningrum, Ferdyan Wana Saputra, & Dedy Handoko. (2023). Dampak Kenaikan Ppn 11% Pada Penjualan PT Eloda Mitra Cabang Palembang. Journal Economic Insights, 2(1), 49–56. https://doi.org/10.51792/jei.v2i1.48

Ortax, R. (2025). Daftar Bahan Pokok dan Jasa Premium yang terkena PPN 12%.

Prasetyo, H., & Sari, R. (2023). Dampak Kenaikan PPN terhadap Daya Beli dan Konsumsi Rumah Tangga di Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Kebijakan Publik, 14(1), 45–59.

Putri, M. R. (2022). Implikasi Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2021 tentang Pertambahan Tarif PPN 11% terhadap Pelaku Usaha Kerajinan Lokal di Kota Malang. Al-Muamalat: Jurnal Ilmu Hukum & Ekonomi Syariah, 8(2), 150–161.

Roni, & Pangestu, D. (2020). Pengaruh Return On Equity (ROE) dan Earning Per Share (EPS) terhadap Harga Saham. Journal of Accounting and Finance (JACFIN), 1(1), 30–36.

Runi Hasnidarini, (2024). Pengaruh Sosialisasi Perpajakan dan Sanksi Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Bandung Conference Series: Accountancy, 4(1), 128–133.

Salim, P. W., Sakila, S. J., & Rasji, R. (2023). Penerapan Asas Equality dalam Kebijakan Kenaikan Pajak Pertambahan Nilai. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(4), 9454–9464.

Sam, U., Manado, R., & Telwe, E. J. A. (2022). Implementasi UU HPP Nomor 7 tahun 2021 Dalam Penanganan Pandemi Covid – 19 di Indonesia. Politico: Jurnal Ilmu Politik, 11(4), 211–225.

Situmorang, D. (2022). Analisis Respons Konsumen Terhadap Kenaikan Tarif Pajak Konsumsi. Jurnal Fiskal dan Pajak Indonesia, 11(2), 101–115. https://ejournal.pajak.go.id/index.php/jfpi/article/view/2022

Downloads

Published

2025-07-16

How to Cite

Bela Dwi Defira, Dumadi, D., Nasiruddin, N., & Roni, R. (2025). Pengaruh Kenaikan Tarif PPN dan Sosualisasi Tarif PPN terhadap Daya Beli Masyarakat : (Studi Empiris Mayarakat Kecamatan Larangan Kabupaten Brebes). GEMILANG: Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 5(1), 391–402. https://doi.org/10.56910/gemilang.v5i1.2748