MANAJEMEN USAHA OLAHAN MINUMAN HERBAL SEBAGAI BRANDING KULINER

Authors

  • Tuwuh Adhistyo Wijoyo STIEPARI Semarang
  • Mukhamad Kholil Aswan STIEPARI Semarang
  • Bima Prahar Adilase STIEPARI Semarang
  • Ray Octafian STIEPARI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.56910/sewagati.v1i4.392

Keywords:

Manajemen Usaha;, Branding Kuliner

Abstract

Dalam usaha yang dikelola ini merupakan jenis usaha yang bergerak dibidang pengolahan yang bermanfaat bagi kesehatan. Produk minuman herbal ini menggunakan bahan baku alami dari tumbuh-tumbuhan yang berkualitas. Kami mengolah minuman herbal karena bahan baku sangat mudah ditemukan dan harganya sangat terjangkau. Minuman ini masuk dalam daftar minuman yang dapat dipilih oleh siapa saja yang sedang mempratikkan gaya hidup kembali ke alam. Usaha minuman herbal ini diwujudkan sebagai branding kuliner di desa wisata Omah Ampiran Semarang, yang mana manajemen usaha tersebut harus dikelola dengan baik dari segi keuangan maupun pemasaran.
Dalam usaha pengembangannya, terdapat beberapa kendala diantaranya adalah bagaimana mengimplementasikan tata kelola usaha atau manajemen usaha yang baik. Permasalahannya adalah : a. Tata kelola bahan baku produksi, b. Tata kelola produksi, c.Tata kelola pembukuan usaha, d. Tata kelola hasil produksi dan Tata kelola pemasaran. Metode yang akan diterapkan berupa pendampingan dan dengan perencanaan kerja yang tertata dengan baik. Target dan luaran yang diharapkan adalah sebagi berikut : a. Penyediaan bahan baku produksi yang lebih baik, b. Peningkatan ketrampilan produksi dari sumber daya manusianya, c. Pelaksanaan pembukuan usaha mandiri, d. Diversifikasi pengemasan hasil produksi e. Peningkatan luasan pemasaran hasil produksi

References

Haromin, I., Ulum, B., & Aziz, A. (2020). Pengolahan Jahe Pandan Menjadi Produk Minuman Herbal (Japan) Untuk Meningkatkan Kualitas SDM Ekonomi Kreatif di Desa Kampak Kecamatan Geger. Dharma: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 49-60.

Hardiani, W. A. A., Putri, J. A., Octafian, R., Satoto, Y. R., & Krisnatalia, H. (2021). Penguatan Desa Wisata Sikasur Di Era New Normal. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 4(1), 53. https://doi.org/10.32493/j.pdl.v4i1.13182

Istiqomah, I., Wibowo, A., Sari, R. C., Muhammad, A. R., Sari, S. S., & Hersoelistyorini, W. (2017). Gemakan Gerakan Ndulang Dewis: Sebagai Pemanfaatan Potensi Desa Untuk Dijadikan Ikon Desa Wisata Wonolopo Kecamatan Mijen. Prosiding Seminar Nasional Dan Internasional : Universitas Muhammadiyah Semarang, 1(1), 139.

Nugraheni, K., Maria, A., & Octafian, R. (2020). Penerapan Cleanliness, Health, Safety and Environment (CHSE) Homestay Untuk Keselamatan Wisatawan. Jurnal Abdimas Adpi Sosial Dan Humaniora.

Pradana, R. A., Warsito, & Manar, D. G. (2017). Analisis Program Pembangunan Desa Wisata Wonolopo Di Kota Semarang. Journal of Politic and Government Studies, 6(1).

Downloads

Published

2023-01-17

How to Cite

Wijoyo, T. A., Aswan, M. K. ., Adilase, B. P., & Octafian, R. (2023). MANAJEMEN USAHA OLAHAN MINUMAN HERBAL SEBAGAI BRANDING KULINER. SEWAGATI: Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(4), 84–89. https://doi.org/10.56910/sewagati.v1i4.392