Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual dan Perilaku Belajar berpengarahu terhadap tingkat pemahaman Akuntansi pada Mahasiswa Akuntansi Di STIES

Authors

  • Eliana Eliana Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sabang
  • Nurhayati Nurhayati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sabang
  • Indra Kesuma Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sabang
  • Farah Ivana Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sabang
  • Dini Hasprilia Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sabang

DOI:

https://doi.org/10.56910/gemilang.v2i4.153

Keywords:

Kecerdasan emosional, Kecerdasan Spiritual, Perilaku Belajar, Tingkat Pemahaman Akuntansi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual  dan perilaku belajar  berpengaruh terhadap tingkat pemahaman akuntansi pada mahasiswa jurusan akuntansi di STIES. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa S1 Akuntansi yang aktif pada angkatan 2017-2020 dengan jumlah keseluruhan 321 Orang, dengan sampel yang terpilih adalah 77 orang mahasiswa, dengan menggunakan metode purposive sampling. pengolahan data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Penelitian ini menggunakan metode survei yang menggunakan data primer yang diperoleh dari kuesioner yang dibagikan kepada Responden. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa (1) kecerdasan emosional berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi (2) kecerdasan emosional berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi (3) perilaku belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi (4) pengujian simultan menunjukkan bahwa kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual dan perilaku belajar berpengaruh terhadap tingkat pemahaman akuntansi, dengan nilai Fhitung = 25,415 dimana Ftabel = 3,12.

References

Agustian. (2015). Faktor Yang Mendukung Kecerdasan Spiritual. http://www.zimbio.com/member/joesafira/articles/aCJWw9mskf/.

Azhar, F. L. (2018). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual dan Perilaku Belajar Terhadap Pemahaman Akuntansi Dengan Kecerdasan Spiritual Sebagai Variabel Moderating Pada Mahasiswa Akuntansi Perguruan Tinggi Negeri Medan. Universitas Sumatera Utara Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Medan.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: Universitas Diponegoro.

Mawardi, M. C. (2012). Tingkat Pemahaman Mahasiswa Akuntansi Terhadap Konsep Dasar Akuntansi di Perguruan Tinggi di Kota Malang. Jurnal Akuntansi.

Nugraha, A. P. (2013). Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. Jember

Rachmi, F. (2010). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Dan Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi (Studi Empiris pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Diponegoro Semarang dan Universitas Gajah Mada Yogyakarta). Semarang Universitas Diponegoro.

Rubiah, S. (2013). Analisis Pengaruh Pemahaman Akuntansi, Mata Kuliah Bersyarat Dan Latar Belakang Pendidikan Terhadap IPK Mahasiswa Jurusan Akuntansi di Fakultas Ekonomi Universitas Maritim Ali Haji. Jurnal umrah ac.

Satria, M. R., & Fatmawati, A. P. (2017). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Pada Mahasiswa Akuntansi Di Kota Bandung. Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Syariah Vol. 1 No. 1 , 66-80.

Syah, M. (2013). Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Umar, M. (2016). Perbandingan Perilaku Belajar Peserta Didik Di MI Muhammadiyah Salekoa Dan Peserta Didik Di SDN Center Malakaji Kecamatan Tompobulu Kabupaten Gowa. Makassar.

Wibowo, C. T. (2015). Analisis Pengaruh Kecerdasan Emosional (Eq) Dan Kecerdasan Spiritual (Sq) Pada Kinerja Karyawan . Jurnal Bisnis & Manajemen Vol. 15, No. 1.

Widayati, N. and Ristiyana, R. 2019. Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Kecerdasan Sosial, dan Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi (Studi pada mahasiswa S1-Akuntansi Universitas Islam Syekh-Yusuf). Pelita : Jurnal Penelitian dan Karya Ilmiah. 19, 2 (Jun, 2019)

widodo, A., & Andawaningtyas, K. (2017). Pengantar Statistika. Malang: Universitas Brawijaya Press.

Zohar, D., & Marshall, I. (2012). Spiritual Intelligence The Ultimate Intelligence.

http://stiesabang.ac.id/Sejarah-stie-sabang

Downloads

Published

2022-09-20

How to Cite

Eliana Eliana, Nurhayati Nurhayati, Indra Kesuma, Farah Ivana, & Dini Hasprilia. (2022). Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual dan Perilaku Belajar berpengarahu terhadap tingkat pemahaman Akuntansi pada Mahasiswa Akuntansi Di STIES . GEMILANG: Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 2(4), 87–99. https://doi.org/10.56910/gemilang.v2i4.153