Pengaruh Motivasi Belajar dan Self Efficacy Terhadap Hasil Belajar Siswa Smk Jurusan Akuntansi di Jakarta Barat dengan Kepribadian Proaktif Sebagai Variabel Moderating

Authors

  • Muhammad Dwiki Reza Universitas Negeri Jakarta
  • Dwi Kismayanti Respati Universitas Negeri Jakarta
  • Susi Indrian Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.56910/gemilang.v4i3.1629

Keywords:

Hasil Belajar, Kepribadian Proaktif, Motivasi Belajar, Self Efficacy

Abstract

Pendidikan diakui sebagai sarana penting dalam pengembangan SDM yang berkualitas. Dibandingkan negara tetangga lainnya, tingkat pendidikan Indonesia masih di bawah standar menandakan perlunya peningkatan dalam berbagai aspek pendidikan. Kepribadian proaktif dijadikan variabel moderasi pada penelitian ini yang mencoba menguji pengaruh motivasi belajar dan self-efficacy terhadap hasil belajar jurusan akuntansi yang terdaftar di SMK se-Jakarta Barat, dengan pendekatan kuantitatif pada 183 sampel yang diambil melalui teknik purposive sampling dari populasi siswa SMK Jurusan Akuntansi di Jakarta Barat. Data diperoleh dari kuesioner , selanjutnya dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda dan regresi moderasi. Berdasarkan temuan penelitian, terdapat pengaruh positif signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa, terdapat pengaruh positif signifikan antara self-efficacy dengan hasil belajar siswa, tidak terdapat pengaruh positif signifikan antara kepribadian proaktif dengan hasil belajar siswa, tidak adanya memoderasi pengaruh antara  motivasi belajar dengan hasil belajar siswa, tidak adanya memoderasi pengaruh antara  self-efficacy dengan hasil belajar siswa.

References

Anam, M. K. (2020). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran PAI Siswa Kelas XI Di SMA Negeri 1 Plemahan. Doctoral dissertation, IAIN Kediri.

Arikunto, S. (2015). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik (6th ed.). Rineka Cipta.

Damanik, Y. R., & Saragih, Y. H. J. (2022). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Kewirausahaan Siswa Kelas X Kewirausahaan Semester Ganjil SMK Negeri 1 Jorlang Hataran Tahun Pelajaran 2018/2019. Manajemen: Jurnal Ekonomi, 4(2), 118–124.

Djarwo, C. F. (2020). Analisis faktor internal dan eksternal terhadap motivasi belajar kimia siswa SMA Kota Jayapura. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram, 7(1), 1–7.

Fitriani, R. N., & Pujiastuti, H. (2021). Pengaruh Self-Efficacy Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2793–2801.

Irwansyah, I. (2021). Peningkatan Kompetensi dan Pengembangan Karir Sumber Daya Manusia Pada Lembaga Pendidikan Islam (Strategi Keterlibatan Kepala Madrasah, Pengawas dan Organisasi Guru). Ta’dib, 11(2), 68–79.

Khairinal, K., Kohar, F., & Fitmilina, D. (2020). Pengaruh motivasi belajar, disiplin belajar, dan lingkungan teman sebaya terhadap hasil belajar ekonomi siswa Kelas XI IPS SMAN Titian Teras. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(2), 379–387.

Lamuri, A. B., & Laki, R. (2022). Transformasi pendidikan dalam pengembangan sumber daya manusia yang berkarakter di era disrupsi. Guru Tua: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 21–30.

Mahrus, M. (2021). Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran dalam Sistem Pendidikan Nasional. JIEMAN: Journal of Islamic Educational Management, 3(1), 41–80.

Mariana, D. (2021). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap efektivitas Sekolah Penggerak dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 10228–10233.

Monika, M., & Adman, A. (2017). Peran Efikasi Diri dan Motivasi Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 219–226.

Novalinda, E., Kantun, S., & Widodo, J. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Siswa Kelas X Jurusan Akuntansi Semester Ganjil SMK PGRI 5 Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi : Jurnal Ilmiah Pendidikan, Ilmu Ekonomi, Dan Ilmu Sosial, 11(2), 115–119.

Oktavita, F. (2013). Pengaruh Kepribadian Proaktif terhadap Kinerja Belajar pada Mahasiswa Akuntansi dengan Motivasi Belajar sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 2(2).

Rahman, S. (2022). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.

Rukminingsih, Adnan, G., & Latief, A. M. (2020). Metode Penelitian Pendidikan Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelaster. Erhaka Utama.

Setiawan, U., Nurjaman, U., Fatkhulloh, F. K., & Paramansyah, A. (2022). Implementasi 4 Pilar Visi Pendidikan di Indonesia: Visi Pendidikan Berbasis Agama, Filsafat, Psikologi dan Sosiologi. Jurnal Dirosah Islamiyah, 4(3), 432–441.

Setriani, S., & Puspitasari, M. (2020). Hubungan Antara Self-Efficacy dengan Motivasi Belajar Di SMA Darul Fattah Bandar Lampung. Jurnal Psychomutiara, 3(2), 10–16.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alphabet.

Ulfah, F., & Akmal, S. Z. (2019). Peran Kepribadian Proaktif Terhadap Adaptabilitas Karier pada Mahasiswa Tingkat Akhir. Intuisi: Jurnal Psikologi Ilmiah, 11(1), 45–54.

Published

2024-07-15

How to Cite

Muhammad Dwiki Reza, Dwi Kismayanti Respati, & Susi Indrian. (2024). Pengaruh Motivasi Belajar dan Self Efficacy Terhadap Hasil Belajar Siswa Smk Jurusan Akuntansi di Jakarta Barat dengan Kepribadian Proaktif Sebagai Variabel Moderating. GEMILANG: Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 4(3), 275–289. https://doi.org/10.56910/gemilang.v4i3.1629