Pengaruh Lifestyle, Brand Personality, Trust Terhadap Keputusan Penggunaan M-Banking Livin By Mandiri di Kota Bengkulu

Authors

  • Fandra Rachma Eka Safitri Universitas Prof. Dr. Hazairin
  • Arifah Hidayati Universitas Prof. Dr. Hazairin
  • Idham Lakoni Universitas Prof. Dr. Hazairin

DOI:

https://doi.org/10.56910/gemilang.v5i3.2493

Keywords:

Lifestyle, Brand Personality, Trust, Decision to Use, M-Banking Livin By Mandiri

Abstract

Seiring dengan perkembangan industri yang bertransformasi secara digital, berbagai sektor termasuk perbankan dituntut untuk beradaptasi dengan perubahan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lifestyle, brand personality, dan trust terhadap keputusan penggunaan M-Banking Livin’ by Mandiri di Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatori. Data primer diperoleh dari pengguna Livin’ by Mandiri, sementara data sekunder berasal dari buku, jurnal, artikel, skripsi, tesis, dan sumber daring lainnya. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat pengguna Livin’ by Mandiri dengan jumlah sampel sebanyak 160 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, dan data dianalisis menggunakan SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lifestyle berpengaruh negatif dan signifikan terhadap keputusan penggunaan layanan, dengan nilai t-hitung -7.557 > t-tabel 1.655 dan signifikansi 0,000 < 0,05. Artinya, semakin tinggi gaya hidup responden, semakin rendah kecenderungan menggunakan M-Banking tersebut. Sebaliknya, brand personality (t-hitung 4.061) dan trust (t-hitung 11.142) menunjukkan pengaruh positif dan signifikan. Persepsi positif terhadap kepribadian merek serta tingkat kepercayaan tinggi terhadap layanan berkontribusi pada peningkatan minat penggunaan. Secara simultan, ketiga variabel ini memberikan pengaruh signifikan dan dapat menjadi dasar strategi pemasaran Bank Mandiri di Kota Bengkulu.

References

Alfa Khair, Naila Haya Fauziah, Nuraisah, Reydina Pasya Amanda, N. (2025). Penerapan Sistem Informasi Pada Perbankan Syariah: Keterbatasan Masyarakat dalam Menggunakan Mobile Banking. Economist: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 2(1), 40–49.

Alifia Nur’Aini, Amalia Wihdatul Husna, Aprilia Sekar Asih, Arya Kharisma, I. H. (2022). Analisis Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian. Prosiding Seminar Nasional Hukum, Bisnis, Sains Dan Teknologi, 2(1), 57–62. https://doi.org/10.59581/jmki-widyakarya.v2i3.3816

Andini. (2023). Implementasi Aplikasi Bpi (Bsi Pembayaran Institusi) Dalam Rangka Digitalisasi Pembayaran Akademik Pada Pt.Bank Syariah Indonesia (Persero) Tbk. Kcp Bandar Lampung Teluk Betung. AT-TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam, VIII(I), 1–19.

Anwar, S., & Mujito, M. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Motor Merek Yamaha Di Kota Bogor. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 9(1), 189–202. https://doi.org/10.37641/jimkes.v9i1.558

Asegaf, & Indriani. (2024). Studi Tentang Keputusan Nasabah Dalam Menggunakan Mobile Banking Livin By Mandiri Pada Pt . Bank Mandiri Area Semarang Pahlawan Fatimah Tsaralya Asegaf Universitas Diponegoro Farida Indriani Universitas Diponegoro Abstrak Beberapa tahun terakhir , industr. 18(2), 876–890.

Audini, I., & Anis, I. (2019). Analisis Pengaruh Perceived Risk, Social Norms, Usefulness, Dan Trust Terhadap Adopsi Mobile Banking Dan Internet Banking. Indonesian Journal of Accounting and Governance, 1(1), 1–27. https://doi.org/10.36766/ijag.v1i1.1

Ayu Lestari, S. (2024). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepercayaan Dalam Menggunakan E-Commerce Shopee Di Majene Sulawesi Barat. Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, 10(2), 79–87.

Bahremand, M. (2015). Effects of Brand Personality on Attitudinal and Behavioral Loyalty of Costumers of the Bank of Industry and Mine Branches in Tehran. 10, 92–102.

