PENJELASAN DAN SIMULASI LANGSUNG PENGGUNAAN APLIKASI MITRA SHOPEE PADA TOKO RETAIL

Authors

  • Siti Aisyah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Diah Ananda Kharisma Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Laila Fitria Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Silvi Tri Wardani Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Yuda Pratama Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.56910/safari.v3i1.374

Keywords:

Pemasaran Online,Mitra Shopee,Toko Retail

Abstract

Tujuan dari diadakan penelitian ini adalah sebagai penjelasan dan simulasi langsung penggunaan aplikasi Mitra Shopee pada toko Retail, dengan 1 pelaku Toko Retail. Menggunakan metode pelaksanaan: beberapa tahapan yang dilakukan dalam kegiatan ini sebagai berikut: (1). Persiapan awal, 2) Pelaksanaan yang berupa pemaparan materi, sosialisasi dan pembuatan akun shopee , 3) Pendampingan penggunaan Mitra Shopee. Dari pelaku Toko Retail yang sebelumnya menggunakan pembayaran tunai, belum pernah menggunakan Mitra Shopee, atau bahkan tidak mengetahui adanya Mitra Shopee tersebut. Pada penelitian ini dilakukan pada Oktober 2022 hingga awal November 2022. Adanya Pengabdian Kepada Masyarakat dalam penelitian ini  pelaku Toko Retail memberikan tanggapan positif terhadap diberikannya sosialisasi penggunaan Mitra Shopee. Dengan menunjukkan hasil penelitian yaitu adanya Mitra Shopee memberikan pengaruh yang baik kepada pelaku Toko Retail berupa efektifitas dan efisiensi terhadap transaksi digital. Dengan menghemat waktu dari terlepasnya mencari uang kembalian sehingga lebih meningkatkan produktivitas pada  Toko Retail tersebut, terlebih lagi apabila melakukan transaksi digital yang jumlah besar sehingga tidak terjadinya kesalahan teknis yang tidak diinginkan.

References

Alhasanah, J.U., 2014. Pengaruh Kegunaan, Kualitas Informasi dan Kualitas Interaksi Layanan Web E-Commerce terhadap Keputusan Pembelian Online (Survei pada Konsumen (www.getscoop.com ). Jurnal Administrasi Bisnis.

Amelia Putri,dkk. 2021 PEMAANFAATAN APLIKASI TOKO ONLINE TERHADAP KEBUTUHAN KONSUMEN SELAMA PANDEMI COVID-19. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Website: http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat

Rina Irawati dan Irawan Budi Prasetyo. (2021) Pemanfaatan Platform E-Commerce Melalui Marketplace Sebagai Upaya Peningkatan Penjualan dan Mempertahankan Bisnis di Masa Pandemi (Studi pada UMKM Makanan dan Minuman di Malang). Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN) Vol. 6 No. 2 (2021) hlm. 114-133.

Adani, Muhammad Robith. 2020. “Strategi dan Manfaat Digital Marketing untuk Mempromosikan Bisnis”. https://www.sekawanmedia.co.id/belajar-digitalmarketing/.

Redcom. 2020. “Tren Digital Marketing yang Bisa Diterapkan UKM di Masa Pandemi”. https://redcomm.co.id/knowledges/tren-digital-marketing-yang-bisaditerapkan-ukm-di-masa-pandemi.

Wulandari, Oryz Agnu Dian, Ujiani, & Nita Riskiana Putri. 2020. “Analisis Pemanfaatan Marketplace Dalam Meningkatkan Pendapatan bagi Penjualan Produk UMKM di Purbalingga”. Jurnal Ekonomi Manajemen, Vol 6 no 2, November 2020

Downloads

Published

2023-01-03

How to Cite

Siti Aisyah, Diah Ananda Kharisma, Laila Fitria, Silvi Tri Wardani, & Yuda Pratama. (2023). PENJELASAN DAN SIMULASI LANGSUNG PENGGUNAAN APLIKASI MITRA SHOPEE PADA TOKO RETAIL. SAFARI :Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 3(1), 120–133. https://doi.org/10.56910/safari.v3i1.374