Analisis Komparatif Lingkungan Fisik dan Kualitas Pelayanan Dalam Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Pelanggan: Studi pada Ayana Muslimah Salon Cabang Tebet dan Cabang Cilandak Jakarta Selatan
DOI:
https://doi.org/10.56910/gemilang.v2i2.227Keywords:
Lingkungan fisik, kualitas pelayanan, kepuasan pelangganAbstract
Perkembangan bisnis Islam semakin meningkat di Indonesia selain itu dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia membuat kesadaran masyarakat Indonesia yang mayoritas penduduknya muslim terhadap keharusan menggunakan dan memanfaatkan produk baik barang maupun jasa yang halal dan barokah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel Lingkungan Fisik dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan dan untuk mengetahui perbedaan variabel Lingkungan Fisik, Kualitas Pelayanan, dan Kepuasan Pelanggan pada Ayana Muslimah Salon cabang Tebet dan cabang Cilandak. Jenis data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan studi kepustakaan dan kuesioner. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah metode Simple Random Sampling, kemudian data di proses dengan menggunakan metode Regresi Linear Berganda dan metode Mann-Whitney dengan aplikasi SPSS versi 25. Hasil analisis dalam penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh positif dan signifikan (1) Lingkungan Fisik dengan angka signifikansi 0,000 serta kontribusi sebesar 20,6% dan Kualitas Pelayanan dengan angka signifikansi 0,000 serta kontribusi sebesar 25,3% terhadap Kepuasan Pelanggan pada kedua objek Ayana Muslimah Salon Cabang Tebet dan Cabang Cilandak dan (2) Terdapat perbedaan antara Lingkungan Fisik, Kualitas Pelayanan, dan Kepuasan Pelanggan dengan nilai signifikansi dibawah 0,05 dimana Cabang Cilandak lebuh unggul. Persamaan dan Perbedaan kita dengan penelitian terdahulu.
References
Bougie, R., dan Sekaran, U. (2019). Metode Penelitian untuk Bisnis Edisi 6. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.
Chaffey, Dave., Chadwick, Fiona E., Johnston, Kevin., Mayer, and Richard. (2002). Internet Marketing 3rd edition. England : Pearson Education Limited
Christoper Lovelock dan Lauren K Wright. (2007). Manajemen Pemasaran Jasa, PT. Indeks, Indonesia.
CintaiHidup. (2019, 7 15). 5 Salon Kecantikan Terbaik Khusus Wanita Untuk Para Muslimah di Jakarta. Retrieved from: https://cintaihidup.com/5-salon- kecantikan-terbaik-khusus-wanita-untuk-para-muslimah-di-jakarta/
Cooper, D. R, and Schindler, P. S. (2014). Business Research Methods. New York: McGraw-Hill Education.
Gaspersz, , V. (2005). Total Quality Management. Jakarta: Gramedia
Goetsch, David L. and Stanley B. Davis. (2006). Quality Management 5th Edition. New Jersey: Prentice Hall, Inc.
Hair, et al. (2014). Multivariate Data Analysis, New International Edition. New Jersey : Pearson.
Hakim, Lukmanul and Leli Deswindi. (2014). Assessing the Effects of e- servicescape on Customer Intention: A Study on the Hospital Websites in South Jakarta. Procedia Social and Behavioral Sciences, Bandung: 12-14 August 2014. Hal 227-239.
Heizer Jay dan Render Barry. (2005). Operations Management. Jakarta: Salemba Empat.
Hoffman and Bateson. (2017). Service Marketing, International Edition 4e. Colorado State University : Cengage Learning.
Ibrahim, Y., Sobaih, E.A., dan El-Sayiad., Mahmoud. (2018). Impact of service Environment and Service Quality on Customer Satisfaction and Behavioral Intentions in Hotels. Journal of the Faculty of Tourism and Hotels-University of Sadat City Vol. 2.
Idham, Muhammad. (2001). Manajemen Kualitas Udara dalam Gedung Bertingkat. Jakarta : Hiperkes
Jasfar, Farida. (2009). Manajemen Jasa : Pendekatan Terpadu. Jakarta : Ghalia Indonesia.
Jemina. (1996). Pengantar Tata Laksana Kerumahtanggaan. Jakarta : PT. Rieke.
KataData. (2019, 9 25). 10 Negara dengan Penduduk Muslim Terbesar Dunia (2010). Retrievedfrom:https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/09/25/indonesia-negara- dengan-penduduk-muslim-terbesar-dunia
Kontancoid. (2018, 1 27). Meraih Berkah dari Salon Muslimah. Retrived from: https://peluangusaha.kontan.co.id/news/meraih-berkah-dari-salon- muslimah
Kotler, Philip. (2002). Manajemen Penasaran. Jakarta: PT. Prenhallindo.
Kotler, Philip. Keller. (2006). Manajemen Pemasaran. Jilid Dua. Edisi Kesepuluh. Jakarta: Alih Bahasa Benyamin Molan
Kusumadewi, dkk. (2001). Pengetahuan dan Seni Tata Rambut Moderen. Jakarta: Meautic Cipta Sarana & DPP Tiara Kesuma.
LokaData. Jumlah Salon Kecantikan di DKI Jakarta. Retrived from: https://lokadata.beritagar.id/chart/preview/jumlah-salon-kecantikan-di-dki- jakarta-1510294349
Lovelock, C, dan Wirtz John. (2011). Pemasaran Jasa Perspektif edisi 7. Jakarta : Erlangga.
Ningsih, R.R., Haris, A.I., dan Suwena, R.K. (2019). Studi Komparatif Kepuasan Konsumen Salon Davina Sumberkima dengan Salon Lely Sumberkima di Kecamatan Gerokgak Kabupaten Buleleng. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha Vol. 11.
Parasuraman, A., Z., A, V., and Berry, L. L. (1988). SERVQUAL: A multiple-item scale for measuring consumer perceptions of service quality. Journal of retailing, 12-40.
Rangkuti, F. (2002). Measuring Customer Satisfaction. Gramedia Pustaka Utama.
Sarjono, H., dan Julianita, W. (2011). SPSS vs LISREL. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.
Sciffman dan Kanuk. (2007). Perilaku Konsumen. Edisi Kedua. Jakarta: PT. Indeks Gramedia.
Siwi, K.F. (2015). The Influences of Servicescape, Service Quality, and Toward Customer Satisfaction at Siloam Hospital Manado. Jurnal EMBA 3 (4), 680-690.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Penerbit Alfabeta..
Tjiptono. (2002). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi.
Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Penerbit C.V Andi Offset.
Wood, I. (2009). Layanan Pelanggan. Yogyakarta: Graha Ilmu
Zeithaml, V.A., M.J and Bitner, D.D. Gremler. (2013). Services Marketing: Integrating Customer Focus Across the Firm 6 thed. Mc.Graw-Hill. Boston.