Caniago, A. (2022). Analisis Kepercayaan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Lentera Bisnis, 11(3), 219–231. https://doi.org/10.34127/jrlab.v11i3.652

Fadhli, M., Farida, N., & Nugraha, H. S. (2024). Pengaruh E-Wom dan E-Satisfaction Terhadap E-Repurchase Intention Melalui E-Trust Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Pengguna Marketplace Blibli Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 13(2), 373–383.

Fawwaz Shele Mahardhika, H. I. (2021). Loyalitas Konsumen Goride di Kota Semarang. Jurnal Ilmiah Manajemen, Bisnis Dan Kewirausahaan, 1(1), 9–16.

Ghozali, & Imam. (2016). Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. Cetakan kedelapan. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hair, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2017). A Primer Least Squares Equation Modeling (PLS-SEM).

Khoirunnisa, A. (2023). Pengaruh Lifestyle Dan Perceived Ease Of Use Terhadap Keputusan Menggunakan Layanan Bsi Mobile Banking Melalui Attitude Sebagai Variabel Intervening. Nucl. Phys., 13(1), 104–116.

Khumairok, M. (2023). Regulasi Hukum Perbankan Dalam Menghadapi Tren Inovasi Fintech Dan Keberhasilan Industri Perbankan di Era Society 5.0. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(7), 1719–1731. https://doi.org/10.58344/jmi.v2i7.335

Kumala, D. C., Pranata, J. W., & Thio, S. (2020). Pengaruh Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, Trust, Dan Security Terhadap Minat Penggunaan Gopay Pada Generasi X Di Surabaya. Jurnal Manajemen Perhotelan, 6(1), 19–29. https://doi.org/10.9744/jmp.6.1.19-29

Linnatunnisa, & Safitri. (2022). Pengaruh Gaya Hidup Dan Perceived Ease Of Use Terhadap Keputusan Mahasiswa Menggunakan Mobile Banking Yang Dimediasi Sikap Pengguna. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis, 8(2), 27–41.

Manalu, D., & Johanna Roshinta. (2021). Pengaruh Gaya Hidup Dan Pendapatan Terhadap Keputusan Pembelian Starbucks Coffee Di Center Point Medan. Jurnal Ilmu Sosial Dan Politik, 1(2), 173–189. https://doi.org/10.51622/jispol.v1i2.416

Medjani, F., Rutter, R., & Nadeau, J. (2019). Social media management, objectification and measurement in an emerging market. International Journal of Business and Emerging Markets, 11(3), 288–311. https://doi.org/10.1504/IJBEM.2019.102654

Mohamad Rizal Dinggon, Bode Lumanauw, I. T. (2017). Pengaruh Bauran Pemasaran, Celebrity Endorsment Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung Galaxy Pada Mahasiswa Feb Unsrat Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(3), 1370–1382.

Mustary, R., Silalahi, M., Hartati, R., Tinggi, S., & Manajemen, I. (2021). Pengaruh Gaya Hidup, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Converse” (Kasus pada Mahasiswa YKPN Yogyakarta). Rahmad Mustary Moeda Silalahi Retno Hartati, 2(2), 139.

Mutia Sari, Habibur Rachman, Noni Juli Astuti, Muhammad Win Afgani, R. A. S. (2023). Explanatory Survey dalam Metode Penelitian Deskriptif Kuantitatif. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(1), 10–16.

Nafisah, H., Dalimunte, A. A., & Harahap, M. I. (2023). Analisis Pengaruh Customer Trust Terhadap Keputusan Menggunakan Mobile Banking Melalui Perceived Risk Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Pengguna Aplikasi Mobile Banking Mahasiswa UIN Sumatera Utara). Jurnal Mutiara Ilmu Akuntansi (JUMIA), 1(4), 214–233.

Nainggolan, L. P. S. I., Abdullah, M. A.-F., & Perkasa, D. H. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kemudahan Penggunaan dan Persepsi Keamanan Terhadap Keputusan Penggunaan Go Transit (Studi Kasus Stasiun Tanah Abang). Jurnal Neraca Manajemen, Akuntansi Ekonomi, 1(3), 1–16.

Nelloh, L., & Goh, A. F. (2011). Analysis Of The Congruency Between Brand Personality With Self Image And Service Quality To Build Customer Satisfaction And Loyalty In Hotel Sector ( A Case Study In D ’ season Hotel Surabaya ). Proceedings of The 1st International Conference on Information Systems For Business Competitiveness (ICISBC) 2011 Analysis, 144–153.

