Workshop Peningkatan Kapasitas dan Kapabilitas Anggota Pokdarwis Srikandi Semarang Melalui Bimbingan Teknis Pelayanan Prima dan Teknik Kepemanduan Wisata

Authors

  • Artin Bayu Mukti Universitas Stikubank Semarang
  • Azis Nur Rosyid Universitas Stikubank Semarang
  • Ndaru Prasastono Universitas Stikubank Semarang

Keywords:

Peningkatan, Kapasitas, Kapabilitas

Abstract

Peran Pokdarwis dalam melaksanakan pengembangan suatu wilayah dianggap strategis dalam membangun pemerataan kesejahteraan bagi masyarakat setempat. Pokdarwis Srikandi yang berkedudukan di Kawasan Kelurahan Tinjomoyo Semarang di diharapkan dapat mengembangkan potensi wilayahnya menjadi kegiatan usaha wisata yang dapat menghidupkan

perekonomian masyarakat di wilayah tersebut. Dengan rata-rata pengurus dan anggota yang berlatar pendidikan pendidikan berbeda beda maka pihak pengurus pokdarwis harus bekerja keras untuk terus membekali dan meningkatkan kemampuan anggotanya khususnya pada pelayanan pariwisata karena merekalah ujung tombak pokdarwis dalam memberikan pelayanan terhadap tamu atau wisatawan yang datang.

Pembekalan dan peningkatan kemampuan yang sesuai Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) mutlak harus diberikan meliputi Knowledge, Skill, dan Attitude.Serta diberikan Pengetahuan mengenai dasar-dasar pelayanan prima dan kepemanduan wisata.

Workshop Peningkatan Kapasitas dan Kapabilitas Anggota Pokdarwis Srikandi Semarang Melalui Bimbingan Teknis Pelayanan Prima dan Teknik Kepemanduan Wisata  yang telah dilaksanakan, partisipasi peserta (khalayak sasaran) menyatakan puas dan antusias. Peserta(khalayak sasaran) juga berharap di tahun berikutnya akan ada kegiatan berkelanjutan guna menambah pengetahuan, ketrampilan, dan sikap bagi para anggota.

References

Santoso,Idris dan Hendrik Johannes Nadapdap. 2019. Hubungan Fasilitas, Kualitas Pelayanan,

Harga dan Tempat terhadap Kepuasan Pengunjung Agrowisata di PT. Perkebunan Tambi,

Kabupaten Wonosobo, Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian p-ISSN 0853-8395; e-ISSN2598-5922 Vol. 15, No. 2, Juni 2019

Pratama, Handika Fikri, tanpa tahun. Pengaruh Kualitas Pelayanan Petugas Terhadap Kepuasan

Pengunjung Di Objek Wisata Sejarah Benteng Marlborough Di Kota Bengkulu.

Annisa, Siti Yumma dan Rudiansyah. 2020. Pengaruh Kualitas Jasa Pelayanan terhadap

Kepuasan Pengunjung Event Indonesia Building Technology Expo 2019 PT. Debindo

Jakarta. Jurnal Nasional Pariwisata,Volume 12, Nomor 1 ,April 2020 ISSN Cetak: 1411 –

Syarifuddin, Didin. 2015.TourismDestinationServiceQualitytoTouristSatisfaction

(EffectofServiceQualitytoTouristSatisfactionat Karang Setra Destination Bandung,

Indonesia). http://Www.Researchgate.Net/Publication/287206496

Supriadi, Bambang. 2014. Peningkatan Kemampuan Teknik Guiding Sebagai Kriteria Unjuk

Kerja Pemandu Wisata Dalam Antisipasi Menuju Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015.

Seminar Pariwisata dan PembangunanEkonomiASEAN, 21 Mei 2014

Budiarsa, Made, dkk. 2018. Bentuk, Fungsi, dan Makna Pragmatik Tuturan Pemandu Wisata di Daerah Pariwisata Badung dan Denpasar, http://www.researchgate.net/publication/265360124

Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor: KEP.61/MEN/III/2009 tentang SKKNI Sektor Pariwisata Bidang Pemanduan Ekowisata.

Downloads

Published

2022-12-08

How to Cite

Artin Bayu Mukti, Azis Nur Rosyid, & Ndaru Prasastono. (2022). Workshop Peningkatan Kapasitas dan Kapabilitas Anggota Pokdarwis Srikandi Semarang Melalui Bimbingan Teknis Pelayanan Prima dan Teknik Kepemanduan Wisata. SEWAGATI: Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(4), 52–56. Retrieved from https://jurnal-stiepari.ac.id/index.php/sewagati/article/view/274