PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN KEMAMPUAN DESIGN THINKING BAGI SISWA SMA N 1 SLEMAN

Authors

  • abiel Aditya Pratama Universitas Islam Indonesia
  • Ery Harinanto Universitas Islam Indonesia
  • Ghilman faza Universitas Islam Indonesia
  • Sri Mulyati

DOI:

https://doi.org/10.56910/sewagati.v1i4.268

Keywords:

Design Thinking, human oriented, critical thinking, creative thinking

Abstract

Design thinking merupakan pola pemikiran dari kacamata desainer yang diperuntukkan untuk memecahkan masalah atau tantangan dengan menggunakan pendekatan human oriented. Design thinking dapat diterapkan kepada siswa SMA untuk untuk menemukan solusi secara efektif, efisien dan inovatif dari suatu permasalahan, sebab design thinking berproses secara iteratif dengan mengkolaborasikan critical thinking dengan creative thinking yang digunakan secara dinamis pada lima tahapan design thinking yaitu empathize, define, ideate, prototype, dan test. Pada saat ini siswa SMA belum mendapatkan keterampilan tentang mendesain karena belum diterapkannya kurikulum informatika. Di dalam kurikulum informatika terdapat materi tentang design thinking yang merupakan salah satu kompetensi yang perlu dipelajari dan dikembangkan sejak dini mengingat pada saat ini perkembangan terjadi dengan sangat cepat dengan segala tantangan yang ada di dalamnya. Oleh karena itu, perlu adanya pelatihan mengenai design thinking, agar para siswa dapat menemukan masalah yang sedang dialami serta memberikan solusi atas permasalahan yang dihadapi. Dengan adanya pengabdian kepada masyarakat ini ditujukan memberikan pengetahuan mengenai design thinking sekaligus praktek penggunaannya dalam lingkup informatika

References

Megahantara, Galang Sansaka. Pengaruh Teknologi Terhadap Pendidikan di Abad 21. http://megahantara.blogs.uny.ac.id/wp-content/uploads/sites/15470/2017/10/jurnal.pdf

Glinski, P. (2012). Design Thinking And The Facilitation Process. Collaborative Design Workshop. NSW, Australia

E, Chen., C, Leos., SD, Kowitt., KE, Moracco. (2020). Enhancing community-based participatory research through human-centered design strategies. Health Promot Pract.

JE, McLaughlin., MD, Wolcott., D, Hubbard., K, Umstead., TR, Rider. (2019). A qualitative review of the design thinking framework in health professions education. BMC Med Ed.

N, Miller P. (2015). Is “Design Thinking” the New Liberal Arts?. The Chronicle of Higher Education.

TC, Van de Grift., R, Kroeze. (2016). Design thinking as a tool for interdisciplinary education in health care.

Diefenthaler, Annette, Geremia, Adam, Sitkin, Ellen, Soffer, Sarah, Speicher, Sandy, Steck, Jackie, Fierst, Karen, Murray, Patrick, Schurr, Michael and Randolph. (2012) .Dominic Design Thinking for Educators 2nd Edition. https://www.academia.edu/7856850/Design_Thinking_for_Educators_2nd_Edition

Darmalaksana, Wahyudin. (2020). Metode Design Thinking Hadis Pembelajaran, Riset & Partisipasi Masyarakat. N.p.: Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung. https://play.google.com/books/reader?id=w3sGEAAAQBAJ&pg=GBS.PA10&hl=en

Mawarni, Ida Ayu Sawitri Dian., Akbar, Rendy., Mukhlis, Andi M. Ahsan. (2019). Design Thinking Sebagai Metode Edukasi Kreatif Anak Usia Remaja. Prosiding PKM-CSR, Vol. 2. https://www.prosiding-pkmcsr.org/index.php/pkmcsr/article/view/611/355

Steinke, Gerhard H., Al-Deen, Meshal Shams., LaBrie, Ryan C. (2017). Innovating Information System Development Methodologies with Design Thinking. Proc. of the 5th International Conference on Applied Innovations in IT, (ICAIIT). https://icaiit.org/proceedings/5th_ICAIIT/S2_2_Steinke.pdf

Kusumarini, Yusita. (2014). Berpikir Lateral Dalam Perspektif Pembelajaran Desain. Dimensi Interior, Vol. 2, No. 1. Surabaya. http://203.189.120.189/ejournal/index.php/int/article/view/16248

Wolniak, Radosław. (2017). The Design Thinking Method and Its Stages. Instytut Inżynierii Produkcji. Polska. https://yadda.icm.edu.pl/baztech/element/bwmeta1.element.baztech-81d700a1-e4ea-4257-87cf-d0b790873bc8/c/wolniak2_SWwIP_2017_6.pdf

Wolcott, Michael D., McLaughlin, Jacqueline E. (2020). Promoting Creative Problem-Solving in Schools of Pharmacy With the Use of Design Thinking. American Journal of Pharmaceutical Education. https://www.ajpe.org/content/84/10/ajpe8065.full

Suhaili, Muhammad., Nurrahmi, Herly., Yurmama, Tri Fajar., Putri, Vikka Isma Liana. (2022). Perancangan Tampilan UI/UX Pada Aplikasi Novel Komik (Nomik). Jurnal Multi Media dan IT. https://ojs2.polimedia.ac.id/index.php/jommit/article/view/559/361

Downloads

Published

2022-12-19

How to Cite

Aditya Pratama, abiel, Harinanto, E., faza, G., & Mulyati, S. (2022). PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN KEMAMPUAN DESIGN THINKING BAGI SISWA SMA N 1 SLEMAN. SEWAGATI: Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(4), 61–76. https://doi.org/10.56910/sewagati.v1i4.268