Nur, A., Utama, B., Fitriani, R., Firdaus, D., Arief, Z., & Vandika, A. Y. (2024). Analisis Minat Nasabah dalam Penggunaan Mobile Banking. EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, 4(1), 2687–2698.

Pracoyo, A., & Malona, C. (2023). Pengaruh Brand Personality terhadap Loyalitas Nasabah Pengguna Aplikasi LIVIN by MANDIRI pada PT BANK MANDIRI (PERSERO) TBK. Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Perbankan (Journal of Economics, Management and Banking), 9(2), 131–146. https://doi.org/10.35384/jemp.v9i2.396

Rakhmania Hemas Amanah, R. D. (2022). Pengaruh Brand Personality terhadap Keputusan Pembelian dan Minat Beli sebagai Variabel Intervening pada Produk Kosmetik Somethinc. Komversal, 4(2), 148–163. https://doi.org/10.38204/komversal.v4i2.1027

Rona, L. H., Yudhyani, E., & Aidhi, A. Al. (n.d.). Pengaruh Service Quality Terhadap Loyalitas Nasabah PT Bank Mandiri Cabang Bigmall Samarinda Dengan Brand Trust Sebagai Variabel Intervening. 1–10.

Setyaningrat, D., Annas Mushlihin, I., & Zunaidi, A. (2023). Strategi Digitalisasi untuk Mendorong Inklusi Keuangan Nasabah Bank Syariah: Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM). Proceedings of Islamic Economics, Business and Philanthopy, 2(1), 54–76. https://jurnalfebi.iainkediri.ac.id/index.php/proceedings

Sitepu, J. H., Khair, H., & Pasaribu, F. (2022). Pengaruh Gaya Hidup dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen EDC (Electronic Data Capture) Yokke yang Dimediasi Oleh Keputusan Pembelian” (Studi Kasus Pengguna EDC Yokke PT. Mitra Transaksi Indonesia). Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 5(1), 200–214. https://doi.org/10.36778/jesya.v5i1.622

Styarini, F., & Riptiono, S. (2020). Analisis Pengaruh Customer Trust Terhadap Keputusan Menggunakan Mobile Banking Melalui Perceived Risk dan Perceived Usefulness Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 2(4), 670–680. https://doi.org/10.32639/jimmba.v2i4.590

Subkhan, F., & Barrygian, F. (2024). Pengaruh Brand Awareness, Brand Image, dan Brand Personality terhadap Keputusan Pembelian Layanan Hiburan Digital Subscription Video on Demand (SVOD). Jurnal Administrasi Bisnis, 13(1), 72–83. https://doi.org/10.14710/jab.v13i1.62101

Sugiyono. (2020). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D Bandung: Alfabeta.

Tri Widarmanti, W. A. C. (2023). Pengaruh Brand Ambassador, Brand Personality, dan Korean Wave Terhadap Keputusan Pembelian. JURNAL ILMIAH MANAJEMEN BISNIS DAN INOVASI UNIVERSITAS SAM RATULANGI, 10(2), 1199–1214.

Tsabitah, N., & Anggraeni, R. (2021). The Effect of Brand Image, Brand Personality and Brand Awareness on Purchase Intention of Local Fashion Brand “This Is April.” Kinerja, 25(2), 234–250. https://doi.org/10.24002/kinerja.v25i2.4701

Urrahmah, I. (2022). (Iqbal & Isroq Urrahmah, 2021).

Utama. (2022). “Analisis Kualitas Layanan Mobile Banking New Livin’ By Mandiri Menggunakan Sentiment Analysis. 9, 356–363.

Wardani, E., Ekonomi, F., & Maret, U. S. (2010). Pengaruh Facial Image , Cosmetic Usage.

Wildan, M., & Wijayanti, Silvana Kardinar, H. (2024). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Laptop Merek Agus di Tenggarong. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 7(2), 1–11.

Wulandari, N. P., Novandriani, N., & Moeliono, K. (2017). Analisis Faktor-Faktor Penggunaan Layanan Mobile Banking Di Bandung. Bisnis Dan Iptek, 139–149.

Downloads

Published

2025-06-18

How to Cite

Fandra Rachma Eka Safitri, Arifah Hidayati, & Idham Lakoni. (2025). Pengaruh Lifestyle, Brand Personality, Trust Terhadap Keputusan Penggunaan M-Banking Livin By Mandiri di Kota Bengkulu. GEMILANG: Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 5(3), 765–790. https://doi.org/10.56910/gemilang.v5i3.2493