Evaluasi Kontribusi Personal Selling, Strategi Iklan, dan Pelayanan terhadap Keputusan Konsumen untuk Membeli Handphone OPPO di Gerai Halup Cell
DOI:
https://doi.org/10.56910/gemilang.v4i4.2611Keywords:
Advertising, Buying Interest, OPPO, Personal Selling, Service QualityAbstract
This study aims to analyze the effect of personal selling, advertising, and service quality on consumer buying interest in OPPO mobile phones at Halup Cell Store Berau. The research method uses a quantitative approach with a sample of 90 respondents. The results showed that personal selling and service quality had a significant partial effect on buying interest, while advertising did not. Simultaneously, all three variables significantly influenced consumer buying interest.
References
Abdurrahim, M. D. (2019). Manajemen pemasaran strategi, implementasi, dan evaluasi. Deepublish.
Adam, S. (2015). Manajemen pemasaran. Gramedia Pustaka Utama.
Al-Qur'an. (n.d.). Al-Ahzab ayat 70. Quran.com. https://quran.com/id/golongan-yang-bersekutu/70-71 (Diakses 19 Desember 2023)
Al-Qur'an. (n.d.). Al-Hujuraat ayat 6. Quran.com. https://quran.com/id/kamar-kamar/6-13 (Diakses 19 Desember 2023)
Anggit Yoebrilianti. (2018). Pengaruh faktor internal dan eksternal terhadap minat beli konsumen pada produk fashion di Kota Malang. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 57(1), 25-33.
Anggit Yoebrilianti. (2018). Pengaruh promosi penjualan terhadap minat beli produk fashion dengan gaya hidup sebag. [Skripsi, Universitas Multimedia Nusantara].
Anggraini, A. (2021). Manajemen pelayanan prima. Alfabeta.
Assauri, S. (2017). Manajemen pemasaran: Dasar, konsep, dan strategi (Edisi 4). Pt Rajagrafindo Persada.
Baidowi, M. A., & Chairudin, R. (2022). Pengaruh iklan dan personal selling produk susu Prenagen terhadap minat beli susu Prenagen hamil (studi kasus konsumen di RSIA YK Madira Palembang). Jurnal Manajemen Bisnis, 15(2), 111-124.
Buchori, H., & Djaslim, S. (2019). Manajemen pemasaran. Alfabeta.
Candraningrum, D. A. (2020). Pengaruh personal selling terhadap minat beli produk Prulink generasi baru nasabah Prudential Life Assurance Indonesia. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 15(2), 105-114.
Caniago, A., & Rustanto, A. E. (2022). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap minat beli konsumen pada UMKM di Jakarta (studi kasus pembelian melalui Shopee). Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis, 12(1), 1-13.
Danianto, I. (2019). Pengaruh advertising, personal selling dan sales promotion terhadap minat masyarakat wilayah Kota Yogyakarta menggunakan produk pembiayaan gadai emas Bank Syariah Mandiri KCP Pos Yogyakarta [Skripsi, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga].
Daryanto. (2017). Manajemen pemasaran. Gava Media.
Djarwanto, T., & Subagyo, H. (2013). Statistika inferensi untuk penelitian. Pt Gramedia Pustaka Utama.
Djemly, W., Palit, D. W., & Mandey, S. L. (2023). Pengaruh advertising, personal selling dan sales promotion terhadap minat beli konsumen pada produk kosmetik Y.O.U di Matahari Dept. Store Manado Town Square. Jurnal EMBA, 11(1), 465–476.
Fadelan, N. (2020). Penerapan metode EOQ (Economic Order Quantity) sebagai alat pengendalian persediaan pakan ayam pada CV. Berau Satwa di Tanjung Redeb. Accountia Journal (Accounting Trusted, Inspiring, Authentic Journal), 4(2), 93-103.
Ghozali, I. (2013). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 21 (Edisi 5). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Guolla, D. A., et al. (2017). Advertising principles and practice (10th ed.). McGraw-Hill Education.
Hsaan, I. Y. (2017). Pengaruh kualitas produk, harga, dan citra merek terhadap niat beli konsumen [Skripsi, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta].
Kotler, P., & Armstrong, G. (2014). Principles of marketing (14th ed.). Pearson Education Limited.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2017). Principles of marketing (17th ed.). Pearson Education.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management (15th ed.). Pearson Education.
Lind, D. A., Marchal, W. G., & Wathen, S. A. (2002). Statistical techniques in business & economics (11th ed.). Irwin McGraw-Hill.
Minati, S. (2017). Manajemen pemasaran: Teori dan praktik (Edisi 2). Pt Rajagrafindo Persada.
Morissan. (2015). Perencanaan dan strategi periklanan. Prenada Media Group.
Munawaroh, S. (2021). Penerapan akuntansi pertanggungjawaban pada PT. Jasa Raharja (Persero) sub-kantor perwakilan di Kabupaten Berau. Musamus Accounting Journal, 1(4), 32-37.
