Pengaruh Total Quality Management, Sistem Penghargaan, Sistem Pengukuran Kinerja Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Manajerial Pada Unit Kerja PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk

Authors

  • Muhammad Raihan Amrullah Universitas Al-Azhar Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56910/gemilang.v3i4.1310

Keywords:

Total Quality Management, reward system, performance measurement system, organizational commitment

Abstract

This study aims to determine the effect of total quality management,reward system, performance measurement system and organizational commitmenton managerial performance at the Bank Rakyat Indonesia Ltd. Head Office. The method used in this research is a purposive sampling method, which isto find out or explain the influence of one variable on another variable. The variables studied were total quality management (X1), reward system (X2), performance measurement system (X3), organizational commitment (X4) and managerial performance (Y). The data used in this study is primary data with divisions at the BRI head office as the samples and data collection techniques are carried out by distributing questionnaires. The data processing and analysis techniques used to test the hypothesis are descriptive analysis and multiple linear regression analysis. The research contribution of this study is the existence of new independent variables used as well as objects, populations and samples that are different from previous studies with the context of the same title. It is hoped that further research can add other variables other than the current variable which may have more influence on managerial performance.

References

Aditya Putra, 2016 Pengaruh Komitmen Organisasional dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan melalui Kepuasan Kerja sebagai Variabel Intervening pada PT. Arief Nirwana Utama di kota Rantau, Tapin, Kalimantan Selatan

Aida Ainul Mardiyah. 2015. Pengaruh Sistem Pengukuran Kinerja, Sistem Reward, Dan Profit Center Terhadap Hubungan Antara Total Quality Management Dengan Kinerja Manajerial. SNA VIII SOLO

Al-Dhaafri, H. S., Al-Swidi, A. K., & Yusoff, R. Z. B. (2016). The mediating role of total quality management between the entrepreneurial orientation and the organizational performance. The TQM Journal. https://doi.org/10.1108/TQM-03-2014-0033

Astuti, T. B. (2019). Pengaruh Teknik Total Quality Management terhadap Kinerja Manajerial dengan Sistem Pengukuran Kinerja dan Sistem Penghargaan serta Perilaku Manajer sebagai Variabel Moderating. Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi, 7(1), 46-57. https://doi.org/10.33366/ref.v7i1.1350

Daniel dan Reitsperger, 1992 Hubungan Komponen Sistem Pengendalian Manajemen (Quality Goal, Quality Feedback, dan Quality Incentive) Terhadap Kinerja Kualitas dan Konsekuensi Terhadap Kinerja Keuangan Darmawan, W. (2017). Total Quality Management Terhadap

Kinerja Manajerial Dengan Sistem Pengukuran Kinerja Sebagaivariabel Moderating Pada Fajar Grup. Journal of Applied Managerial Accounting, 1(2), 99- 113. https://doi.org/10.30871/jama.v1i2.495

Doris Flantika. 2017. Pengaruh Sistem Pengukuran Kinerja, Kompensasi Dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Manajerial Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Di Kota Padang. Artikel Ilmiah

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang

Ittner dan Larcker, 2014 Pengaruh Interaksi Antara Total Quality Management Dengan Sistem Penghargaan Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Manajerial

Jeane Beatrix Lumangkun. 2016. Pengaruh Penerapan Tqm Dan Tingkat Formalitas Evaluasi Kinerja Terhadap Produktivitas Karyawan. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi : Vol. 5, No. 1, Issn : 2460- 0585

Juharni, M. S. (2017). Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management) (Vol. 1). SAH MEDIA.

Kholmi, M. (2019). Akuntansi Manajemen (Vol. 2). UMMPress.

Laiya, R. A. R., Jan, A. B. H., & Pondaag, J. J. (2018). Pengaruh Total Quality Management (Tqm) Terhadap Kinerja Manajerial Pada Pt. Bank Mandiri (Persero) Tbk Area Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 6(4).

Limbong, N. (2021). Pengaruh Interaksi Antara Total Quality Management dengan Sistem Pengukuran Kinerja dalam Sistem Penghargaan Terhadap Kinerja Manajerial (Studi Empiris pada Telkom Sumatera Utara). Jurakunman (Jurnal Akuntansi dan Manajemen), 14(2), 148-158. https://doi.org/10.48042/jurakunman.v14i2.76

Marbun, R., Ratnawati, V., & Silfi, A. (2017). Pengaruh Penerapan Total Quality Management Sistem Pengukuran Kinerja Sistem Penghargaan Motivasi dan Komitmen Organisasi terhadap Kinerja Manajerial (Studi Empiris pada Perhotelan di Pekanbaru) (Doctoral dissertation, Riau University).

