Pengelolaan Arsip Dalam Upaya Tertib Arsip dan Pelayanan Prima di KSU Batang Cemerlang Kabupaten Batang

Authors

  • Aghus Jamaludin Kharis Institut Teknologi dan Sains Nahdlatul Ulama Pekalongan
  • Aria Mulyapradana Institut Teknologi dan Sains Nahdlatul Ulama Pekalongan
  • Mafturahman Mafturahman Institut Teknologi dan Sains Nahdlatul Ulama Pekalongan
  • Winarsih Winarsih Institut Teknologi dan Sains Nahdlatul Ulama Pekalongan
  • Ahmad Zada Naf’an Institut Teknologi dan Sains Nahdlatul Ulama Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.56910/safari.v3i1.296

Keywords:

pengelolaan, arsip, pelayanan prima

Abstract

Arsip dikelola dengan baik dapat membantu dalam pengambilan keputusan dan pelayanan prima. Akan tetapi, ada beberapa organisasi yang belum menerapkan pengelolaan arsip yang sesuai standar salah satunya di KSU Batang Cemerlang. Penerapan pengelolaan arsip yang ada di KSU Batang Cemerelang belum maksimal dijumpai banyaknya berkas yang tidak tertata dengan baik, adanya penumpukan berkas dan tempat penyimpanan arsip yang sangat minim sehingga pengurus mengalami hambatan dalam memberikan pelayanan kepada pelanggannya khususnya saat permintaan es balok yang cukup tinggi di wilayah tempat pelelangan ikan. Tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pengurus KSU Batang Cemerlang di bidang pengelolaan arsip. Metode di kegiatan ini yakni paparan materi dan praktik penyimpanan arsip. Tim terdiri dari tiga dosen tetap dan dua mahasiswa dari Program Studi Administrasi Perkantoran. Kesimpulan bahwa materi pelatihan dan penyampaian materi selama kegiatan mudah dipahami dan dimengerti oleh peserta serta antusias selama kegiatan.   

 

 

References

Ardiana, S., & Suratman, B. (2021). Pengelolaan Arsip Dalam Mendukung Pelayanan Informasi Pada Bagian Tata Usaha di Dinas Sosial Kabupaten Ponorogo . Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) , Volume 9, Nomor 2, 335-348 .

Basya, M. R., & Puspasari, D. (2021). Analisis Pengelolaan Arsip di Kantor Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik . Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) , Volume 9, Nomor 2, 439-453.

Daryanto. (2017). Konsumen dan Pelayanan Prima. Yogyakarta: Cava Media.

Muhidin, S. A. (2019). Teori dan Praktik Sistem Kearsipan. Bandung: CV Pustaka Setia.

Priansa, D. J. (2017). Manajemen Pelayanan Prima (Fokus pada Organisasi Publik dan Peningkatan Kualitas Aparatur). Bandung: Penerbit Alfabeta.

Priansa, D. J., & Damayanti, F. (2015). Administrasi dan Operasional Perkantoran. Bandung: CV Alfabeta.

Sedarmayanti. (2017). Manajemen Perkantoran Modern. Bandung: Penerbit CV. Mandar Maju.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2009 Tentang Kearsipan. Jakarta: Sekretariat Negara RI.

Downloads

Published

2022-12-13

How to Cite

Aghus Jamaludin Kharis, Aria Mulyapradana, Mafturahman, M., Winarsih, W., & Ahmad Zada Naf’an. (2022). Pengelolaan Arsip Dalam Upaya Tertib Arsip dan Pelayanan Prima di KSU Batang Cemerlang Kabupaten Batang. SAFARI :Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 3(1), 01–08. https://doi.org/10.56910/safari.v3i1.296