Munawaroh, S., & Alvionita, M. (2025). Pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel mediasi pada pelanggan Swasana Cafe Berau. JEMMA (Jurnal of Economic, Management and Accounting), 8(1), 19-29.
Munawaroh, S., Ganie, D., & Purwanto, S. A. (2025). Pengaruh transparansi, akuntabilitas, dan partisipasi masyarakat terhadap pengelolaan keuangan desa (studi kasus di Kampung Labanan Makmur Kecamatan Teluk Bayur Kabupaten Berau). JEMMA (Jurnal of Economic, Management and Accounting), 8(1), 60-69.
Munawaroh, S., Ratnawati, T., & Pristiana, U. (2024). The effect of information asymmetry, budget emphasis, individual capacity and self esteem on budget performance with budgetary slack as a mediation variable and budget participation as a moderating variable in regional apparatus organizations in Berau district. Edelweiss Applied Science and Technology, 8(6), 1082-1095.
Naruliza, E., & Laleno, E. A. (2020). Pengaruh periklanan terhadap minat beli konsumen Tokopedia di Kota Palembang. JEMASI: Jurnal Ekonomi Manajemen dan Akuntansi, 16(2), 131-142.
Nashih, M. (2017). Manajemen pemasaran. Mitra Wacana Media.
Nazwa, P., & Edi, S. (2023). Pengaruh personal selling terhadap minat beli produk Halal Network International (studi kasus di Business Center Medan 1 Helvetia). Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 18(1), 27–35.
Nurhidayati, S., Yuliani, M., & Ganie, D. (2023). Pengaruh keberagaman produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Apotek Kanindianra Lestari di Tanjung Redeb. CAM Journal: Change Agent for Management Journal, 7(2), 1–18.
Panjaitan, J. (2016). Manajemen pemasaran. Mitra Wacana Media.
Pinontoan, C. N., & Fadelan, N. (2023). Pengaruh harga dan kualitas produk terhadap minat beli konsumen pada usaha King Madu Borneo di Tanjung Redeb. CAM Journal: Change Agent for Management Journal, 7(2), 60–68.
Priansa, D. J. (2017a). Manajemen pelayanan prima. Alfabeta.
Priansa, D. J. (2017b). Manajemen penjualan: Strategi dan implementasi. Alfabeta.
Putra, J. O. N., & Cahyoadi, B. (2023). Pengaruh periklanan dan kualitas pelayanan terhadap minat kunjungan ulang pada Waterpark Singapura Tulungagung. Indonesian Journal of Strategic Management, 6(2), 145–156.
Riduwan. (2015). Dasar-dasar statistika. Alfabeta.
Riyanto, H. B. (2018). Manajemen kualitas layanan. Andi.
Robinson, R. B. (2016). Personal selling: The profession and the practice (10th ed.). McGraw-Hill Education.
Saputra, R. (2018). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat beli konsumen terhadap produk fashion di Kota Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 17(1), 6–11.
Sayugo Adi, P. (2020). Analisis faktor-faktor yang memotivasi mahasiswa jurusan manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Muhammadiyah Tanjung Redeb dalam berwirausaha. CAM Journal: Change Agent for Management Journal, 4(2), 71–81.
Sayugo, A. (2018). Pengaruh jumlah penduduk dan pertumbuhan ekonomi terhadap penerimaan retribusi pelayanan kesehatan Kabupaten Berau. Eco-Build: Economy Bring Ultimate Information All About Development Journal, 2(2).
Sugiyono. (2021). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Suharyadi, S., & Purwanto, E. (2012). Statistika: Teori dan aplikasi dengan SPSS (Edisi 5). Salemba Empat.
Sukmawati. (2018). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 25(1), 25–34.
Tjiptono, F. (2015). Strategi pemasaran (Edisi 4). Andi.
Tjiptono, F. (2020). Pemasaran jasa: Prinsip, penerapan, dan penelitian (Edisi 9). Andi.
Widayatmoko, A. (2019). Pemasaran strategis: Konsep, teknik, dan aplikasi. Deepublish.
Widiastuti, D. E., & Sari, A. M. P. (2021). Pengukuran efektivitas iklan. Deepublish.
Widiatmika, I. M. I., Atmaja, N. P. C. D., & Manek, D. (2023). Pengaruh kualitas pelayanan, strategi iklan dan personal selling terhadap keputusan menjadi nasabah koperasi simpan pinjam (KSP) Nirwana Arta Mandiri. Jurnal Unmas, 4(2), 207-217.
Winardi, J. (2018). Manajemen penjualan (Edisi 10). Prenada Media Group.
Yani, A. (2018). Manajemen pelayanan. Rajawali Pers.
Yulianda, S., Suprihartini, L., & Kurniawan, R. (2020). Pengaruh personal selling, publicity dan advertising terhadap penjualan polis asuransi pada PT. Asuransi Jiwa Adisarana Wanaartha Tanjungpinang. Jurnal Ekonomi Bisnis dan Akuntansi, 16(2), 139–152.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 GEMILANG: Jurnal Manajemen dan Akuntansi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.