Mahoney et al, 2010 Pengaruh Partisipasi Anggaran Terhadap Kinerja Manajerial Melalui Kemampuan Interpersonal Pemimpin Berbasis Syariah (Studi Kasus Pada Bmt Di Kota Pekalongan)

Mulyani, S., & Wijayani, D. R. (2017). Penerapan TQM dan Kinerja Inovasi terhadap Kinerja Manajerial Industri Rokok Kabupaten Kudus. Jurnal Kajian Akuntansi,1(2). https://doi.org/10.33603/jka.v1i2.697

Nisa, W. C. (2017). Pengaruh Total Quality Management, Sistem Penhargaan Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Manajerial. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi (JIRA), 6(11).

Ramadhany, F. F. (2017). Analisis penerapan sistem manajemen mutu ISO 9001: 2015 dalam menunjang pemasaran (studi pada PT Tritama Bina Karya Malang) (Doctoral dissertation, Universitas Brawijaya).

Ridwan, M., & Sandi, H. E. (2019). Pengaruh Interaksi Antara Total Quality Management Dengan Sistem Penghargaan, Komitmen Organisasi Dan Sistem Pengukuran Kinerja Terhadap Kinerja Manajerial (Studi Empiris Pada Perusahaan Otomotif Dan Komponen Di Kota Jambi). Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan, 8(1), 13-28.

Santika, E. (2020). Analisis Pengaruh Total Quality Management (tqm), Sistem Pengukuran Kinerja, Sistem penghargaan dan Komitmen Organisasi terhadap Kinerja manajerial pada dealer bonanza motor lamongan. JEKMA, 1(1).

Sitawati, R. (2016). Analisis Pengaruh Total Quality Management (TQM) Terhadap Kinerja Manajerial Dengan Gaya Kepemimpinan, Sistem Pengukuran Kinerja, Dan Sistem Penghargaan Sebagai Variabel Moderating. Jurnal Ekonomi Manajemen Akuntansi, 23(40).

Sonia, S. (2017). Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kualitas Sistem Informasi Akuntansi Manajemen Serta Implikasinya Terhadap Kinerja Manajerial. JASa (Jurnal Akuntansi, Audit dan Sistem Informasi Akuntansi), 1(3), 90-107. https://doi.org/10.55916/jsar.v14i2.8

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Suryani, S., & Fahrurazi, F. (2020). Pengaruh Sistem Penghargaan, Total Quality Management dan Sistem Pengukuran Kinerja Terhadap Kinerja Manajerial Pada Perusahaan Industri Pengolahan Kelapa Terpadu di Kabupaten Indragiri Hilir. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 9(1), 47-59. https://doi.org/10.9744/jak.22.2.47-58

Swari, N. P. L. R. I., & Wirasedana, I. W. P. (2017). Pengaruh Sistem Penghargaan, Total Quality Management (TQM), Sistem Pengukuran Kinerja dan Ketidakpastian Lingkungan Terhadap Kinerja Manajerial. E- Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 21.

Tendean, A. B., Saerang, D. P., & Runtu, T. (2018). Pengaruh Struktur Sistem Pengendalian Manajemen, Proses Sistem Pengendalian Manajemen dan Sistem Penghargaan terhadap Kinerja Manajerial (Studi Pada Rsud Sulawesi Utara). Going Concern: JurnalRiset Akuntansi, 13(03). https://doi.org/10.32400/gc.13.03.20776.2018

Wirasedana, I. W. P. (2018). Pengaruh Penerapan Total Quality Management, Komitmen Organisasi pada Kinerja Manajerial dengan Reward sebagai Variabel Moderasi AA Sagung Istri Devi Parwitasari1.

Wiwit Sulistyaningrum (2011) Total Quality Management (Tqm) Sebagai Wujud Peningkatan Mutu Pendidikan.

Wulandari, D. E., & Riharjo, I. B. (2016). Pengaruh Penganggaran Partisipatif terhadap Kinerja Manajerial dengan Komitmen Organisasi dan Gaya Kepemimpinan. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi (JIRA), 5(4).

Zul Azmi. 2015. Pengaruh Total Quality Management, Sistem Pengukuran Kinerja, Sistem Penghargaan Terhadap Kinerja Manajerial Studi Empiris Pada Perusahaan Asuransi Di Pekanbaru. Jom Fekon Vol. 2 No. 2.

Downloads

Published

2023-10-30

How to Cite

Muhammad Raihan Amrullah. (2023). Pengaruh Total Quality Management, Sistem Penghargaan, Sistem Pengukuran Kinerja Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Manajerial Pada Unit Kerja PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. GEMILANG: Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 3(4), 444–457. https://doi.org/10.56910/gemilang.v3i4.1310