Pengaruh Persepsi Kualitas, Kesadaran Merek, dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Konsumen Sabun Cuci Piring Sahaja di Golden Swalayan Tulungagung)
DOI:
https://doi.org/10.56910/gemilang.v2i4.186Keywords:
Persepsi Kualitas, Kesadaran Merek, Citra Merek, Keputusan PembelianAbstract
Perusahaan PT. Unilever Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang manufaktur, pemasaran, dan disribusi barang konsumsi, salah satu brand sabun cuci piring yang terkenal dari perusahaan tersebut adalah Sahaja. Sahaja sekarang dalam masa pertumbuhan untuk menjadikannya selalu diingat, dikenal, dan diketahui oleh konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara variabel Persepsi Kualitas (X1), Kesadaran Merek (X2), dan Citra Merek (X3), serta untuk melihat adanya pengaruh antara ketiga variabel independen tersebut terhadap variabel dependen yaitu Keputusan Pembelian (Y) produk sabun cuci piring Sahaja di Golden Swalayan Tulungagung.
Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah accidental sampling (berdasarkan kebetulan). Jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif dan data yang diperoleh dari kuesioner dilakukan pada 80 responden konsumen yang membeli sabun cuci piring Sahaja di Golden Swalayan Tulungagung. Dari hasil analisis yang telah dilakukan, hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi kualitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai korelasi (r) 0,419 dan Sig. 0,000. Kesadaran merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai korelasi (r) 0,376 dan Sig. 0,000. Citra merek berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai korelasi (r) 0,114 dan Sig. 0,300. Dan secara simultan menunjukkan bahwa persepsi kualitas, kesadaran merek, dan citra merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan Sig. 0,000.
References
Adabi, N. (2020). Pengaruh citra merek, kualitas pelayanan dan kepercayaan konsumen terhadap keputusan pembelian indihome di witel telkom depok. Manajemen, 12 No.1(1), 32–39.
Ayuanti, R. N., Widuri, T., & Penjualan, V. (2022). TERHADAP VOLUME PENJUALAN DENGAN PANDEMI COVID SEBAGAI VARIABEL KONTROL PADA UD BESKY. 8(1), 48–62. https://doi.org/10.30739/istiqro.v8i1.1270
Dharma, N., & Sukaatmadja, I. (2015). Pengaruh Citra Merek, Kesadaran Merek, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Membeli Produk Apple. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 4(10), 255281.
Firmansyah, M. A. (2019). Pemasaran Produk dan Merek (Planning & Strategy) (Qiara Media (ed.); Cetakan Pe). CV. Penerbit Qiara Media.
Muzaqqi, A. dkk. (2016). ( Survei pada Konsumen Pembeli dan Pengguna Produk Sari Apel SIIPLAH di Perumahan Saxophone Kecamatan Lowokwaru Kota Malang ). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 31(1), 26–34.
Purnomo, T. (2018). Pengaruh Kesadaran Merek Dan Citra Merek Terhadap Niat Beli Pada Konsumen Herbalife Di Surabaya. Agora, 6(1), 1–7.
Samosir, L. S., Putri, Y. R., & Nurfebrianing, S. (2016). Pengaruh Penggunaan Brand Ambassador Dewi Sandra Terhadap Putusan Pembelian Kosmetik Wardah Di Kota Bandung. Jurnal Sosioteknologi, 15(2), 233–240. https://doi.org/10.5614/sostek.itbj.2016.15.02.6
Silvia, L. (2019). Kemampuan Siswa Kelas X Sma Negeri 3 Langsa Menulis Teks Negosiasi. Jurnal Samudra Bahasa, 1–8. https://www.ejurnalunsam.id/index.php/JSB/article/view/1610%0Ahttps://www.ejurnalunsam.id/index.php/JSB/article/download/1610/1205
Tambunan, K. (2012). Analisis Pengaruh Citra Merek, Persepi Kualitas, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Bandeng Presto. Fakultas Ekonomika Dan Bisnis, 1–21. http://eprints.undip.ac.id/35986/1/TAMBUNAN.pdf
Wulandari, T. (2019). Pengaruh persepsi kualitas produk dan sikap konsumen terhadap keputusan pembelian konsumen pada toko Difa Bakery & Cake Shop Pangkalan Brandan. 6–21.